Cara menghilangkan Flek Hitam secara Alami

Cara menghilangkan Flek Hitam secara Alami – Kalau memiliki flek hitam di wajah tentu membuat kita kehilangan ke-pede-an jika dilihat orang apalagi sang tersayang. Menggunakan obat penghilang komedo dan flek hitam yang praktis biasanya mengandung bahan kimia yang berbahaya. Lalu bagaimana cara alami menghilangkan flek hitam dalam waktu singkat?

Menggunakan obat-obatan memang mengandung banyak sekali resiko, bisa terjadi kanker kulit, pori-pori menipis, kulit kusam, wajah memerah, dan banyak sekali efek negatifnya. Oleh karena itu, jika Anda sayang dengan kulit Anda, lebih baik gunakanlah cara alami baik dengan tanaman obat, buah-buahan, atau bahan herbal lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

cara menghilangkan flek hitam secara alami

Penyebab terjadinya Flek Hitam di Wajah

Banyak sekali penyebab terjadinya flek hitam, antara lain;

  • Bekas jerawat yang tidak tuntas atau karena dipencet maupun digaruk
  • Flek hitam di wajah akibat KB
  • Kulit wajah yang terkena sinar ultraviolet berlebih
  • Penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia dan merkuri
  • Polusi yang menyebabkan kotoran masuk kedalam pori-pori kulit
  • Penggunaan obat-obatan seperti difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin
  • Peningkatan hormon, biasanya terjadi pada ibu hamil.

Cara menghilangkan flek hitam secara alami dalam waktu singkat

Singkat disini bukan berarti instan, tetapi bertahap namun tidak lebih dari 1 bulan. Jika anda menggunakan cara dibawah ini secara teratur.

Menghilangkan Flek hitam di Wajah dengan Madu

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu mencegah dan melindungi kulit serta menyembuhkan luka akibat infeksi. Madu biasa digunakan di salon-salon ternama untuk menutrisi dan melembabkan kulit wajah. Selain itu, madu juga terdapat kandungan potasium, kalsium dan magnesium yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit.

Caranya hanya dengan mengoleskan madu secara merata ke seluruh bagian kulit wajah dan leher. Biarkan selama 20-30 menit kemudian bersihkan menggunakan tisu lalu basuh muka dengan air hangat. Lakukanlah setiap malam hari sebelum tidur. Jika dilakukan secara teratur, bukan hanya flek hitamnya saja yang hilang, tetapi jerawat yang ada akan segera pergi karena madu juga mengandung anti bakteri. Selain itu kulit juga akan tampak segar, lembab dan lebih putih.

Menghilangkan Flek Hitam dengan Lemon

Pada Lemon terdapat kandungan asam sitrat yang berfungsi untuk menutrisi kulit dan meregenerasi sel kulit wajah yang mati. Oleh karena itu dapat menghilangkan flek hitam, bintik wajah, kerutan akibat penuaan, dan jerawat yang mengganggu.

Caranya, basuhlah muka terlebih dahulu dan lalu keringkan. Peras lemon dan tuangkan di gelas atau mangkuk. Gunakan kapas untuk mengoleskan ke seluruh wajah, dan biarkan hingga kering. Lakukan perlahan karena kulit anda akan terasa perih dan terbakar ketika diolesi lemon, dan hindarkan dari mata.

Sebaiknya anda melakukannya secara teratur ketika menjelang tidur malam karena pada malam hari adalah waktunya regenerasi kulit secara alami. Lakukan selama 2-4 minggu, hingga flek hitam menghilang. Dan alangkah baiknya jika anda melakukanya terus menerus untuk menjaga kulit dari penuaan, dan agar kulit wajah selalu terjaga baik dari jerawat, komedo maupun minyak yang berlebih.

Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Kentang

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa dalam kentang terdapat banyak sekali vitamin dan mineral yang berfungsi mengencangkan kulit dan meregenerasi sel kulit secara alami. Terdapat kandungan kolagen, kalium, fosfor, magnesium dan kalsium yang mampu merangsang kolagen sehingga dapat mengusir flek hitam dan bintik pada wajah akibat penuaan.

Cara memanfaatkannya adalah dengan memarut satu buah kentang, kemudian tambahkan jeruk nipis dan juga satu tetes madu. Oleskan campuran tersebut pada bagian wajah yang terdapat flek dan bintik hitam, serta jerawat. Diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan langkah tersebut selama 2 minggu berturut-turut sebelum tidur. Niscaya kulit wajah anda akan terbebas dari flek hitam, sehingga terlihat bersih dan segar.

Cara menghilangkan flek hitam secara alami harus dilakukan secara teratur menggunakan bahan tersebut diatas. Agar anda terhindar dari komedo dan flek hitam ataupun jerawat, bersihkan wajah setiap hari setelah beraktifitas, minimal dengan membasuhnya dengan air. Jangan terlalu sering menggunakan pembersih wajah yang ada di iklan-iklan, karena akan membuat pH kulit tidak seimbang.

 

Leave a Reply