Cara Pemupukan Mangga Dalam Pot

Agar mangga dalam pot rumah Anda rajin berbuah, Anda harus tahu cara pemupukan mangga dalam pot yang baik dan benar supaya buah mangga bisa berbuah lebat seperti harapan Anda.

Buah mangga merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia. Tanaman ini dapat dengan mudah kita jumpai dimanapun dan umumnya ditanam di pekarangan rumah, namun akhir-akhir ini budidaya mangga dalam pot atau istilah kerennya tabulompat mangga menjadi trend di masyarakat Indonesia, hal ini tak lepas dari cara menanam mangga dalam pot yang relatif mudah serta dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan usia pohon mangga mencapai 100 tahun, namun mangga akan tumbuh optimal di dataran rendah pada ketinggian >600 meter dari permukaan laut dengan suhu 24 sampai 30 derajat celsius.

Baca juga: Teknik Pemupukan Buah Naga Agar Berbuah Lebat

Cara Pemupukan Mangga dalam Pot

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam cara pemupukan mangga dalam pot ini, yakni mengenai kapan mangga mulai diberi pupuk, lalu jenis pupuknya dan serta berapa dosis yang pas. Untuk lebih detailnya silakan disimak penjelasan berikut ini:

  • Mangga umur 3 sampai 4 bulan: berikan jenis pupuk urea dengan dosis 100 gram/pohon sekali saja. Urea ditaburkan ke dalam media tanam yang telah dibuat lubang melingkar sedalam 10 cm, lalu tutup dengan media tanam.
  • Pada saat mangga berumur 1 tahun hingga berbunga : berikan pupuk kandang dengan dosis 15 kg per pohon setiap 6 bulan sekali. Pupuk kandang ditaburkan ke dalam media tanam yang telah dibuat lubang melingkar sedalam 10 cm, lalu tutup dengan media tanam.
  • Sedangkan jika menjelang berbunga : Berikan jenis pupuk NPK 15:15:15 dengan dosis 1 sampai 2 kg per pohon sekali, NPK 8 : 24 : 24 atau NPK 1 : 30 : 40 dengan dosis 100-200 g/pohon sekali. Pupuk ditaburkan ke dalam media tanam yang telah dibuat lubang melingkar sedalam 10 cm, lalu tutup dengan media tanam.

Agar pohon mangga tabulompat yang Anda miliki berbuah lebat, selain pemupukan yang benar perhatikan juga faktor lain dalam merawat mangga, seperti misalnya ; proses penyiraman, penyiangan, pengumbukan mangga serta pemangkasannya.

Lihat di sini berbagai varietas bibit tanaman mangga kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA