10 Hama Tanaman Hias & Buah Serta Cara Pengendaliannya

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti mendambakan tanaman hias atau tanaman buah yang mereka budidayakan di rumah dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Sayangnya, seringkali akan ada serangan hama yang menyebabkan timbulnya penyakit dan membuat tanaman menjadi terhambat pertumbuhannya. Jika hama sudah menyerang tanaman, maka diperlukan suatu langkah untuk membasminya dengan segera.

Baca juga: Pengendalian Hama secara Mekanik

Masalahnya, belum semua orang tahu bagaimanakah cara membasmi hama tertentu pada tanaman, karena beda hama tentu beda cara penanganannya. Di bawah ini, Anda akan menemukan berbagai hama yang kemungkinan besar menyerang tanaman di rumah Anda beserta cara pengendaliannya.

Beberapa Jenis Hama Tanaman dan Cara Mengatasinya

Ulat Bulu

Bisa dibilang inilah salah satu hama tanaman yang paling sering menggerogoti tanaman di rumah Anda. Hal tersebut cukup wajar mengingat ulat bulu memang membutuhkan tanaman sebagai makanan mereka sehari-hari. Nah, ketika tanaman kesayangan Anda diserang oleh ulat bulu, maka ciri- ciri paling kentara adalah bentuk daunnya yang sudah tidak sempurna lagi atau bahkan tinggal tersisa tulang daunnya saja. Ulat bulu memang sangat senang memakan daun pada malam hari, sehingga Anda baru akan menyadari jika tanaman Anda diserang ulat bulu pada pagi harinya.

Bagaimana cara mengatasi ulat bulu?

  • Jika Anda melihat ada telur kupu-kupu dibagian daun, maka segera hilangkan dengan cepat.
  • Jika Anda mendapati adanya ulat bulu dan telur yang banyak pada daun tanaman Anda, segera genangi daerah daun tersebut dengan air, sehingga ulat akan bergerak naik dan Anda dapat mengatasinya dengan mudah.
  • Jika cara diatas belum mampu mengatasi ulat bulu, maka semprotkanlah pestisida, boleh secara alami ataupun dengan bahan kimia.

Tikus

Apakah Anda sering melihat adanya tikus di rumah Anda? Jika iya, maka Anda harus mewaspadai dan segera mengatasinya karena tikus bisa menjadi hama yang akan mengancam kesehatan tanaman Anda. Jika tanaman Anda diserang oleh tikus, maka biasanya buah pada tanaman Anda yang sedang dalam masa vegetatif dan masa panen akan menjadi cepat habis. Selain itu, tikus ini akan memakan batang tanaman yang masih muda dan juga biji-bijinya.

Bagaimana cara mengatasi tikus?

  • Menangkap tikus tersebut secara mandiri atau melalui jebakan, atau bisa juga dengan menutup pintu masuk daerah persembunyiannya.
  • Jika Anda membudidayakan tabulampot, maka disarankan untuk menanam tanaman secara serempak, sehingga nantinya semua tanaman tabulampot memiliki masa panen yang sama. Jika sudah begitu, maka tikus pun akan kekurangan sumber makanan saat masa panen usai.
  • Menggunakan rodentiaida atau pembasmi tikus yang bisa dengan mudah Anda dapatkan dipasaran.

Tungau

Apakah Anda mengetahui apa itu tungau? Tungau adalah suatu jenis kutu kecil yang ternyata merupakan suatu hama yang dapat merusak tanaman Anda, terutama di bagian daun. Tungau ini akan menghisap daun tanaman dan memunculkan bercak-bercak. Karena bentuknya yang cukup kecil, maka sangat sulit melihat adanya tungau di daun dengan mata telanjang. Nah, biasanya tanaman yang dihinggapi oleh tungau akan memiliki daun dengan bercak-bercak kecil berwarna kuning, kemudian setelah itu daun akan menjadi cepat gugur.

Bagaimana cara mengatasi tungau?
Satu-satunya cara agar tungau tidak menyebar ke bagian daun yang lain adalah dengan memotong daun yang sudah dihinggapi tungau, kemudian kumpulan daun tersebut di suatu tempat, kemudian langsung dibakar secara seketika.

Belalang

Apakah Anda sering melihat belalang hinggap di daun tanaman Anda? Jika iya, maka Anda wajib menyingkirkannya dengan segera, sebab belalang merupakan salah satu hama yang akan merusak tanaman Anda. Ya, belalang ini merupakan hewan yang sangat senang hinggap di daun dan memakan daun tersebut, persis seperti ulat bulu yang sudah dijelaskan diatas. Hasilnya, daun tanaman Anda menjadi tidak sempurna lagi.

Bagaimana cara mengatasi belalang?

  • Dengan menangkapnya secara manual. Memang belalang merupakan hewan yang sangat sulit ditangkap karena hewan ini bisa terbang, tapi ternyata dengan membasahi sayapnya, maka belalang tidak akan bisa terbang, sehingga kita bisa menangkapnya dengan mudah. Oleh karena itu, basahilah daun terlebih dahulu atau manfaatkan embun di pagi hari untuk menangkap belalang.
  • Belalang bisa dimusnahkan dengan pemakaian pestisida. Cukup dengan membuat pestisida alami, maka belalang bisa mati dan kesehatan tanaman tidak tergannggu lagi.

Lalat Buah

Bagi Anda yang membudidayakan tabulampot, apakah Anda pernah menjumpai kenyataan bahwa buah yang dihasilkan tanaman cepat membusuk walaupun belum dipanen? Jika pernah, maka kemungkinan besar buah dari tanaman Anda diserang oleh lalat buah. Nah, lalat buah ini sangat senang hinggap di buah, kemudian menaruh telur-telurnya di dalam buah tersebut. Akibatnya, buah tersebut menjadi berlubang dan memiliki bercak-bercak, lalu membusuk. Setelah telur menetas, maka belatung akan hidup didalam buah tersebut.

Bagaimana cara mengatasi lalat buah?

  • Cara paling cepat adalah mengumpulkan semua buah yang sudah busuk dan berlubang, kemudian membakarnya sesegera mungkin agar lalat buah tidak menyebar ke buah lainnya.
  • Anda bisa membuat perangkap lalat dengan memanfaatkan metil eugenol yang diteteskan ke kapas. Setelah itu, kapas dimasukkan ke dalam botol plastik bekas air mineral yang sudah diberi minyak goreng atau air. Gantungkan perangkap tersebut di salah satu dahan tanaman.
  • Menggunakan pestisida alami ataupun kimia. Pestisida alami bisa dengan memanfaatkan daun tomat dan pestisida kimia dengan Buldok, Tamalon, atau Lannate.

Ulat Grayak

Ulat grayak merupakan salah satu ulat yang juga akan sangat merugikan tanaman Anda. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan ulat ini akan memberikan dampak yang sama dengan ulat bulu, yaitu akan membuat daun pada tanaman Anda menjadi tidak sempurna lagi dan bahkan bisa juga tinggal tersisa tulang daunnya saja. Tidak hanya itu saja, ulat grayak juga akan memakan buah tanaman Anda, sehingga membuat buah tanaman menjadi cepat busuk.

Bagaimana cara mengatasi ulat grayak?

  • Cara paling mudah untuk menghindari ulat grayak adalah dengan menjaga kebersihan kebun Anda dan bersihkan sisa-sisa daun kering secara berkala. Kebun yang kotor dan memiliki banyak sisa-sisa tanaman merupakan sarang bagi ulat grayak.
  • Berikan perangkap UGRATAS. Dengan perangkap ini, maka nantinya ulat grayak jantan akan tertarik untuk masuk ke perangkap, karena UGRATAS ini merupakan zat perangsang seksual untuk serangga. Cukup masukkan perangkap ini ke dalam botol bekas air mineral, kemudian lubangi tutupnya untuk jalan masuk ulat.
  • Gunakan pestisida alami maupun pestisida kima.

Cacing Liang

Cacing liang ini merupakan hama yang seringkali terlihat pada tanah yang gembur dan ternyata memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi tumbuh kembang tanaman Anda. Cacing jenis ini akan menghisap cairan yang terdapat pada akar tanaman Anda secara seketika. Hasilnya, tanaman Anda akan kekurangan unsur hara, sehingga tidak akan bertumbuh dengan baik dan akan menjadi kerdil setiap waktu. Nah jika sudah begitu, maka pembentukan buah dan bunga akan menjadi lambat, serta bunga dan buahnya tidak akan berkembang sempurna.

Bagaimana cara mengatasi cacing liang?

  • Cara paling ampuh untuk mengatasi cacing liang adalah dengan menggunakan Nematisida yang bisa Anda campurkan pada media tanam. Nah, untuk dosisnya sendiri, Anda lebih baik mengikuti anjuran yang ada di kemasan Nematisida.
  • Aplikasikan pestisida alami ataupun pestisida kimia. Nah, untuk mengatasi cacing liang, ada baiknya Anda menggunakan pestisida alami karena ada banyak bahan alami yang ampuh untuk mengusir cacing. Selain itu, pestisida alami sangat aman untuk diaplikasikan ke tanaman Anda.

Siput

Ternyata, hewan yang sering kita anggap tidak berbahaya seperti siput, keong, atau bekicot merupakan salah satu hama yang dapat menyebabkan tumbuh kembang tanaman kesayangan Anda menjadi terhambat. Hal tersebut dikarenakan siput akan memakan daun tanaman, sehingga bentuk daun menjadi tidak sempurna lagi. Oleh karena itu, Anda perlu segera melakukan langkah-langkah dibawah ini untuk mengusir siput dari tanaman Anda.

Bagaimana cara mengatasi siput?

  • Siapkan kulit telur, kemudian remaslah atau pecahkan menjadi bagian-bagian kecil. Setelah itu, taburkan pecahan kulit telur mengelilingi tanaman Anda. Siput merupakan hewan yang akan menghindari permukaan berduri seperti kulit telur yang dipecah kecil-kecil.
  • Cara yang juga mudah adalah dengan menaburkan garam mengelilingi tanaman Anda. Siput merupakan hewan yang anti garam.

Thrips

Thrips merupakan suatu hama yang akan sangat merugikan tanaman. Thrips biasanya akan hinggap di daun tanaman dan kemudian menghisap cairan pada daun, yang membuat daun menjadi mengkerut dan berubah warna menjadi coklat. Selain pada daun, thrips ini juga menjadi salah satu media penyebaran virus pada tanaman. Oleh karena itu, kemunculan hama ini perlu dibasmi sedari dini.

Bagaimana cara mengatasi thrips?

  • Cara paling mudah adalah dengan menyemprotkan pestisida yang memiliki bahan aktif diafentiuron.
  • Selain itu, Anda biasa juga menggunakan perangkap yang bernama IATP atau Insect Adhesive Trap Paper. Caranya adalah dengan menggulung IAPT dan menggantungnya diatas puncak tanaman Anda.

Spidermite

Spidermite juga merupakan hama yang sangat berbahaya bagi tanaman. Hama jenis ini biasanya menyerang pada bagian daun. Nah, hama ini menyerang daun dengan cara menyerap cairan daun, sehingga tanaman akan kehilangan unsur hara yang diperkukan untuk tumbuh. Daun yang sudah disedot habis cairannya akan berubah warnanya menjadi bercak-bercak kuning. Bahkan, serangan hama spidermite secara besar-besaran akan membuat tanaman Anda mati secara cepat.

Bagaimana cara mengatasi spidermite?
Lebih baik, hindari penyemprotan insektida saat berurusan dengan hama satu ini. Hal tersebut dikarenakan spidermite merupakan hama yang kebal terhadap insektisida. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan cairan arkasida untuk mengatasi spidermite.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui berbagai jenis penyakit tanaman dan cara penanggulangannya. Setelah ini, tentu Anda menjadi tahu bukan apa yang harus Anda lakukan jika tanaman hias dan buah kesayangan Anda di rumah diserang hama-hama tersebut? Bebaskan tanaman dari penyakit dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘