Budidaya Sayuran di Bawah Lereng Gunung Slamet

Salah satu pertanian terbesar di daerah Jawa tengah adalah pertanian di Gombong Kabupaten Pemalang Jateng pas di kaki gunung Slamet. Di sini banyak dibudidayakan bermacam-macam tanaman sayuran seperti kol, wortel, kentang, cabai dan banyak lagi jenis tanaman sayur lainnya.

Salah satu sumber penghasilan penduduk di daerah ini adalah sebagai petani sayuran, saat masa panen tiba para petani di sini memanen hasil tanamannya untuk dijual ke tengkulak. Hasil yang diperoleh pada masa panen lumayan tinggi dan bisa untuk menghidupi keluarganya.

Di sini kami coba berkunjung di beberapa lahan pertanian sayur untuk melihat langsung budidaya sayuran di desa Gombong, salah satu yang menarik perhatian adalah tanaman kol, karena memang saat ini sedang musim tanam kol dan memang jenis tanaman ini lebih banyak ditanam di sini.

Setelah kami melihat tanaman kol ini lalu kami pun tertarik untuk melihat pembibitan tanaman kol. Tidak begitu jauh dari lahan pertanian kol kami melihat petani yang sedang melakukan pembibitan beberapa bibit tanaman seperti tanaman cabai, terong dan kol, pembibitan dilakukan di rumah plastik seperti di bawah ini.

Di dalam rumah plastik tersebut pembibitan berbagai jenis tanaman sayuran dilakukan dan setelah proses pembibitan selesai semua tanaman akan dipindahkan ke lahan pertanian yang sudah disiapkan.

Setelah pembibitan sudah selesai dan siap ditanam di media tanam kol yang sudah disiapkan oleh petani di daerah tersebut.

Selain tanaman sayuran ternyata ada jenis tanaman lain yang dibudidayakan di desa ini yaitu tanaman daun teh dan tanaman buah nanas. Berikut ini foto-foto yang saya ambil langsung di perkebunan teh di desa gombong kec. belik kab. pemalang jawa tengah.

Pertanian di desa ini sangat luas dan maju, kami terkesan dan ingin belajar banyak dari petani di sini tentang budidaya tanaman jenis sayuran dan perkebunan teh atau pun nanas.

Baca juga: Cara Tanam Sawi Hidroponik dengan Hasil Panen Melimpah

Save

Save

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA