Proses Penanaman Kol oleh Petani di Desa Gombong

Proses penanaman kol di Desa Gombong Kab. Pemalang Jateng ini ada 4 langkah meliputi proses media tanam, pembibitan, penanaman dan proses perawatan tanaman kol, cara penanaman seperti ini sama seperti cara penanaman oleh petani kol di daerah lainnya. Di daerah Gombong sendiri banyak memanfaatkan lahan pertanian di bukit atau yang lahannya miring, daerah yang suhunya sangat cocok untuk menanam segala jenis sayuran ini bisa membawakan keuntungan bagi penduduk desa tersebut.

Baca juga: Budidaya Sayuran di Bawah Lereng Gunung Slamet

Tentukan media tanam

Media tanam yang digunakan untuk penanaman kol adalah tanah yang subur serta di berikan pupuk yang cukup, media tanam/lahan yang di gunakan di desa ini sangat bagus dan cocok untuk penanaman jenis sayuran ini. Kelembaban serta suhu yang pas memberikan hasil tanaman yang tumbuh subur. Media tanah tersebut diberikan plastik di atasnya.

Pembibitan kol

Saat kami berkunjung ke tempat pembibitan kol media yang di gunakan meliputi tanah yang di ayak hingga halus dan pupuk kandang/kotoran ayam boiler, bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Setelah tanah halus sudah didapat kemudian dicampur dengan pupuk kandang. Langkah berikutnya menempatkan campuran tanah dan pupuk ke dalam polybag berukuran kecil dan lalu diberikan bibit tanaman kol yang sudah melalui proses penyemaian. Proses penyemaian benih dilakukan terlebih dahulu untuk mendapatkan bibit yang akan disiapkan untuk proses pembibitan. (saat kami berkunjung tidak melihat langsung saat proses penyemaian)

Penanaman bibit kol

Penanaman dilakukan dengan cara melubangin plastik dan tanah untuk penempatan bibit kol dengan ukuran kurang lebih 60×60. Saat akan ditanam pada media tanam kita keluarkan bibit kol dari polybag untuk lalu ditanam ke dalam lombang yang sudah dibuat tadi.

Pastikan plastik polybag sudah dikeluarkan dan yang tersisat adalah tanah dan pupuk yang ada di polybag tadi. Setelah penanaman selesai proses selanjutnya adalah perawatan tanaman.

Perawatan

Dalam perawatan tanaman kol ialah sama dengan perawatan tanaman sayur lainya yaitu dengan penyemprotan dan pemupukan susulan hingga masa panen, proses pemupukan susulan dilakukan saat tanaman berusia empat minggu menggunakan pupuk KCL dan pupuk Urea dan disiangi juga pada saat usia tanaman 2-4 minggunya.

 

Pada saat usia tanaman sudah mencapai lima minggu penyiangan dilakukan dengan menggunakan tangan hingga pada masa panen tiba, pemerikasaan atau perawatan agar tidak terkena hama juga dilakukan dengan rutin agar tanaman tumbuh dengan baik, hindari penggunaan bahan kimia sehingga menghasilkan tanaman kol yang sehat untuk dikonsumsi nantinya.

Perawatan rutin dilakukan hingga masa panen untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Setelah masa panen tiba biasanya petani di Gombong Jawa Tengah ini menjual hasil panennya ke tengkulak yang ada di desanya, kemudian dari para tengkulak dipasarkan ke pasar tradisional di kota-kota besar.

Itulah sedikit cerita tentang pertanian di Gombong Jawa Tengah, semoga bisa dijadikan bacaan ringan untuk kita.

Save

Save

Save

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA