Tanaman Hias Adenium yang Unik dan Langka

Tanaman hias adenium atau disebut juga kamboja jepang. Namun istilah ini sebenarnya tidak sesuai dengan asal usul dari tanaman hias yang unik ini. Karena tanaman hias adenium berasal dari dataran gurun Afrika yang sangat panas dan kering. Dan yang terlebih lagi disana sudah memiliki julukan yakni bunga mawar padang pasir. Adenium tumbuh subur di daerah yang kering minim air dan memiliki intensitas cahaya matahari yang tinggi. Karena itu tanaman hias adenium ini sangat cocok ditanam di daerah yang kering dan panas. Penyiraman pun sangat sedikit sekali dibutuhkan. Jika anda ingin merawat bunga ini akan sangat mudah sekali karena tidak terlalu membutuhkan banyak air. Namun harap diperhatikan kelembaban tempat peletakkannya, karena tanaman ini cocoknya di daerah yang panas. Jadi penting bagi anda untuk menjaganya tetap terkena cahaya matahari. Dalam musim hujan sebaiknya di tempatkan di dalam ruangan yang tidak lembab.

Lalu keunikan dari bunga ini sendiri ialah batang dan akarnya yang dapat tumbuh besar. Namun dengan ukuran tanaman yang tetap kecil seperti tanaman bonsai. Akan sangat cocok sekali menghias rumah anda dalam ukuran yang masih kecil. Selain itu juga bunganya yang cantik disaat sudah mekar menambah keunikan akan keindahan tanaman hias adenium ini. Sementara itu tanaman adenium yang mahal ini juga memiliki beberapa jenis lagi, seperti adenium arabicum, adenium obesum, adenium socotranum, adenium swazicum, adenium somalense, dan adenium multiflorum.

baca juga ”  tanaman hias tahan panas untuk taman

Jenis Tanaman Hias Adenium yang Unik dan Tahan Panas

Adenium Arabicum

Merupakan jenis tanaman hias adenium yang langka, meski beberapa pecinta tanaman hias sudah berusaha membudidayakannya. Cirinya adalah memiliki bonggol yang besar dan pendek, lalu banyak batang yang dapat tumbuh menjulang ke atas dari bagian atas bonggol tersebut. Bunga adenium arabicum ini memiliki warna bunga yang indah, perpaduan warna putih dan pink membuat tanaman ini  banyak diminati pecinta bonsai. Bunganya pun sering tumbuh yang memiliki diameter sekitar 5 cm. Kami menjual aneka jenis adenium arabicum, yaitu arabicum black knight, arabicum RCN, arabicum black giant, arabicum yak yaman, dan arabicum yak lop bu ri.

Adenium Obesum

Ciri dari tanaman hias bunga adenium obesum adalah bonggol yang besar dan agak menjulang ke atas. Sedangkan batangnya tumbuh satu di bonggol tersebut dan atas batang tersebut muncul percabangan. Warna bunga adenium obesum ini campuran dari warna merah tua dan warna merah mudah hingga keputihan pada bagian tengahnya. Sangat cantik sekali dan cocok menghiasi taman. Tanaman ini mudah tumbuh dan gampang perwatannya, karena itu jenis adenium ini mudah ditemukan. Kami menjual 2 jenis adenium obesum, yaitu obesum kelopak ganda dan obesum kelopak single.

Adenium Socotranu

Ciri adenium socotranum dari segi fisik yang membedakan dengan jenis adenium lainnya adalah dari warna daun dan batangnya. Daunnya lebar dan mempunyai warna hijau tua dengan tulang daun berwarna kemerahan yang menonjol cukup jelas. Batang tanaman hias ini berwarna coklat agak perak. Batang tanaman ini bisa tumbuh besar meraksasa dan dapat memiliki panjang yang mencapai 5 meter jika tumbuh dengan subur setelah 10 tahun. Perawatan adenium socotranum ini sama seperti halnya jenis lainnya, yang membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi dan penyiraman secukupnya. Jenis inilah yang sulit sekali dicari, karena itu jangan tertipu ya dengan soco thai!

Adenium Swazicum

Tanaman hias adenium ini mudah ditemukan di Swaziland. Bunganya berwarna merah muda hingga merah cerah dan juga ada yang berwarna ungu. Jenis adenium ini dapat bertahan di daerah dingin, dan memiliki pertumbuhan yang lambar. Namun jenis ini cukup mudah untuk dibudidayakan.

baca juga ” budidaya tanaman hias anggrek bulan yang mudah

Adenium Somalens

Tanaman hias adenium somalense merupakan jenis yang langka. Tingginya bisa mencapai 3 meter yang merupakan tanaman asal Somalia ini. Bonggol tanaman hias ini juga besar dengan batang yang bercabang dan tumbuh merunduk. Keunikan dari adenium somalense ini adalah corak bunganya yang seperti corong berwarna merah muda dan berwarna putih pada bagian tengahnya. Sedangkan daunnya berbentuk kecil meruncing dan berwarna hijau tua. Meskipun tergolong langka jenis ini sudah mulai dikembangbiakkan di Indonesia dan mudah untuk dijadikan persilangan dengan jenis lainnya. Sehingga dapat menghasilkan jenis adenium yang baru. Kami menjual 2 jenis adenium somalense, yaitu somalense dan black somalense.

Adenium Multiflorum

Tanaman hias adenium multiflorum yang berasal dari Afrika ini memiliki bunga yang paling indah dari beberapa jenis lainnya. Bunganya berbentuk bintang dengan warna merah cerah pada bagian tepi bunganya dan berwarna putih pada bagian tengahnya. Pertumbuhan tanaman ini memang lambat karena itu dibutuhkan ketekunan besar untuk dapat membuatnya berbunga. Dengan habitat yang membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi dan kering. Tanaman hias ini masih langka dan belum banyak di temukan di Indonesia.

Klik disini untuk melihat semua produk tanaman hias adenium yang kami jual.

baca juga ” jenis tanaman hias anggrek di Indonesia

Nah itulah beberapa jenis tanaman hias adenium yang unik, langka dan mahal harganya. Sekarang sudah jelas bukan? Kenapa bunga adenium sangat mahal. Tidak hanya beberapa jenis yang langka namun kecantikan bunganya juga membuatnya mahal. Serta keunikan struktur tanaman tersebut yang membuat berbeda dengan tanaman hias pada umumnya. Semoga menambah informasi untuk anda yang sedang ingin membeli bibit bunga adenium. Tinggal pilih yang mana yang anda suka, karena jenis tanaman ini cocok dibudidayakan juga di daerah kita. Dengan intensitas cahaya yang tinggi sepanjang tahun di negara kita. Klik disini untuk melihat produk tanaman hias lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA