10 Macam Tanaman Obat Tradisional dan Kegunaannya

Tanaman obat tradisional – Di era modern saat ini semakin sedikit sekali orang yang menggunakan tanaman obat untuk mengobati penyakit yang dideritanya. Mereka lebih memilih untuk menggunakan obat modern yang mengandung bahan kimia. Padahal bila mengkonsumsi obat dalam jangka panjang bisa menimbulkan penyakit lain atau efek samping yang ditimbulkan. Oleh karena itu, sebaiknya kita lebih baik memilih obat-obatan dari tanaman tradisional yang bisa dijadikan alternatif untuk mengobati penyakit Anda.

10 Jenis Tanaman Obat Tradisional dan Khasiatnya

Ada banyak sekali jenis tanaman obat tradisional atau yang biasa kita sebut dengan obat herbal yang ampuh mengobati penyakit ringan hingga penyakit kelas berat. Selain itu, Tanaman obat tradisional ini juga sudah teruji mampu menghilangkan penyakit dibandingkan dengan obat-obatan yang dicampur dengan zat kimia. Untuk itu bagi Anda yang ingin menanam tanaman obat tradisional berikut kami sajikan untuk Anda.

1.Daun Seledri (Apium graveolens)

Kandungan di dalam daun seledri adalah kalsium, vitamin A, B1, B2, B6, dan C. Daun ini biasa digunakan sebagai masakan, di antaranya seperti memasak sop ayam, bakso dan sejenisnya. Sebagian orang tidak mengetahui akan hasiat dari daun ini, yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, hipertensi, mengobati sakit rematik, mata kering, anemia, batuk, mencegah asma, sembelit, menenangkan syaraf  dan mengatasi obesitas.

2. Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus)

Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini ini sudah lama dikenal sebagai obat tradisional yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kumis kucing bisa dijadikan bahan untuk membuat ramuan herbal dengan racikan dan takaran tertentu. Khasiat utama kumis kucing adalah untuk mengobati penyakit kencing batu dan melancarkan saluran kemih. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati penyakit asam urat, batuk, rematik, masuk angin, diabetes, dan hipertensi.

3. Daun Dewa

Daun dewa biasanya tumbuh subur pada daerah yang memiliki ketinggian 200-1000 di atas permukaan laut. Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 50 cm. Daunnya tunggal bertangkai pendek berbentuk bundar telur berujung lancip. Selain itu, kedua permukaan daun-nya berambut dengan warna putih.

Daun dewa dapat mengobati penyakit kronis. Jenis penyakit yang bisa diobati dengan daun ini di antaranya adalah kanker, tekanan darah tinggi, diabetes militus, wasir, dan pendarahan. Selain itu, tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati luka memar, pembersih racun dan berbagai manfaat lainnya.

4. Pasak Bumi atau Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia Jack)

Tanaman ini sering tumbuh didaerah Kalimantan. Pasak bumi memiliki khasiat yang dapat memperbaiki kadar testosteron pada pria dan menambah gairah sexual pada pria. Selain itu tanaman ini juga mampu menjadi Obat Ejakulasi Dini. Banyak Toko herbal menjual pasak bumi ini biasanya sudah berupa teh, kopi atau berbentuk kering dsb.
5. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Temulawak memiliki bentuk yang sama dengan kunyit namun berbeda manfaat. Beberapa khasiatnya dari tanaman ini adalah untuk mengurangi radang sendi & lemak darah, obat anti kanker, melancarkan, memelihara fungsi hati dan memperlancar pencernaan.

6. Lidah Buaya

Bisa dibilang tanaman ini memiliki banyak manfaat, selain fungsi utamanya untuk kesuburan rambut, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit di antaranya sakit diabetes, serangan jantung, radang tenggorokan, sembelit, dan masih banyak jenis penyakit lain yang bisa diobati dengan tanaman ini.

7. Daun Jarak

Ada banyak khasiat yang tersimpan dari tanaman obat daun jarak yang bisa dijadikan sebagai obat alternatif. Tanaman ini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit gatal-gatal, jamur pada kulit, luka berdarah, rematik, dan bengkak karena luka. Selain itu daun jarak juga bisa digunakan untuk mengobati perut kembung pada anak.

8. Daun Adas

Daun adas sering digunakan sebagai rempah untuk bumbu masakan. Tanaman obat ini mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh di antaranya Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin E, Anisaldehida dan masih banyak lagi yang lainnya. Khasiatnya adalah untuk mengobati anemia, mencegah kanker, mengobati diare, mengatasi sembelit, melancarkan haid, mengobati sakit jantung, mengobati sakit mata, obat sesak nafas dan lain sebaginya.

9. Ginseng

Tanaman ini sering sekali digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran darah dan meningkatkan produksi sel darah merah. Selain itu khasiat lainnya adalah untuk penguat daya tahan tubuh, mengurangi kelelahan, meningkatkan stamina, memperbaiki kondisi mental dan gangguan kejiwaan, menguatkan sistem pencernaan, mencegah iritasi, mengeluarkan racun, serta membantu pemulihan dari penyakit.

10. Mahkota Dewa

Mahkota dewa tergolong masih baru digunakan sebagai obat tradisional, meskipun begitu tanaman ini dapat mengobati penyakit ringan macam pegal-pegal, gatal-gatal dan flu, hingga penyakit berat seperti kanker dan diabetes. Tanaman ini dapat hidup baik pada ketinggian 10 – 1.000 m dpl, penanamannya bisa di dalam pot atau langsung di tanah, pertumbuhannya akan lebih baik bila ditanam di tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘