7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

Kangkung menjadi salah satu sayuran yang kerap kali dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Anda tentu juga sering kan, memasak tumis kangkung yang bisa divariasikan dengan berbagai macam daging ini?

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman bernama ilmiah Ipomoea reptans, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan water spinach ini memang sangat lezat. Dibalik rasanya yang lezat, manfaat kangkung pun tidak kalah banyak. Berikut kami ulas 7 di antaranya:

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Kabar baik untuk para penderita diabetes, kangkung sangat aman untuk dikonsumsi, juga untuk Anda yang menjaga agar anggota keluarga terhindar dari penyakit gula ini.

Zat-zat yang terkandung di dalam kangkung setelah dimakan akan dicerna tubuh menjadi zat yang membatasi penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga kadar gula dalam darah tetap stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

  1. Mencegah Kekurangan Darah (Anemia)

Anda tentu pernah mendengar bahaya kekurangan darah bagi tubuh. Badan menjadi lemah, lesu, kepala terasa berkunang-kunang dan jika sudah parah bahkan seseorang dapat pingsan.

Anemia disebabkan oleh kurangnya hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin terbentuk dari zat besi dari nutrisi yang diterima tubuh. Sementara itu, kangkung cukup banyak mengandung zat besi. Dalam 100 gram kangkung, bisa terdapat 1,5 mg zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah anemia.

  1. Mengobati Ambeien

Sebagai sayuran berdaun hijau, tentunya kangkung sangat kaya akan serat yang selain dapat melancarkan pencernaan, juga dapat mengobati terjadinya ambeien, atau meradangnya pembuluh darah di sekitar anus bagian rektum.

Untuk mengobati ambeien, Anda dapat memanfaatkan akar kangkung yang tersisa saat kangkung dimasak. Ambil kira-kira 3 genggam akar kangkung dan rebus dengan tiga gelas air. Biarkan air mendidih dan tersisa hingga sepertiganya. Saring dan minumkan airnya kepada penderita ambeien dua kali sehari.

  1. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Kangkung mengandung vitamin A dan C dan beta-karoten yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, yaitu zat yang memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Nutrisi tersebut juga mampu mencegah kolesterol yang dapat teroksidasi pada pembuluh arteri di bagian jantung. Penyumbatan ini seringkali menjadi penyebab seseorang terkena penyakit jantung atau stroke.

Selain itu, tahukah Anda bahwa kangkung juga mengandung zat folat? Folat juga dapat mengurangi kadar homosistein pada tubuh yang jika dalam jumlah banyak dapat menyebabkan penyakit jantung. Magnesium, mineral yang banyak terdapat pada kangkung juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Menyehatkan Mata

Beta karoten di dalam kangkung merupakan zat yang kemudian dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Anda pasti sudah familiar bahwa vitamin A ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata serta kejernihan penglihatan.

Selain itu, kandungan lutein yang terdapat pada kangkung juga membantu menyehatkan mata. Kangkung juga dapat merangsang peningkatan kadar glutation yang sangat penting untuk mencegah katarak.

Jadi, jika Anda tidak ingin anak-anak sudah menggunakan kaca mata saat usianya masih remaja, ada baiknya untuk membiasakan keluarga mengonsumsi sayur kangkung.

Baca Juga : Cara menanam kangkung secara hidroponik

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Dengan keberadaannya yang sangat mudah ditemui di segala musim dan harga yang tidak mahal, mengonsumsi kangkung menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan berbagai nutrisi di dalamnya seperti vitamin A, C, B6, kalsium, natrium, kalium, dan zat besi mampu memerangi zat racun yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Berbagai anti oksidan yang terdapat dalam kangkung dapat membantu Anda untuk mencegah terjadinya penuaan dini, seperti terlihatnya kerutan-kerutan pada kulit akibat serangan radikal bebas. Daripada Anda menggunakan berbagai kosmetik dari bahan-bahan buatan, tentu yang alami lebih aman dan murah, bukan?

Itulah tadi berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi kangkung. Sudah terpikir untuk memasak kangkung hari ini? Yuk laksanakan, Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘