7 Tanaman Hias Tahan Panas dan Mudah Dirawat

Tanaman hias menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan bagi sebagian orang. Menanam tanaman hias bahkan menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi pencinta keindahan rumah. Tapi sayangnya tidak semua tanaman mudah dirawat. Banyak tanaman yang tidak bisa sering terkena paparan sinar matahari langsung, maka dari itu Anda perlu memilih tanaman hias tahan panas dan mudah dirawat.

Walaupun menyenangkan tetapi tidak setiap orang telaten untuk mengurus tanamannya sehingga tanaman hiasnya layu dan akhirnya mati. Dengan kondisi di Indonesia cuma terdapat dua iklim dan suhu di Indonesia juga relatif tinggi maka tidak seluruh tanaman hias dapat hidup tanpa disiram tiap hari.

Baca juga: 15 Tanaman Hias Gantung yang Cocok di Rumahmu

Tanaman Hias Tahan Panas dan Mudah Dirawat

Pada sesi sebelumnya kita pernah membahas tanaman hias dalam ruangan, dan ternyata ada tanaman hias tahan panas yang bisa hidup subur dan tumbuh indah. Oleh sebab itu kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa jenis tanaman hias yang tahan panas dan mampu bertahan dalam keadaan matahari yang terik.

1. Kaktus

Tidak diragukan dan terbantahkan lagi, kaktus merupakan tanaman khas padang pasir sehingga maklum saja tanaman ini meupakan tanaman hias tahan panas dan bisa bertahan pada suhu yang amat ekstrem sekalipun.

Tanaman ini mempunyai cadangan air di dalam batangnya sehingga tanaman ini bisa bertahan pada keadaan cuaca yang panas. Sekarang ini kaktus sudah banyak dikembangkan menjadi tanaman hias contohnya saja kaktus mini. Tanaman kaktus hias juga banyak yang mempunyai harga fantastis sebab keunikan dan keindahannya.

2. Bunga Kamboja

Kamboja biasa ditemukan di tempat pemakaman, makanya tanaman ini sangat ientik dengan kematian. Tetapi tanaman ini juga merupakan tanaman hias yang bisa ditanam di pekarangan rumah sebagai penghias. Yang menggembirakannya ialah karena bunga kamboja ini merupakan tanaman hias tahan panas.

Kamboja populer dengan kemampuan bertahan hidupnya meskipun pada cuaca yang panas dan tanpa perawatan sekalipun. Salah satu varietas bunga kamboja yaitu kamboja jepang juga merupakan tanaman hias yang paling banyak digemari para pencinta bonsai dan tanaman hias. Oleh sebab itu banyak orang yang menyenangi tanaman hias yang satu ini.

3. Pohon palem

Dulu pohon palem dianggap sebagai tanaman penggangu, tapi sekarang tidak lagi. Tanaman ini sudah banyak dijadikan tanaman hias di rumah. Palem menjadi sangat populer karena gampang ditanam dan dirawat. Tanaman ini sering dijumpai sebagai penghias jalan-jalan di kompleks perumahan, taman atau halaman rmah rumah.

Bentuknya yang cantik, besar dan daunnya yang rimbun cocok bagi yang suka dengan halaman rumah yang adem. Tentu saja tanaman ini sangat tahan terhadap sengatan matahari langsung dan panas yang terik. tanaman ini juga merupakan tanaman hias yang mudah dirawat

4. Bougenville

Bunga Bougenville atau biasa disebut bunga kertas merupakan tanaman hias yang perawatannya sangat mudah bahkan dapat hidup walau tanpa perawatan. Tanaman bougenville sangat sesuai ditanam di kawasan yang beriklim tropis seperti pada Indonesia.

Tanaman ini bisa tumbuh sampai 10 meter tingginya. Tanaman ini mempunyai bunga yang seperti kertas dan pada musim kemarau bunganya dirontokan untuk meungarangi penguapan. Oleh sebab itu tanaman ini merupakan tanaman hias tahan panas dan dapat hidup pada daerah yang terik.

5. Lili Paris

Lili Pris (Chlorophytum Comosum) meupakan Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan.. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang cantik dan merupakan tanaman yang cepat pertumbuhannya. Tanaman ini cocok jika ditanam di pinggir taman atau sebagai penghias pagar. Tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman gantung.

Tanaman ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya, dan tanaman ini bisa tumbuh di tempat yang panas, dingin, sejuk, ataupun cuaca ekstrem (maklum, daerah asalnya kan afrika), sehingga menjadikan lili paris sebagai tanaman hias yang mudah dirawat.

6. Bunga Euphorbia

Tanaman hias ini adalah tanaman hias yang mudah dirawat atau bahkan tanpa perawatan pun tanaman hias ini tetap bisa tumbuh subur. Bentuknya yang lucu dan warnanya yang cantik membuat bunga ini cukup banyak disukai.

Tinggi bunga ini hanya dapat mencapai 15 cm. oleh sebab itu, tanaman ini cocok jika ditanam di pot. Euphorbia mirip dengan bunga kamboja yang bisa tumbuh subur bila ditanam pada tempat terbuka dan terpapar cahaya matahari langsung.

7. Lidah Mertua

Lidah mertua atau biasa disebut sansivieria merupakan tanaman hias yang cukup terkenal diberbagai kalangan sebab keunikan dan manfaatnya. Tanaman ini banyak dijadikan sebagai hiasan di bagian dalam rumah sebab lidah mertua merupakan tanaman yang bisa tumbuh subur dalam keadaan kekurangan air sekalipun.

Ketahanannya terhadap sinar cahaya matahari menjadikan sansivieria menjadi tanaman hias tahan panas. Lidah mertua atau devil tongue’s/snake tongue’s  mempunyai daun yang keras dan tegak keatas dengan bagian ujungnya meruncing persis seperti bentuk lidah.

Sekian info mengenai tanaman yang mudah dirawat dan tahan panas yang bisa kami berikan.

Lihat di sini berbagai jenis tanaman hias tahan panas kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA