Cara Menanam Alpukat di Rumah

Menanam alpukat di rumah tentusaja membutuhkan pengetahuan yang baik tentang tanaman buah ini, karena alpukat merupakan tanaman buah yang biasa di tanam di perkebunan dengan masa berbuah yang lama, yang kira-kira membutuhkan waktu hingga 7 tahun setelah tanam. Itu jika menggunakan cara biasa!

Alpukat akan tumbuh optimal apabila ditanam di daerah dataran sedang, dengan suhu 20-25 derajat. Lalu bagaimana cara menanam alpukat agar cepat berbuah? Tentu saja ada teknik dan perawatan khusus untuk melakukannya. Diantaranya adalah dengan menyiapkan media yang baik, perawatan khusus dan membantu tanaman agar cepat berbuah. Mari kita bahas satu per satu.

Cara Menanam Alpukat agar cepat Berbuah

cara menanam alpukat di potAgar cepat berbuah, tentusaja jangan menanam Alpukat dari bijinya, karena akan memakan waktu yang sangat lama dan kita tidak tahu apakah bibit Alpukat tersebut merupakan bibit tanaman Alpukat unggul atau bukan. Oleh karena itu, kita harus memastikan menanam bibit Alpukat unggul agar cepat berbuah. Darimana mendapatkan bibit Alpukat unggul?

Jangan bingung, kami juga jual bibit tanaman Alpukat unggul. Ada beberapa jenis Alpukat yang kami sediakan, antara lain Alpukat Miki, Alpukat tanpa biji, Alpukat Aligator, Alpukat Mentega, Alpukat hijau panjang dan Alpukat Markus. Tanaman yang kami kirim ke Anda sudah tumbuh tinggi berukuran kira-kira 60 cm. Untuk lebih detailnya, silahkan kunjungi katalog kami disini.

Tahapan yang perlu Anda lakukan agar Alpukat cepat berbuah antara lain:

Menyiapkan Media Tanam

Karena Alpukat adalah jenis tanaman yang membutuhkan lebih banyak air dari tanaman lainnya, maka tanah agak berlempung sangat baik untuk Alpukat karena tanah lempung dapat menyimpan air lebih lama.

Selain tanah lempung, diperlukan juga arang sekam, kompos dan atau pupuk kandang. Campurkan semua media tanam tersebut agar gembur dan mampu menutrisi tanaman dengan baik. Setelah diolah, biarkan sampai kira-kira 3-7 hari agar tercampur sempurna.

Menanam dan Merawat Alpukat

Sesudah media tanam diolah dengan baik, kini saatnya menanam bibit Alpukat. Pastikan daerah sekitar tanam dibersihkan dari tanaman penganggu dan bebatuan agar proses pengakaran Alpukat berjalan sempurna. Anda juga bisa menggunakan pot untuk menanam, diameter pot yang baik untuk menanam Alpukat adalah berukuran 60 cm.

Namun akan lebih baik lagi jika langsung ditanam ditanah, dengan dibuat bedengan dan atur jarak tanam alpukat. Karena agar proses penyerbukan buah Alpukat sempurna dibutuhkan penyinaran matahari sepanjang hari. Waktu yang paling baik menanam Alpukat adalah ketika musim hujan tiba, dan dilakukan sore hari ketika sinar matahari tidak terlalu panas.

Lakukan penyiraman sehari 2 kali, tiap pagi dan sore, namun jangan terlalu basah yah, secukupnya saja dan tidak menimbulkan genangan air yang berlebihan. Pemupukan dilakukan setelah usia tanaman 3 minggu setelah tanam. Anda bisa menggunakan kompos atau pupuk kandang dengan ukuran sekepal tangan. Setelah itu, lakukan pemupukan setiap satu bulan sekali, menggunakan pupuk NPK daun.

Baca Juga: Cara membuat tanaman cepat berbuah

Jika tanaman Alpukat sudah mulai tumbuh tinggi, maka potong dan pangkas daunnya yang tampak lebat, lakukan pemangkasan dengan hati-hati agar bekas potongan tidak mengundang hama dan penyakit tanaman. Jika Anda menanam dalam pot, sebaiknya lakukan penggantian pot setiap setahun sekali agar tanaman tumbuh lebih baik karena membutuhkan pot yang lebih besar lagi.

Jika Alpukat ditanam dengan perawatan yang biasa saja maka akan berbuah dalam waktu 7 tahun, tetapi dengan cara menanam Alpukat di atas dan dengan bibit Alpukat unggul dari kami, dipastikan Anda akan menikmati buah Alpukat lebih cepat sekitar 3 tahun.

Leave a Reply