Teknik Pemupukan Buah Naga Agar Berbuah Lebat

Budidaya buah naga memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia, nah agar budidaya buah naga berhasil, setidaknya teknik pemupukan buah naga harus sesuai dengan dosis dan dilakukan benar. Hal ini sangat menjadi penentu akan berhasil tidaknya budidaya buah naga yang Anda kembangkan.

Tanaman buah naga sendiri merupakan tanaman semak merambat yang dapat hidup epifit dengan akar udara pada batang sulurnya. Buah naga akan tumbuh optimal jika berada di daerah dengan ketinggian 10 sampai 700 meter dari permukaan laut, serta dengan suhu berkisar 26 sampai 36 derajat selsius. Selain itu buah naga sangat cocok di tanam di daerah dengan curah hujan yang rendah, yakni berkisar 720 mm per tahunnya.

Teknik Pemupukan Buah Naga Agar Berbuah Lebat

Cara pemupukan buah naga agar berbuah lebat, ikuti langkah pemupukan berikut ini.

  1. Pupuk dasar diberikan saat menanam buah naga yang berupa pupuk jenis NPK dengan dosis 20 g per tanaman buah naga dan pupuk organik sebanyak 125 g per tanaman.
  2. Pupuk lanjutan dilakukan saat tanaman 1-6 bulan dan tujuh bulan ke atas. Pada umur 1 sampai 6 bulan, jenis pupuk yang diberikan NPK 15 : 15 : 15 sebanyak 25 g per tanaman dan pupuk kandang 125 g per tanaman. Pemberiannya selang-seling setiap dua bulan sekali. Adapun tanaman yang telah berumur tujuh bulan lebih, jenis pupuk buah naga yang diberikan tetap sama yakni pupuk NPK 15 : 15 : 15 dosisnya 50 g per tanaman, sedangkan untuk pupuk kandangnya 125 g per tanaman. Sedang pemberiannya masih sama dengan pada usia 1-6 bulan yakni dengan selang-seling setiap dua bulan sekali.
  3. Ketika mencapai masa berbunga dan berbuah, tanaman di pupuk dengan jenis pupuk berimbang, unsur fosfor (P) dan kalium (K) lebih tinggi dibandingkan dengan unsur nitrogen (N). Adapun mengenai jenis pupuk yang di gunakan berupa pupuk NPK 13 : 13 : 21 sebanyak 75 g per tanaman dan pupuk kandang 125 g per tanaman. Pupuk ini diberikan satu bulan setelah pemberian pupuk dasar untuk pertumbuhan buah naga.

 

Baca juga : Tips Menanam Anggur Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Tips Agar Buah Naga Rajin Berbuah Lebat

Berikut ini tips yang perlu Anda lakukan agar buah naga yang Anda tanam bisa rajin berbuah lebat :

  • Tiga bulan setelah menanam buah naga, potong 5 sampai 10 cm pada ujung batang hal ini untuk merangsang cabang produksi.
  • Pertahankan 2 bunga tiap cabang dengan jarak antar bunga sekitar 30 cm. Bila perlu semprot dengan hormon GA3 sebanyak 50 – 70 ppm.
  • Cara lain untuk mendongkrak pembuahan buah naga ialah dengan pemberian hormon giberelin (GA3) dengan dosis 10% yaitu dengan melarutkan 1 g GA3 dalam 2 liter air. Penyemprotan dilakukan sebanyak dua kali ke pentil buah yang muncul setelah 2-3 hari kuntum bunga layu. Setelah 35 hari, buah tampak membesar (150 g) dengan warna kulit masih kehijauan. Pada saat itu, penyemprotan perlu di ulangi dengan campuran hormon. Sedang untuk dosisnya masih sama dengan penyemprotan awal ke setiap buah naga.

Demikian cara pemupukan buah naga agar bisa berbuah lebat, dan semoga bisa bermanfaat buat teman-teman yang kini sedang budidaya buah naga.

Lihat di sini berbagai varietas benih bibit buah naga kami.

2 thoughts on “Teknik Pemupukan Buah Naga Agar Berbuah Lebat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA