15 Tanaman Hias Gantung yang Cocok di Rumahmu

Rumah yang banyak tanaman hiasnya bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Pastinya setiap orang menginginkan memiliki rumah yang sedap dipandang oleh siapapun. Oleh sebab itu perlunya tanaman sebagai penghias, apakah itu berupa bunga, daun, buah, ataupun tanaman hias gantung.

Baca juga: 7 Bisnis Tanaman Hias yang Paling Menguntungkan

Tanaman Hias Gantung

Tanaman hias gantung sebenarnya bukanlah sebuah jenis tanaman hias, melainkan hanya sebuah model dalam dekorasi tanaman rumah. Tanaman hias gantung ini bisa berasal dari tanaman hias bunga, daun, ataupun buah. Tapi ingat, tidak semuanya bisa menjadi tanaman hias gantung, hanya tanaman tertentu saja antara lain:

1. Tanaman Anggrek

Anggrek, salah satu tanaman hias terbaik. Tanaman anggrek akan mempunyai keindahan bunga tatkala mendapat dukungan yang mirip keadaan di habitat alam aslinya. Berdasarkan tempat tumbuhnya, tanaman anggrek mempunyai ribuan jenis anggrek yang terbagi dalam anggrek saprofit, epifit, terestrial, dan brassavola.
Anggrek juga dapat hidup tanpa menempel pada pohon atau tanaman lain, yaitu dengan digantung.

Ada beberapa cara, yaitu pertama ialah batang tanaman anggrek diikit dengan kawat atau tali plastik lalu digantungkan di atas teras. Lalu cara lainnya dengan menggantungkan dengan memberi keranjang atau pot, apakah dari keramik atau kayu yang didalamnya telah terdapat tanaman anggrek, dan bagian akar yang menggantung diberi sphagnum moss sampai padat untuk menjaga kelembapan tanaman.

2. Tanaman Begonia

Begonia ini adalah tanaman hias yang gampang berbunga. tampilan dari bunga begonia mirip dengan bunga mawar. Bunga ini juga cocok digantung. Tanaman hias ini juga merupakan tanaman asli daerah tropis dan subtropis.

Dalam perawatannya, harus memperhatikan tempat dan penyiramannya. Ketika musim kemarau/panas, sebaiknya tanaman hias ini ditempatkan ditempat yang sedikit teduh. Meskipun tanaman hias begonia ini suka dengan sinar matahari langsung, media tanam yang baik begonia ini yaitu tanah yang lembap.

3. Tanaman Black Eyed Susan Vine

Merawat tanaman hias Black Eyed Susan Vine tergolong mudah. Bagian tengah nya cukup padat dan berwarna sedikit gelap, sekelilingnya dikelilingi oleh daun bunga. Tanaman hias ini juga disebut sebagai Thunbergia Alanta. Tanaman hias ini termasuk tanaman yang amat popular dikalangan tanaman hias yang digantung disetiap rumah-rumah yang mempunyai tanaman hias gantung.

4. Tanaman Bowiea Volubilis

Tanaman Bowiea Volubilis ini adalah tanaman yang masih mempunyai hubungan dengan bawang-bawangan. Bentuknya yang cantik dan merambat sangat cocok untuk menjadi tanaman hias gantung. Tanaman ini dapat hidup di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

5. Tanaman Geranium

Tanaman geranium cukup popular. Geranium merupakan bunga tanaman hias yang mempunyai warna mencolok dominan merah. Tanaman hias ini akan sangat cantik bila di pajang di rumah dengan digantung. Warnanya yang mencolok cocok untuk menjernihkan kepala saat sedang pusing atau stres.

Geranium mempunyai nama asli Pelargonium. Sesungguhnya geranium itu tanaman yang tidak disenangi nyamuk atau tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini mempunyai sekitar 200 spesies.

6. Tanaman Lantana

Tanaman hias yang satu berasal dari daerah asli wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Normalnya tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.700 m dpl. Tanaman ini bisa menghasilkan nektar yang bisa memancing kupu-kupu ke taman atau pekarangan rumah Anda, dan bisa membuat suasana menjadi lebih indah dan menarik.

7. Tanaman Zygo Cactus

Tanaman hias Zygo Cactus adalah tanaman yang sangat senang dengan sinar matahari pagi, dan juga tumbuh baik pada kelembapan yang tinggi. Meskipun pertumbuhannya juga terbilang lambat, tetapi saat waktu berbunga kuncupnya berbunga dengan bersamaan. Tentu hal ini akan memberi keindahan di halaman rumahu jika Anda menanamnya.

8. Tanaman Portulaca

Tanaman ini amat cocok digantungkan untuk memperidah halaman rumah Anda. Tanaman hias portulaca memiliki pertumbuhan cukup lambat. Walaupun begitu, bunga yang tumbuh akan terlihat sangat cantik nan indah, tentu ini sebanding dengan wakti tunggunya.

Klik untk lanjut ke halaman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA