Cara Tanam Jambu Air Citra

cara tanam jambu air citraCara tanam Jambu Air Citra sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Jambu Air madu atau Jambu Biji Merah ataupun jenis jambu yang lain karena tanaman jambu merupakan tanaman tropis yang termasuk kedalam suku jambu-jambuan, sehingga karakteristiknya agar mirip-mirip. Sangat cocok di tanam di seluruh wilayah Indonesia yang rata-rata memiliki curah hujan yang tinggi.

Namun demikian, Jambu air Citra paling memiliki banyak kelebihan dibandingkan jenis jambu yang lain. Mengapa? Karena rasa jambu air citra yang manis dan segar sangat diminati pasar, dan jambu ini tidak mengenal masa panen, sehingga dapat berbuah sepanjang tahun apabila cara tanam jambu air citra sudah benar apalagi iklimnya sangat cocok, tentunya anda akan meraup banyak keuntungan,

Cara Menanam Jambu Air Citra agar Cepat Berbuah

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam cara tanam jambu air citra. Antara lain pemilihan bibit unggul, memilih media tanam yang sesuai, teknik penanaman yang baik, dan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Mari kita kupas satu demi satu.

Pemilihan Bibit Jambu Air Citra

Bibit Jambu air CitraBibit dapat menentukan hasil, jadi anda harus memilih bibit unggul Jambu Air Citra untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, Anda tidak perlu repor-repot mencari kesana kemari, karena kamu sudah menyediakan bibit unggul tanaman Jambu Air Citra yang bergaransi dengan harga 50 ribu rupiah saja. Tersedia juga bibit tanaman jambu lain, seperti Jambu air Madu, jambu monyet, jambu biji, jambu sukun dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat katalog kami disini.

Dengan modal yang sedikit, anda akan dapat menikmati hasilnya bertahun-tahun. Tanaman yang kami kirim ke Anda sudah tumbuh sekitar 40-60 cm. Jambu Air Citra dapat tumbuh hingga 4 meter, dengan hasil panen seberat 200-350 gram perbuah dan dapat menghasilkan 80-100 kg per pohon dalam kurun waktu setahun. Bayangkan jika anda menanam lebih dari 5 pohon, tentunya sangat menguntungkan bukan! Mengingat harga buah Jambu air Citra dipasaran saat ini mencapai 20 ribu rupiah.

Media Tanam dan Penanaman Jambu Air Citra

Media tanam yang digunakan harus mengandung unsur hara yang cukup untuk menutrisi tanaman agar jambu air citra cepat berbuah. Media tanam yang baik antara lain:

  1. Kompos
  2. Arang sekam
  3. Tanah yang mengandung pasir dan lempung
  4. Pupuk Kandang
  5. Humus.

Minimal, Anda harus mencampur 3 tiga media, antara lain kompos, arang sekam dan tanah. Perbandingannya adalah 1:1:1. Anda bisa menggunakan pot berdiameter 30-50 cm.

Wajib Baca: Cara Tanam Tabulampot

Prinsip dasar penanamannya sama, sehingga anda harus membaca artikel tersebut diatas, sebagai pengetahuan dasar dan panduan dalam menanam jambu air citra. Apabila instruksi cara penanamannya diikuti dengan benar, saya yakin jambu air citra akan cepat berbuah dan menghasilkan panen yang melimpah.

Perawatan Tanaman Jambu Air Citra

Mengingat tanaman Jambu Air Citra adalah tanaman tropis maka kebutuhan akan air sangat tinggi, sehingga penyiraman tanaman harus dilakukan secara teratur dua kali sehari setiap pagi dan sore hari. Jika anda menanam langsung di tanah, maka buatlah gundukan seperti bedengan, untuk menghindari genangan air yang berlebihan.

Pemangkasan cabang harus dilakukan ketika tanaman jambu air sudah menginjak usia dewasa, kira-kira setelah 3 bulan usia tanam. Hal ini dimaksudkan agar tanaman terbentuk dan mengurangi cabang agar nutrisi batang utama tercukupi, sehingga buah yang dihasilkan berkualitas baik. Gunakan gunting pangkas tanaman untuk pemangkasan cabang.

Bersihkan pot atau lingkungan sekitar dari tanaman lain yang bersifat parasit, agar tidak menganggu tanaman dan menyedot unsur hara dalam tanah.

Baca Juga: Cara Pengendalian Hama Tanaman

Pemupukan dan Pemanenan Jambu Air Citra

Pemupukan tahan pertama setelah memasuki 1 bulan usia tanam. Agar nutrisi tanaman dapat terpenuhi, Gunakan pupuk NPK daun yang banyak tersedia di toko pertanian, atau bisa juga menggunakan pupuk kandang yang sudah matang, agar tidak mengundang penyakit. Pemberian pupuk kandang cukup 1 kepal tangan per pohon. Kemudian pemupukan lanjutan dilakukan setiap dua bulan sekali.

Jambu air Citra memasuki masa panen ketika sudah berumur 2 hingga 5 tahun. Pemanenan dilakukan ketika cuaca cerah. Gunakan gunting untuk memotong tangkainya dan hanya memetik buah yang benar-benar masak di pohon. Ketika usia tanam 1-2 tahun, anda akan memanen setidaknya 10 kg per pohon, dan ketika usia 5 tahun, anda akan mendapatkan 100 kg buah jambu air sepanjang tahun.

Demikian Cara Tanam Jambu Air Citra agar cepat berbuah dan menghasilkan panen yang melimpah. Usahakan untuk menanam lebih dari 5 pohon agar hasilnya maksimal. Jika ada  Semoga berhasil!

 

 

 

Leave a Reply