5 Jenis Tanaman Paling Ampuh Untuk Obat Asam Urat

Asam urat merupakan suatu peradangan pada sendi yang membuat Anda merasakan nyeri dan perih pada area persendian. Biasanya, penyakit ini disebabkan karena terlalu banyaknya zat yang bernama asam urat di dalam darah Anda. Meningkatnya kadar asam urat dalam darah dipengaruhi oleh gangguan metabolisme dalam tubuh yang diakibatkan oleh berbagai hal atau bisa juga dikarenakan kadar kolesterol yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan faktor penyebab timbulnya penyakit asam urat.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Seperti yang telah disebutkan di atas, asam urat disebabkan karena gangguan metabolisme dalam tubuh atau kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Nah, berikut ini merupakan hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan metabolisme dan meningkatnya kadar kolesterol.

  • Pola Makan yang Salah
    Jika Anda merupakan penyuka makanan seafood, jeroan, atau daging merah, maka sebaiknya batasi asupan makanan tersebut sedari dini. Hal tersebut dikarenakan makanan-makanan tersebut memiliki kandungan senyawa purin yang sangat tinggi. Senyawa purin ini akan meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh secara drastis. Selain itu, senyawa purin yang terlalu banyak di dalam tubuh akan mengganggu kinerja ginjal, dimana ginjal menjadi sangat sulit untuk mengeluarkan kelebihan asam urat di dalam tubuh. Hasilnya, asam urat akan menumpuk di dalam tubuh Anda.
  • Terlalu Banyak Mengkonsumsi Alkohol
    Asam urat juga dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan. Hal ini disebabkan karena mengkonsumsi alkohol akan mempengaruhi kinerja tubuh dalam membuang asam urat berlebih. Alkohol memiliki kandungan kolesterol dan trigliserida yang tinggi, dan kadar kolesterol yang tinggi akan memicu penyakit asam urat.
  • Faktor Genetik
    Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penyakit asam urat dapat terjadi karena alasan genetik. Jika Anda memiliki keluarga atau orang tua dengan riwayat penyakit asam urat, maka tentu saja Anda akan semakin beresiko terkena penyakit asam urat. Asam urat lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan wanita. Orang yang menderita penyakit langka sejak lahir seperti sindrom Kelley-Segmiller dan sindrom Lesch-Nyhan juga akan terkena penyakit asam urat dengan mudah.

Gejala Penyakit Asam Urat

Mungkin Anda sering bingung untuk menentukan apa sajakah indikasi-indikasi yang menunjukkan bahwa Anda terserang penyakit asam urat atau tidak. Berikut ini merupakan gejala-gejala penyakit asam urat yang sering terjadi pada seseorang.

Rasa nyeri, perih, ngilu, dan kesemutan pada area persendian. Bahkan, area persendian Anda akan memerah dan juga membengkak jika asam urat ini sudah meradang. Rasa panas dan sakit pada area persendian yang terjadi pada saat malam hari, dimana rasa sakit tersebut akan bertambah parah seiring berjalannya waktu. Anda merasa sangat kesakitan atau bahkan tidak dapat menggerakkan bagian persendian yang terkena asam urat.

Jenis-Jenis Tanaman Obat Asam Urat

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab dan juga gejala dari penyakit asam urat, tentu saja Anda ingin mengobatinya atau mencegahnya bukan? Metode pengobatan asam urat dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang sangat mudah didapatkan disekitar kita. Berikut tanaman-tanaman herbal yang bermanfaat sebagai obat asam urat.

  1. Kumis Kucing
    Kumis kucing merupakan tanaman yang dinamakan demikian karena bunganya memiliki bentuk yang mirip dengan kumis seekor kucing. Tanaman ini sangat cocok digunakan untuk mengobati asam urat karena:

    • Kumis kucing memiliki sifat diuretik yang dapat membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh melalui air seni atau urin.
    • Kumis kucing memiliki sifat anti-inflammasi, sehingga dapat menyembuhkan peradangan pada persendian akibat penyakit asam urat.

    Jika Anda ingin menggunakan tanaman kumis kucing untuk mengatasi asam urat, cara peramuannya sangat mudah. Anda cukup mengambil sekitar 10 gram daun kumis kucing, kemudian rebuslah daun kumis kucing dengan air. Setelah air mendidih dan sari dari daun kumis kucing bercampur dengan air, Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung. Dianjurkan untuk mengkonsumsi kumis kucing 2 kali sehari pada pagi dan malam.

  2. Daun Salam
    Daun salam merupakan salah satu tanaman yang biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu masakan untuk menambah aroma makanan. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, daun salam juga bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat, karena:

    • Daun salam mengandung banyak antioksidan, diantaranya tannin dan flavonoid yang akan menjaga kesehatan ginjal dan darah dari bahaya asam urat yang dapat menyebabkan penyakit asam urat.
    • Daun salam mengandung senyawa pathenolide yang bermanfaat sebagai agen anti-inflammasi, yang akan menyembuhkan peradangan sendi akibat asam urat.

    Menggunakan daun salam untuk mengatasi asam urat juga mudah, dimana Anda cukup merebus 10 hingga 15 helai daun sirih, kemudian rebus dengan takaran 3 gelas air. Setelah mendidih, Anda dapat mengkonsumsinya langsung sebanyak 2 kali sehari.

  3. Sambiloto
    Sambiloto ini sebenarnya merupakan tanaman liar, namun memiliki banyak manfaat untuk menyehatkan tubuh Anda sehingga di berbagai negara seperti Indonesia, China, atau India, tanaman ini digunakan sebagai obat herbal. Salah satu manfaat sambiloto adalah mengatasi asam urat, karena:

    • Sambiloto mengandung senyawa bernama dehidroandrografolida, neoandrografolida, dan andropolida yang akan merangsang sekresi kortisol. Kortisol merupakan agen anti-nflammasi yang akan menyembuhkan peradangan sendi akibat asam urat.
    • Sambiloto mengandung antioksidan bernama flavonoid yang akan menjaga darah dan ginjal dari ancaman bahaya asam urat di dalam tubuh.
    Menggunakan sambiloto sebagai tanaman herbal untuk mengatasi asam urat sangat mudah. Anda tinggal merebus sekitar 10 gram daun sambiloto ke dalam 5 gelas air. Setelah air mendidih dan sari daun sambiloto bercampur dengan air, Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung 2 kali sehari secara rutin.
  4. Anting-Anting
    Sama seperti sambiloto, tanaman anting-anting merupakan tanaman liar yang bahkan keberadaannya dianggap sebagai gulma bagi sebagian masyarakat. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata anting-anting dapat mengatasi penyakit asam urat dengan ampuh? Berikut ulasannya untuk Anda.

    • Tanaman anting-anting memiliki kandungan asam karbonat yang merupakan antioksidan alami dan dapat mencegah bahaya asam urat bagi ginjal dan darah di dalam tubuh Anda.
    • Tanaman ini mengandung senyawa tanin, dimana menurut berbagai penelitian, senyawa ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh secara alami.

    Menggunakan tanaman anting-anting untuk mengatasi asam urat juga sangat mudah. Siapkan 30 hingga 60 gram anting-anting kering, kemudian rebus dengan takaran 2 gelas air. Setelah anting-anting bercampur dengan air dan air tersebut sudah mendidih, Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung.

  5. Meniran
    Tanaman meniran juga biasanya disebut sebagai tanaman liar. Bagi Anda yang belum pernah melihat tanaman ini, maka ciri khas tanaman ini adalah bentuknya yang mirip dengan tanaman putri malu. Tanaman herbal ini ternyata dapat mengatasi asam urat, karena:

    • Tanaman meniran memiliki kandungan flavonoid yang akan bermanfaat sebagai antioksidan yang akan menjaga kesehatan ginjal dan darah dari bahaya asam urat dalam tubuh.
    • Tanaman meniran juga bersifat diuretik dan mengandung ion K, dimana hal ini membuat meniran dapat mengikat kristal asam urat, kemudian melarutkannya dan mengeluarkannya melalui urin.

    Menggunakan tanaman meniran untuk mengatasi asam urat sangat mudah. Anda cukup menyiapkan 30 gram daun meniran, kemudian rebus dengan menggunakan 4 gelas air. Setelah sari daun meniran bercampur dengan air dan airnya mendidih, maka Anda dapat mengkonsumsinya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Itulah tadi berbagai macam penyebab dan gejala penyakit asam urat serta berbagai jenis tanaman obat asam urat yang paling ampuh. Pada intinya adalah asam urat merupakan penyakit yang dapat Anda hindari. Pastikan bahwa Anda menjaga pola makan yang sehat agar terhindar dari penyakit asam urat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘