5 Tanaman Kaktus Hias yang Paling Cantik

Tanaman kaktus merupakan tanaman yang mempunyai duri pada batangnya dan buah yang unik. Kaktus sendiri biasanya digunakan sebagai tanaman kaktus hias ataupun bahan baku industri. Pertama kali Kaktus ditemukan di benua Amerika. Varietas kaktus terbanyak juga berasal dari Amerika.

Nama kaktus sendiri diambil dari bahasa yunani “Kaktoc” atau kaktus yang berarti tanaman liar berduri. Kaktus mempunyai habitat asli digurun. Kaktus merupakan tanaman jenis sukulen yang dapat menampung air dalam batangnya untuk bertahan hidup. Kaktus biasanya juga digunakan oleh industi sebagai bahan baku produk kecantikan dan kesehatan.

Baca juga: 15 Tanaman Hias Gantung yang Cocok di Rumahmu

Tanaman Kaktus Hias

Sekarang ini kaktus sudah banyak dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias. Beberapa varietas kaktus memang dikenal mempunyai batang dan bunga yang unik. Bunga kaktus sendiri mempunyai bermacam-macam warna, tergantung dari varietasnya.

Popularitas tanaman kaktus hias di Indonesia telah. Tetapi kepopulerannya kian meningkat 5 tahun terakhir. Hal itu terbukti sekarang ini kian banyak para penjual serta pembudidaya tanaman kaktus hias ini. Beberapa jenis tanaman kaktus hias paling cantik diantaranya yaitu:

Kaktus Ariocarpus

   Tanaman Kaktus hias pertama ialah kaktus jenis ariocarpus. Jenis kaktus yang satu ini adalah salah satu jenis yang paling unik di antara kaktus lainnya. Kaktus ariocarpus mempunyai bentuk daun yang membentuk prisma, daunnya pun mempunyai bentuk tersendiri.

Bentuk daun ariocarpus ada yang meruncing, melengkung dan tumpul. Jenis kaktus ini mempunyai daun yang indah dengan berbagai warna. Bunga ariocarpus mempunyai warna yang bermacam-macam seperti putih, merah, ungu, pink dan kuning. Keunikan lainnya dari ariocarpus yakni tidak punya duri pada batangnya.

Kaktus Golden Barrel

Tanaman kaktus hias berikutnya yaitu Golden Barrel. Kaktus golden barrel mempunyai bentuk seperti gentong besar di Negara asalnya Amerika. Di Meksiko dan texas kaktus jenis ini bisa mempunyai bentuk yang amat besar.

Meskipun kaktus jenis ini pada negara asalnya bisa mencapai bentuk yang amat besar berbeda dengan di Indonesia, bentuk kaktus golden barrel cuma dapat menyamai besar bola kaki. Meskipun begitu, kaktus jenis ini mempunyai penggemar yang fantastis dan rela membeli kaktus ini dengan harga tinggi.

Kaktus Echinofossulocactus

Kaktus yang namanya sangat sulit untuk disebutkan. Kaktus jenis ini mempunyai batang yang warnanya hijau tua dengan duri tajam yang berada di sekelilingnya. Pertumbuhan kaktus ini amat lambat hampir sama dengan jenis kaktus astrophytum.

Pertumbuhan kaktus ini memang lambat tetapi sesudah berusia 2,5-3 tahun kaktus ini telah bisa berbunga. Bunga kaktus jenis ini mempunyai keindahan dengan warna kuning dan putihnya. Cukup setara dengan waktu menunggunya berbunga kan?

Kaktus Astrophytum

Tanaman kaktus hias jenis ini mempunyai batang yang berbentuk menyerupai buah belimbing ataupun bintang. Untuk jenis kaktus Astrophytum sendiri diprediksi terdapat 100 jenis dalam dunia. Kaktus hias ini adalah jenis kaktus yang gampang berbunga. Bunga Astrophytum juga amat indah ada yang warnanya merah, merah jambu, kuning dan sebagainya.

Pada budidaya tanaman kaktus hias Astrophytum memang mempunyai kekurangan salah satu kekurangannya ialah pertumbuhan batang yang amat lambat. Sehingga apabila Anda berminat untuk merawat jenis kaktus ini dirumah, upayakan beli yang telah mempunyai diameter 5 cm letakkan pada tempat yang bersuhu tinggi. Supaya pertumbuhannya optimal jangan letakkan kaktus jenis ini dibawah sinar matahari langsung.

Kaktus Ferocactus

Tanaman kaktus hias jenis ini mempunyai karakteristik yang berbeda dari kaktus hias lainnya. bentuk kaktus ini bisa mencapai 50 cm dengan duri yang tajam dan kokoh yang menyelimutinya. Bila jenis kaktus lain memakai bunga sebagai daya tariknya, berbeda dengan kaktus ferocactus yang memakai duri yang tajam tersebut sebagai daya tariknya.

Ferocactus mempunyai duri yang tajam dan warnanya merah jambu. Bentuk batang kaktus ini dulat melekuk-lekuk. Supaya kaktus ini bisa mencapai besar maksimum upayakan kaktus ini selalu diberikan perawatan yang ekstra supaya dapat mempunyai bentuk yang sempurna.

Itulah tadi 5 tanaman kaktus hias yang paling cantik. Penilaian tersebut berdasarkan informasi-informasi yang kami dapatkan dan penilaian subjektif kami. Apakah ada dari kalian yang menanam kaktus hias? Jika ada, mungkin bisa berbagi informasi dengan kami di kolom komentar. Terima kasih 🙂

Lihat di sini berbagai jenis tanaman kaktus kami.

2 thoughts on “5 Tanaman Kaktus Hias yang Paling Cantik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA