Tanaman Obat dan Khasiatnya

Begitu banyak jenis tanaman yang terdapat di Indonesia. Tetapi banyak juga orang yang tidak tahu macam-macam tanaman obat, apalagi khasiat yang terkandung di dalamnya. Untuk itulah, kami mencoba mengenalkan beberapa jenis tanaman obat dan manfaatnya. Jika ada ramuan yang alami atau herbal dan memiliki khasiat bagi tubuh, mengapa harus menggunakan obat kimia yang notabene memiliki efek samping tertentu?

Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Kegunaannya

tanaman obat seledri jepangTanaman obat ini sudah dapat kita temukan di Indonesia, karena telah dikembangkan dan dibudidayakan melalui pembibitan, Kami pun menyediakan dan menjual bibit seledri Jepang jika Anda ingin menanamnya di pekarangan rumah Anda.

Khasiat dari Seledri Jepang antara lain dapat membuat awet muda, karena terdapat kandungan vitamin E yang mampu menjaga kesehatan kulit serta menghilangkan kerutan di wajah, menjaga kekebalan tubuh, serta memperlancar peredaran darah.

Cara menggunakan tanaman obat ini pun sangat mudah, tinggal memakan langsung atau dapat juga dicampur pada masakan agar rasanya lebih nikmat.

  • Bunga Tembelek

tanaman obat bunga tembelekKalau bunga Tembelek, pasti kalian sering menjumpai di pekarangan-pekarangan rumah. Orang Sunda menyebutnya Tai Kotok. Dari namanya yang buruk ternyata Bunga Tembelek dapat dikategorikan sebagai tanaman obat karena memiliki manfaat untuk mengobati Tuberkulosis atau TBC.

Cara memanfaatkannya pun sangat mudah. Petik bunga tembelek, lalu keringkan dahulu. Kemudian rebus 10 gram dengan air 3 gelas hingga mendidih dan air tersisa separuhnya saja. Lalu saring hasil rebusan dan diamkan terlebih dahulu. Hasil saringan dapat langsung di minum 3 kali sehari dengan ukuran setengah gelas. Lakukan berulang seperti itu, hingga penyakit TBC berkurang dan sembuh.

  • Mengkudu

buah untuk obat Nama buah Mengkudu sudah sering kali kita dengar. Namun apakah kalian tahu manfaatnya? Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah mengkudu, antara lain mengobati batuk, mengatasi peradangan, alergi, mengobati typus, mencegah kanker, hipertensi atau darah tinggi, hingga menghilangkan ketombe dan mencegah kerontokan rambut.

Begitu lengkap kandungan vitamin, mineral dan protein dalam buah mengkudu, sehingga banyak orang memanfaatkannya untuk dijual kembali sebagai obat herbal dengan bentuk kapsul, pil, atau ramuan jamu.

Anda pun bisa membuatnya sendiri untuk mengobati segala penyakit yang menyerang. Cara yang paling efektif agar kandungan vitamin dalam buah mengkudu terserap semuanya adalah dengan memblendernya. Ambil dan bersihkan dua buah mengkudu lalu blender hingga lembut, dan buang ampasnya dengan menggunakan saringan. Sari buah dapat dicampur dengan madu untuk diminum. Lakukan terus sehari dua kali meminum sari buah mengkudu untuk mengobati penyakit dan memenuhi kebutuhan vitamin tubuh Anda.

manfaat sirih merahDaun sirih merah memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan tubuh, seperti Tanin, Kavicol, Kavibetol dan lain sebagainya. Sehingga orang-orang dari jaman dahulu memanfaatkan daun Sirih merah ntuk mengobati Ambeien. Jika ambeien dibiarkan saja akan sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan komplikasi dan pendarahan yang disebabkan pembesaran wasir pada anus.

Untuk membuat ramuan daun sirih merah cukup mudah. Ambil dan cucilah 7 lembar daun sirih merah kemudian iris kecil-kecil kemudian campur dengan air sebanyak 600 ml, lalu rebus hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Saring hasil rebusan dan campur dengan madu secukupnya agar rasanya tidak terlalu pahit. Minum setengah gelas, lakukan sehari tiga kali. Ulangi langkah yang sama hingga Ambeien dapat sembuh total.

  • Temulawak

tanaman obat kumis kucingSiapa sih yang tidak tahu Temulawak. Hampir bisa dibaca pada setiap komposisi kemasan obat dan jamu herbal untuk mengobati masuk angin, anemia, hepatitis B, dan menambah nafsu makan. Bahkan temuan-temuan terkini dapat juga mengobati ginjal, asma, memperlancar ASI, hingga menjaga kulit wajah.

Tanaman obat tradisional yang begitu banyak manfaatnya. Cara penggunaannya pun hampir sama dengan daun sirih merah, yakni dengan mengupas, mencuci dan merebusnya. Tetapi ada campuran lain dengan tanaman obat kumis kucing jika anda ingin mengobati sakit ginjal yang sudah kronis. Rebus bersamaan dengan kumis kucing hingga air nya tersisa setengah lalu dapat diminum sehari tiga kali, lakukan secara berulang hingga sakitnya reda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *