Bibit Manggis Unggul untuk Budidaya

Untuk melakukan budidaya Manggis, tentu saja kita harus mendapatkan bibit Manggis unggul agar usaha kita dapat terbayarkan dengan hasil panen yang melimpah. Lalu, bagaimana Cara membuat bibit manggis? Tentu akan sangat mudah bagi Anda yang tinggal di lingkungan petani manggis untuk mendapatkan bibitnya, yakni dengan cara mencangkok atau okulasi. Karena metode perbanyakan tersebut adalah yang terbaik untuk mendapatkan bibit unggul, karena sudah jelas kualitasnya dan lebih cepat berbuah, dibandingkan menanam manggis dari bijinya.

Prasarat buah Manggis agar tumbuh optimal antara lain:

  1. Ditanam di dataran rendah
  2. Suhu udara berkisar antara 22-32º C
  3. pH tanah berkisar antara 5-7.
  4. Kelembaban udara 80%
  5. Sistem pengairan yang baik

Harga Bibit Manggis Unggul

Bagi anda yang tertarik melakukan budidaya Manggis di rumah, dan sulit mendapatkan bibit Manggis unggul di daerah sekitar Anda, karena kami menyediakan beberapa jenis bibit manggis unggul dengan harga yang terjangkau. Beberapa bibit manggis yang tersedia antara lain

Bibit Manggis tanpa biji

bibit manggis unggul tanpa bijiIni adalah bibit Manggis dengan kualitas terbaik tanpa biji yang kami sediakan, harganya pun lebih mahal dari bibit yang lainnya. Kami jual bibit Manggis tanpa biji dengan harga 335 ribu rupiah. Bibit sudah tumbuh sekitar 30-40 cm ketika akan di kirim, dan sudah siap untuk ditanam di pot maupun lahan tanam.

Kelebihan bibit Manggis tanpa biji adalah rasanya yang manis, dagingnya putih dan bijinya hampir tidak ada, jikalau adapun bijinya sangat kecil.

Tersedia juga bibit Manggis super antara lain Manggis Ungu yang kami jual seharga 55 ribu, harga bibit Manggis Kuning adalah 155 ribu rupiah. Sedangkan bibit Manggis Orange, seharga 295 ribu dan Manggis Merah dijual seharga 110 ribu saja. Selengkapnya, silahkan kunjungi katalog kami disini.

Cara Penanaman Manggis

Untuk melakukan budidaya Manggis, membutuhkan lahan yang luas karena pada dasarnya Manggis adalah tanaman yang tumbuh tinggi dan masa berbuah yang lebih lama dari pada tanaman buah lainnya. Namun demikian, ada trik khusus agar Manggis cepat berbuah dan pohon Manggis tidak tumbuh terlalu tinggi tetapi berbuah lebat.

  1. Agar Manggis cepat berbuah, gunakan bibit yang berasal dari cangkokan ataupun okulasi.
  2. Bajak lahan sebelum digunakan untuk menanam. Sekaligus menyiapkan media tanam yang baik yaitu dengan menggunakan tanah berpasir, kompos dan arang sekam. Campur ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1.
  3. Tanamlah Manggis pada lahan yang sudah diolah, buatlah bedengan dengan jarak antar tanaman kurang lebih 5 meter.
  4. Lakukan pemangkasan pada cabang-cabang yang terlalu rindah setelah usia tanam mencapai 1 tahun, lakukan secara teratur setiap 2 minggu sekali menggunakan gunting pangkas. Pemangkasan dimaksudkan agar nutrisi lebih berfokus untuk batang utama, sehingga pohon akan lebih cepat tumbuh dan berbuah.
  5. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari, pagi dan sore. Sedang pemupukannya setelah usia tanam 6 bulan, dan selanjutnya dilakukan setiap setahun sekali, dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak 20 kg untuk setiap pohon.
  6. Semprotkan pestisida untuk mencegah serangan hama tanaman, ketika usia tanam menginjak 2 tahun. Lakukan setiap 2-3 bulan sekali.
  7. Dengan bibit Manggis unggul yang berasal dari cangkok atau okulasi, buah Manggis dapat dipanen setelah usia tanaman menginjak 4-6 tahun, Empat tahun lebih cepat daripada menanam Manggis dari bijinya yang membutuhkan 8-10 tahun.

Untuk setiap 1 hektar lahan, setidaknya dapat menanam 100 pohon Manggis, dengan hasil sekali panen rata-rata setiap pohon sekitar 50 kg buah Manggis. Tentunya akan sangat tergantung dengan lahan yang tersedia, jadi dapat dipastikan budidaya Manggis akan sangat menguntungkan, hanya butuh waktu lama sebelum dapat memanen setiap tahunnya.

 

Leave a Reply