Tanaman Obat Batuk Kering dan Pilek

Tanaman obat batuk kering dan pilek untuk keluarga mudah ditemukan. Contoh tanaman obat berikut ini terbukti mampu menghilangkan batuk kering maupun pilek secara alami dan efektif. Pada umumnya obat tradisional memang sangat mujarab apalagi mengatasi penyakit batuk yang menjengkelkan. Batuk yang sering terjadi di malam hari ketika tidur ataupun saat terjaga ketika bekerja membuat suasana dan aktifitas menjadi kurang nyaman.

Di saat sekarang ini pun sudah ada banyak obat batuk yang diproduksi oleh pabrik dan mudah didapat. Namun tidak ada salahnya jika kita masih setia terhadap obat batuk alami. Karena di label obat batuk yang diproduksi oleh pabrik biasanya terdapat efek samping atau akan menimbulkan gejala tertentu bagi penderita penyakit lain yang tidak cocok dengan obat tersebut. Apalagi obat batuk alami sudah tentu cocok dikonsmsi oleh dewasa dan anak dengan kadar yang sesuai. Di samping itupun tumbuhan obat batuk alami untuk mengobati batuk kering dan pilek mudah didapat di pasar tradisional setempat. Yuk kita bahas satu-persatu apa saja sih tanaman obat yang sangat ampuh untuk menghilangkan penyakit batuk ini.

Jenis Tanaman Obat Batuk Kering dan Pilek untuk Keluarga

Jahe

Jahe merupakan tanaman yang sangat banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi rebusan jahe hangat terbukti dapat menghilangkan batuk gatal, kering, dan pilek. Selain itu minuman jahe juga mampu meredakan tenggorokan yang gatal dan radang. Minumlah jahe hangat 2 kali sehari untuk membantu meredakan batuk gatal, kering dan pilek. Selain untuk menghilangkan batuk manfaat lain minuman jahe hangat adalah untuk menghangatkan badan. Hal ini cocok untuk penderita batuk pilek yang terkena flu juga. Dan manfaat lainnya adalah meningkat daya tahan tubuh agar tetap sehat. Pilihlah jahe merah yang terbukti memiliki manfaat lebih dibanding jahe biasa.

baca juga : tanaman obat untuk penyakit diabetes

Lemon

Tanaman buah ini bisa juga loh digunakan untuk melegakan tenggorokan yang gatal dan batuk. Selain sebagai tanaman buah lemon juga dapat dijadikan tanaman obat beberapa penyakit. Di dunia kecantikan lemon seringkali digunakan untuk mengatasi jerawat yang membandel serta menghilangkan flek akibat jerawat tersebut. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat meningkatkan kembali kekebalan tubuh, sehingga segala macam penyakit akibat virus pun bisa segera hilang. Konsumsi air perasaan lemon dicampur dengan madu 2 kali sehari untuk mengobati batuk kering, gatal, dan pilek.

Merica

Tanaman obat batuk kering dan pilek serta gatal selanjutnya adalah merica. Rempah yang satu ini memang sangat dibutuhkan untuk menyedapkan masakan. Karena menambah rasa hangat pada masakan. Jika Anda sedang mengalami batuk kering, pilek ataupun gatal coba tambahkan merica pada sop Anda dengan porsi lebih banyak dari yang biasanya. Meski sop akan terasa lebih pedas namun itu sangat ampuh untuk mengobati batuk dan flu.

Bawang Putih dan Bawang Merah

Lagi – lagi rempah untuk bumbu dapur yang digunakan untuk mengobati penyakit batuk ini. Terbuktikan tanaman obat tradisional cocok dikonsumsi oleh anak dan dewasa untuk mengusir batuk yang mengganggu. Khasiat bawang putih dan bawang merah tak diragukan lagi untuk mengobati berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh. Karena bawang memiliki kandungan antibiotik untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Konsumsi secara langsung dengan dicampur cabe merah sebagai sambal jika Anda tidak ingin mengunyahnya langsung. Atau campurkan pada masakan dengan porsi yang agak lebih ketimbang biasanya.

Kunyit

Kunyit yang sudah terkenal sebagai tanaman obat ini juga mampu mengobati batuk kering dan pilek serta gatal. Di saat ini sudah banyak yang menjual kunyit dalam bentuk bubuk. Untuk mengobati batuk rebus 1 sendok makan kunyit, sedikit merica, dan tambahkan madu murni pada 1 gelas air yang mendidih. Konsumsi 2 kali sehari sampai batuk Anda reda.

baca juga : tanaman obat untuk sakit pinggang

Nah itulah beberapa jenis tanaman obat batuk kering dan pilek serta gatal yang alami dan efektif tanpa efek samping dan juga cocok untuk anak dan dewasa. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari obat batuk. Simak seputar tumbuhan obat yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati suatu penyakit.

Lihat di sini daftar tanaman obat kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA