7 Bisnis Tanaman Hias yang Paling Menguntungkan

Saat ini model bisnis sudah mulai banyak, mulai dari jenis bisnis mainstream hingga bisnis online. Modelnya pun sudah bermacam-macam. Beberapa bisnis tersebut ada yang bertahan lama, tapi tidak sedikit juga yang mati karena tidak berprospek bagus atau hanya bisnis musiman, misalnya bisnis batu akik. Lantas bisnis tanaman hias yang paling menguntungkan apa?

Dari beberapa pilihan bisnis yang beredar, sangat banyak bisnis yang sebenarnya sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang cerah. Namun sayangnya kurangnya inisiatif dari para pengusaha muda dan keterbatasan informasi yang ada, maka peluang bisnis tersebut hanya menjadi sebuah “bola mati”.

Mengapa kami sebut “bola mati”? karena seperti halnya dalam sepakbola, bola tersebut sudah dalam posisi “menendang” yang bagus tapi ironisnya tidak ada eksekutor yang tepat untuk mengambil peluang itu.

Bisnis Tanaman Hias yang Paling Menguntungkan

Jika orang bertanya pada kami, peluang bisnis apa yang menguntungkan? maka akan kami jawab; “banyak usaha yang bagus ada pada bisnis tanaman hias”. ya, bisnis ini belum banyak yang menggelutinya secara professional, padahal potensinya cukup besar. Mulai dari puluhan hingg ratusan jta perbulannya bisa dihasilakn dari bisnis ini.

Di sini kami akan berikan beberapa usaha tanaman hias yang menguntungkan dan berprospek cerah, 6 di antaranya yaitu:

1. Usaha Tanaman Hias Bunga Mawar

Tidak dipungkiri lagi, bisnis bunga mawar menjadi bisnis tanaman hias yang paling menguntungkan. Bagaimana tidak, dalam usaha tanaman hias bunga mawar setidaknya ada 3 model usaha. Yaitu; penjualan bibit bunga mawar, penjualan bunga mawar dalam pot, dan yang paling banyak dicari yaitu bisnis bunga potong bunga mawar.

Bahkan katanya ada pengusaha yang bisa meraup 20 juta dalam sebulan hanya dari bisnis bunga mawar potong rumahan saja. Tidak tanggung-tanggung, potensi usaha tanaman hias bunga mawar bisa mencapai ratusan juta per bulannya.

2. Bisnis Tanaman Hias Bunga Anggrek

Saingan bunga mawar sebagai tanaman hias favorit masyarakat. Bahkan di Indonesia, anggrek lebih sering dijumpai di rumah-rumah ketimbang bunga mawar. Karena banyaknya penggemar bunga inilah sehingga bisnis bunga anggrek menjadi salah satu bisnis tanaman hias yang menguntungkan.

Setidaknya bisnis bunga mawar memiliki 2 model usaha, yaitu penjualan bibit bunga anggrek dan penjualan bunga anggrek yang sudah dewasa. Potensi bisnis tanaman anggrek juga sangat besar. Walau begitu, potensinya masih di bawah bunga mawar karena bunga anggrek tidak dijual sebagai bunga potong

3. Usaha Tanaman Hias Bunga Matahari

Siapa bilang hanya anggrek dan mawar yang menjadi favorit tanaman hias? Bunga matahari memiliki penggemar tersendiri sebagai tanaman hias. Warnanya yang cerah menjadi pemikat hati pencinta bunga. Mudahnya perawatan bunga matahari pun menjadi keunggulan tersendiri.

Potensi bisnis bunga matahari sebagai tanaman hias memang masih kalah dibanding bunga anggrek dan bunga mawar. Mungkin hanya puluhan juta perbulannya.

Baca lebih lanjut di sini: 3 Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Matahari

4. Usaha Tanaman Hias Bunga Melati

Inilah salah satu bunga yang juga memiliki paling banyak penggemar selain bunga mawar dan anggrek. Keindahan dan bentuknya yang elegan menjadi pemikat tersendiri. Potensi bisnis bunga melati sebagai tanaman hias juga cukup besar seperti bunga mawar.

Setidaknya untuk bisnis tanaman, bunga melati setidaknya mempunya 3 model usaha, yaitu; penjualan melati sebagai bibit, penjualan melati sebagai tanaman hias, dan yang terakhir penjualan bunga melati sebagai bunga potong (biasanya untuk keperluan acara/ bunga tabur).

Baca lebih lanjut di sini: 3 Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Melati

5. Bisnis Tanaman Hias Bunga Kamboja

Bunga yang cenderung dikeramatkan orang-orang dan menjadi lambang kematian, bunga kamboja. Bunga ini sering ditemukan di pemakaman-pemakaman umum. Hal itulah yang membuat bunga ini malah bergeser menjadi bunga “kematian”.

Padahal sebenarnya bunga kamboja tidak kalah indahnya dengan tanaman hias bunga yang lainnya. Potensi bisnisnya pun cukup besar. Bisa dilakukan penjualan bibit bunga kamboja, pohon bunga kamboja, hingga kamboja bonsai.

Baca lebih lanjut di sini: 4 Peluang Bisnis Bunga Kamboja Beserta Tipsnya

6. Usaha Tanaman Hias Pohon Bonsai

Bisnis pohon bonsai menjadi bisnis tanaman hias yang paling menguntungkan. Harganya yang mahal dan pelanggannya yang merupakan orang-orang dari kalangan ekonomi menengah keatas tentu menjadi sebuah nilai plus. Kelebihan lainnya yaitu tanaman hias bonsai bisa dari berbagai macam tanaman.

Potensinya sangat besar, ratusan juta hingga miliaran bisa dihasilkan dari penjualan bonsai ini jika anda benar-benar sudah mempunya jaringan bisnis yang bagus. Model variasi pohon bonsai pun cukup banyak. Mulai dari pohon kelapa, bunga azalea, bunga kamboja, bunga bougenville, pohon cemara dan lain sebagainya, bisa menjadi tanaman bonsai.

7. Usaha Sewa Tanaman Hias

Sekarang banyak sekali yang membutuhkan tanaman hias dalam sebuah acar atau event. Biasanya yang paling sering yaitu acara pernikahan atau ritual keagamaan.

Nah, karena hal itulah maka bisnis sewa tanaman hias ini cukup berprospek bagus. Anda yang memiliki jiwa bisnis harus bisa memanfaatkan peluang ini.

Nah bagaiamana? Bingung memilih bisnis tanaman hias yang akan diambil? Sebaiknya pilihlah sesuai dengan kemampuan anda. Pelajari baik-baik cara menanam dan merawatnya sebelum mengeksekusi, agar bisnis anda tidak mergi nantinya. Salam wirausaha.

Lihat di sini berbagai jenis tanaman hias bunga kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA