Manfaat Tanaman Kecombrang atau Honje

Manfaat tanaman Kecombrang – Siapa sih yang tidak tahu Kecombrang atau biasa juga disebut Honje? Hampir pasti setiap orang yang suka makan lalaban tahu Kecombrang. Terutama orang sunda, Jawa dan melayu. Kecombrang juga biasa digunakan sebagai pelengkap masakan seperti lotek, rujak, pecel atau masakan lainnya. Sedangkan di Thailand, Kecombrang sudah menjadi santapan wajib karena biasa digunakan pada hampir setiap masakan,

Pasti banyak dari kita yang suka memakannya. Tapi hampir tidak tahu manfaatnya. Oleh karena itu, pada artikel ini, saya khusus mengupas tentang manfaat tanaman kecombrang dan dimana bisa mendapatkan bibit kecombrang agar kita bisa menanamnya di rumah.

manfaat tanaman kecombrang

Manfaat Tanaman Kecombrang

Berdasarkan penelitian, Honje atau Kecombrang mengandung banyak sekali zat yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, karbohidrat, potasium dan zinc. Dari kesemuanya, kandungan potasium adalah yang terbesar sehingga sangat ampuh untuk menghilangkan bau badan dan juga menyembuhkan segala penyakit kulit seperti kadas, kurap, loang dan sebagainya.

Manfaat Kecombrang yang lainnya adalah memperlancar peredaran darah dan juga memperbanyak ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Namun masyarakat juga mempercayai bahwa kecombrang dapat juga untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Cara memanfaatkan Kecombrang sangat mudah, untuk mengobati penyakit kulit misalnya, anda tinggal menggosokan bunga kecombrang ke bagian kulit yang terserang. Sedangkan untuk menghilangkan bau badan atau memperbanyak ASI, Kecombrang bisa direbus sebentar dan langsung dimakan sebagai lalapan.

Harga Bibit Kecombrang

Setelah mengetahui manfaat tanaman Kecombrang, pertanyaan selanjutnya adalah dimana tempat yang jual benih Kecombrang? Di jaman modern saat ini, kita dimudahkan dalam segala hal, termasuk mendapatkan bibit kecombrang yang kelihatannya sangat sepele tetapi kami juga jual bibit Kecombrang yang bisa langsung ditanam di pekarangan rumah anda.

Kami menjual bibit Kecombrang dengan harga 30 ribu rupiah per tanaman. Bibit yang akan di kirim ke anda sudah tumbuh sekitar 40-60 cm, sehingga sudah siap tanam. Tanaman ini sangat cocok ditanam di dataran rendah dengan suhu antara 28-35º Celcius. Kecombrang dapat tumbuh tinggi hingga 300 cm, dan berbunga pada bulan tertentu, karena termasuk tanaman tropis, sehingga membutuhkan air yang banyak untuk memenuhi nutrisinya dalam proses pertumbuhannya.

Silahkan cek tanaman kecombrang kami disini

Kecombrang bisa ditanam dalam pot, tetapi harus tetap mendapatkan sinar matahari untuk proses fotosintesisnya. Oleh karena itu, pot harus tetap berada di luar dan tidak tertutupi oleh bangunan atau tanaman lain yang dapat mengganggu penyinaran matahari secara langsung.

Leave a Reply