Cara Menanam Mangga agar Cepat Berbuah

Menanam mangga agar cepat berbuah ada trik khususnya. Jika kita biarkan saja pohon mangga apa adanya secara natural menunggu berbuah tentu saja butuh waktu berbulan-bulan bahkan tahunan, sangat menjemukan bukan?

Trik khusus menanam mangga agar cepat berbuah yakni dengan melakukan perangsangan pembungaan, ada juga pembudidaya yang melakukannya dengan obat perangsang pohon mangga cepat berbuah. Bagaimana cara melakukannya?

Menanam Mangga agar cepat Berbuah

menanam mangga agar cepat berbuahDalam artikel ini, saya tidak akan membahas bagaimana menanamnya dari awal, tetapi saya asumsikan bahwa anda sudah memiliki pohon mangga namun tidak kunjung berbuah. Sebagai referensi cara menanam, silahkan baca Cara Membuat Tanaman Cepat Berbuah.

Seperti yang telah saya sampaikan, agar tanaman buah mangga cepat berbuah kita harus rajin memberikan rangsangan. Beberapa cara yang sangat efektif untuk merangsanya antara lain sebagai berikut:

Pencincinan atau Pelukaan
Teknik pencincinan biasa diterapkan pada tanaman buah seperti mangga, jambu biji, jambu air, belimbing, nangka, rambutan, sawo, dan lengkeng. Teknik ini khusus untuk tanaman mangga yang sudah tumbuh besar. Jika tanaman masih dalam masa pertumbuhan atau masih muda maka dapat mengakibatkan kematian. Yang harus dilakukan untuk menerapkan teknik pencincinan antara lain:
Pilih cabang mangga yang akan dilakukan pencincinan

  • Kupas kulit batang tersebut dengan lebar kira-kira 5 cm dengan cara melingkar, seperti mau mencangkok.
  • Setelah itu, berikan zat perangsang tanaman dan sekaligus pengobat agar terhindar dari serangan bakteri penyakit. Yang paling kami rekomendasikan adalah GROWTONE.
  • Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama, kira-kira 2 sampai 4 minggu saja.

Pencacahan
merangsang pohon manggaTeknik pencacahan juga khusus diterpakan untuk pohon mangga yang sudah besar. Hampir sama dengan teknik pencincinan, hanya saja teknik ini lebih mudah dilakukan karena hanya dengan melukai pohon mangga.

Melukainya bisa dengan pembacokan, tetapi tidak terlalu dalam, buat bacokan dengan kedalaman 3 cm dan lebar 5 cm. Seperti tampak pada gambar disamping. Pembacokan tidak asal-asalan tetapi harus sesuai agar tanaman mangga tidak mati.

Pemberian Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)
Beberapa zat yang biasa digunakan untuk merangsang pertumbuhan tanaman antara lain auksin, sitokinin, giberelin, asam abisat, dan etilen. Pemberian zat pengatur tumbuh harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan, biasanya terdapat dalam setiap kemasannya. Pemberian ZPT pada tanaman mangga sangat baik ketika musim kemarau datang.

Pengikatan
Biasa juga disebut pencekikan, maksudnya adalah mengikat batang tanaman. Bagaimana cara melakukannya.

  • Siapkan kawat untuk mengikat
  • Kemudian tekuk batang dan ikat dengan kawat yang telah disediakan. Kencangkan ikatan dengan menggunakan tang.
  • Biarkan batang tersebut terikat sampai 4 bulan, kemudian baru dilepaskan.

Repotting
Repotting adalah pembaruan akar. Hanya dilakukan jika usia tanaman mangga menginjkak 2 tahun. Penggantian akar ini untuk merangsang pertumbuhan. Jika tanaman berada dalam pot, maka harus dilakukan penggantian pot. Jika tanaman di tanah maka gali sekitar tanaman dan pangkas akarnya yang terlalu panjang, agar dapat tumbuh akar yang baru.

Demikian cara menanam mangga agar cepat berbuah dengan melakukan perangsangan. Gunakanlah bibit unggul tanaman mangga agar cepat berbuah dengan kualitas yang baik.

Lihat Katalog Bibit Tanaman Mangga

Leave a Reply