Aneka Jenis Tanaman Hias Daun untuk Indoor dan Outdoor

Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang dapat ditanam untuk memperindah rumah Anda, mulai dari jenis tanaman hias daun hingga tanaman hias bunga. Untuk jenis tanaman hias daun ada yang dapat ditanam di indoor dan ada juga tanaman hias daun outdoor. Selain itu berdasarkan tempatnya tanaman hias ada yang dapat digantung dan ada yang langsung ditanam di tanah atau pot.

Sebagian besar dari Anda mungkin akan kebingungan memilih jenis tanaman hias daun apa yang cocok untuk ditanam di dalam rumah ataupun di taman. Ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan pemahaman Anda mengenai jenis tanaman hias yang cocok untuk indoor dan outdoor. Hal tersebut masih wajar, karena tidak semua tanaman hias dapat ditanam di semua tempat untuk memperindah rumah.

Tanaman Hias dalam Ruangan (Indoor)

Beberapa jenis tanaman hias dapat ditanam di dalam ruangan atau indoor, asalkan seluruh kebutuhan pertumbuhannya dapat terpenuhi. Ruangan yang digunakan untuk menanam tanaman hias harus bisa memberikan cahaya bagi tanaman misalnya apabila sinar matahari tidak dapat masuk dapat diberi cahaya lampu selama 24 jam. Akan tetapi ada beberapa jenis tanaman yang adaptif di dalam ruangan walaupun terbatas sinar matahari. misalnya: lidah mertua (Sansevieria trifascita), rambung merah (Ficus elastica), dan sebagainya.

Pada umumnya orang jarang menggunakan satu jenis tanaman hias indoor sepanjang masa hidup tanaman tersebut, tanaman akan segera digantikan jika tanaman itu tua/ tidak menarik untu dipandang. Beberapa jenis tanaman dapat berubah penampilannya pada waktu muda dan tua, tanaman yang indah hanya pada waktu muda, akan segera digantikan, jika tanaman tua. Itu sebabnya tanaman indoor selalu diganti, berdasarkan bagaimana penampilannya dalam mendukung keindahan dekorasi ruangan.

Beberapa alasan pemilihan jenis tanaman hias tertentu yang digunakan sebagai penghias ruangan adalah tanaman yang mempunyai daya pikat atau nilai estetika. Keindahan nilainya dapat terletak pada daun ataupun bunganya. Inilah yang membuat tanaman hias daun dapat menghiasi ruangan Anda, namun pemilihan tanaman juga menyesuaikan besar kecilnya ruangan dan warna.

Contoh Tanaman Hias Daun Indoor

1.Tanaman Daun Calathea

Calathea Makoyana

Tanaman hias calathea yang sangat digemari adalah jenis calathea violacea dan lutea serta yang lainnya. Salah satu keindahan yang ditawarkan oleh tanaman hias ini adalah warna dari daunnya yang belang-belang. Dan ada jenis dari calathea yang memiliki corak daun yang sangatlah indah, bahkan mirip dengan warna dari bulu merak dan itu adalah tanaman calathea Makoyana.

2. Tanaman Hias Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Tanaman Hias Lili Paris

Tanaman hias ini merupakan jenis tanaman semak yang biasanya digunakan untuk border atau listing, kendati demikian tanaman hias daun ini juga akan cocok dijadikan tanaman hias indoor, karena tanaman ini bisa membersihkan udara dalam ruangan. Bentuknya yang sangat menarik dengan bunga putih membuat tanaman hias daun satu ini akan terlihat semakin indah. Lili paris juga cocok digunakan sebagai tanaman hias gantung.

3. Sansivera atau Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua

Tanaman hias sansivera cukup baik untuk ditanam dalam ruangan. Perawatannya juga sangat mudah, tanaman hias indoor ini tak memerlukan perawatan khusus seperti bunga hias yang harus diatur kelembaban udaranya. Tanaman hias sansivera cepat berkembang. Jadi jangan ragu menanam tanaman hias yang satu ini.

4. Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya

Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan Lidah buaya. Tanaman ini juga dapat ditempatkan di indoor karena bermanfaat yang mampu untuk menyerap polutan udara kotor. Bukan hanya itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk menyuburkan kesehatan rambut.

5. Bambu Jepang

Tanaman Jambu Jepang Indoor

Tanaman hias bambu jepang (Draceena Godseffiana) merupakan jenis bambu jepang yang spesifik. Pada permukaan daunnya terdapat bintik-bintik kuning dengan goresan garis kuning yang membujur di bagian tengah daunnya. Warna dasar dari daun bambu jepang adalah warna hijau pudar. Tanaman hias daun bambu jepang juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias dalam pot dan diletakkan di sudut ruangan rumah Anda. Salah satu kelebihan dari tanaman hias daun ini adalah tahan terhadap ruangan yang ber-AC.

Tanaman Hias Luar Ruangan (outdoor)

Untuk jenis tanaman hias luar ruangan ada banyak pilihan jenis dan keindahannya, tergantung pada pilihan media tempat Anda menanam dan lanskapnya. Dalam hal ini Lanskap memiliki makna penggunaan tanaman hias outdoor yang berfungsi untuk menambah keindahan atau lainnya. Penanaman di luar ruangan dapat menggabungkan beberapa jenis tanaman, ataupun hanya satu jenis tanaman hias daun.

Contoh Tanaman Hias Outdoor

1. Palem Kuning

Tanaman Palem Kuning

Tanaman hias daun outdoor pertama adalah palem kuning. Tanaman ini banyak disukai oleh pecinta tanaman hias untuk diletakkan di rumahnya. Tanaman palem sangat cocok di iklim tropis dan subtropis yang unik dari tanaman ini mampu ditanam di tempat teduh maupun di bawah sinar matahari langsung.

2. Tanaman Aglonema atau Sri Rejeki

Tanaman Aglaonema

Tanaman hias sri rezeki mempunyai bentuk daun yang lonjong, berwarna hijau, dihiasi bintik-bintik dan garis berwarna abu-abu keperakan. Tanaman hias aglonema mudah untuk ditanam tanpa perawatan intensif, namun membutuhkan cahaya yang tidak langsung serta lingkungan yang cukup lembab. Ada banyak sekali  jenis dari tanaman hias daun aglaonema dengan berbagai corak warna yang menawan.

3. Kuping Gajah (Anthurium)

 

Tanaman Anthurium

Tanaman hias anthurium juga dikenal dengan daun kuping gajah, tanaman hias daun ini cukup populer untuk dijadikan tanaman hias indoor dan outdoor. Bentuk daunnya yang lebar dan menyerupai telinga gajah adalah alasan mengapa kemudian disebut sebagai Tanaman Kuping Gajah.

4. Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

Tanaman Keladi

Keladi Red Star memiliki keindahan pada urat daunnya yang berbentuk bintang dan berwarna merah cerah, tangkai daunnya berwarna agak kemerahan (pink) dengan belang-belang hitam. Keladi red star termasuk tanaman yang mudah ditanam, tanaman hias daun ini juga lebih cepat berkembang asalkan media tanamnya tetap dijaga agar lembab. Tanaman hias ini sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar warna merah pada urat daunnya menguat.

5. Tanaman Hias Suplir

Tanaman Suplir

Tanaman hias daun suplir memiliki habitat asli di pinggir-pinggir sungai yang bernaung di pepohonan, karena itu tanaman ini membutuhkan sedikit cahaya untuk bisa tumbuh dengan baik. Jenis tanaman ini juga tidak terlalu banyak membutuhkan air, asal lembab dan tidak basah, tetapi juga tidak kering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘