Ternyata Begini!! Cara Menanam Bunga Matahari

Bunga matahari, mendengar namanya saja keindahan dari bunga ini sudah muncul di bayangan para pendengarnya. Menilai dari keindahannya, tentu banyak sekali para penggiat, penggemar, dan pecinta dari bunga matahari yang cantik ini. Sayangnya, kebanyakan orang salah persepsi bahwa bunga ini sulit untuk dibudidayakan. Pendapat-pendapat mengenai kesulitan menanam bunga matahari pun membuat banyak pihak enggan mencobanya.

Cara Menanam Bunga Matahari

Faktanya, bunga matahari merupakan salah satu jenis bunga yang cukup mudah untuk ditanam dan dikembangkan. Tidak ada teknik spesial dalam membudidayakan bunga matahari. Namun, tentu ada beberapa hal yang harus diberikan perhatian khusus jika Anda ingin menanam bunga matahari ini.

Berikut ini daftar mengenai cara menanam bunga matahari yang baik kita pelajari bersama-sama:

  • Cara menanam bunga matahari yang pertama tentu tidak berbeda dengan menanam tanaman lainnya, yaitu cara memilih benih yang tepat. Benih bunga matahari didapatkan dari biji bunga matahari yang kita kenal sebagai kwaci. Pemilihan benih menjadi penting, karena akan menentukan hasil bunga matahari yang akan Anda budidayakan nantinya. Beberapa jenis bunga matahari yang populer adalah velvet queen, evening sun, dan mammoth grey. Ketiga jenis bunga matahari ini memiliki keunggulannya masing-masing. Jika Anda ingin memiliki bunga matahari yang tumbuh dalam beberapa variasi warna seperti kuning dan oranye, Anda haruslah memilih benih evening sun. Akan tetapi jika Anda menyukai hal yang berbeda, Anda dapat memilih benih velvet queen karena bunga matahari yang dihasilkan berwarna merah darah. Lalu seperti namanya mammoth grey, bunga matahari ini memiliki ukuran yang sangat besar dan tinggi dapat mencapai 2 meter. Jika Anda tertarik dengannya, tentu Anda harus memilih benihnya.

  • Cara kedua dalam menanam bunga matahari adalah dalam menyiapkan media tanam. Media tanam dari bunga matahari adalah tanah. Bunga matahari tidak memiliki persyaratan khusus untuk kondisi tanah. Akan tetapi, tetap disarankan untuk memilih tanah yang gembur agar memudahkan proses penyerapan air. Karena kemungkinannya untuk tumbuh sangat tinggi, tanaman ini tidak cocok ditanam di dalam ruangan. Penanaman benih ke media tanam dapat dilakukan dengan menancapkan bagian yang lancip dari benih (kwaci) ke media tanam. Akan tetapi jangan seluruh bagian benih ditanamkan, sisakan sedikit bagian atasnya untuk tetap muncul di permukaan.

  • Cara ketiga adalah dengan memastikan suhu tempat penyemaian yang harus minimal 25o setelah empat hari akan terdapat tunas muncul. Hal ini haruslah didukung oleh pengairan dan sinar matahari yang cukup. Pengairan harus dilakukan dua kali sehari dan sinar matahari harus menyebabkan suhu minimal seperti yang telah disebutkan sebelumnya selama enam jam berturut-turut.

  • Cara keempat setelah tunas-tunas bermunculan, lindungilah tunas dengan menggunakan botol-botol plastik. Upaya ini dilakukan untuk melindungi bayi-bayi bunga matahari dari ancaman luar seperti dimakan ternak atau rusak terkena hujan.

  • Cara kelima adalah pemberian pupuk. Pemberian pupuk secara maksimal dapat dilakukan setelah bunga matahari berusia lebih dari satu bulan, dengan tanda-tanda bermunculan daun-daunan. Gunakan pupuk yang cocok dan mampu mendukung pertumbuhan bunga, seperti pupuk kandang, pupuk TSP, dan pupuk NPK. Akan tetapi pemberian pupuk harus dilakukan sesuai usia dari tanaman. Misalkan di usia satu bulan, pupuk yang cocok adalah pupuk NPK. Sedangkan, setelah mendekati dua bulan sudah dapat diberikan pupuk TSP. Dosis yang diberikan pun harus sesuai dengan usianya.
  • Cara keenam adalah melakukan penyiangan dan pemilihan. Setelah usia 3 bulan, akan bermunculan kuntum bakal bunga di sekitar daun-daun bunga matahari. Perhatikanlah mana kuntum yang strategis dan mana yang tidak. Jika kurang strategis lebih baik dipangkas untuk mempercepat pertumbuhan kuntum yang lain. Semakin sedikit kuntum, maka semakin banyak nutrisi yang akan didapatkan oleh masing-masing kuntum dan tentunya tanaman akan semakin cepat berbunga.

Dan akhrinya waktu yang dinanti-nanti tiba, yaitu pada saat bunga mataharinya mekar. Silahkan klik disini untuk melihat aneka produk bunga matahari kami.

Demikianlah beberapa cara menanam bunga matahari yang dapat kita pelajari bersama. Tentu tidak sulit bukan? Bunga matahari akan menghiasi kebun Anda dan membuat suasana lingkungan Anda lebih nyaman serta berwarna. Jangan ragu lagi dan cobalah budidayakan tanaman bunga matahari Anda sendiri!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA