Binahong dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Apakah Anda tahu tanaman binahong atau Madeira vine? Bagi sebagian orang tanaman binahong mungkin masih asing, namun tanaman binahong atau dengan nama Latin Bassela rubra Linn ini sudah banyak tumbuh di lingkungan kita dengan daun yang lebar berwarna hijau dengan tipe pertumbuhan merambat memanjat. Yang digunakan dari binahong adalah mayoritas daun. Binahong yang kita bicarakan disini adalah binahong hijau, yang berbatang dan daun hijau, bukan gendola atau yang sering disebut sebagai binahong merah.

Dalam bagian tanaman binahong hijau terdapat beberapa kandungan yang bermanfaat seperti : antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang sangat baik untuk kesehatan. Di Negara China daun binahong sudah di konsumsi masyarakat China sebagai obat sejak lama, masyarakat China percaya bahwa daun binahong mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, maka dari itu banyak masyarakat China yang mengkonsumsi daun binahong untuk pengobatan tradisional.

Namun yang menjadi pertanyaan manfaat apa saja yang ada atau terkandung dalam daun binahong, sehingga termasuk kategori tanaman obat terlaris saat ini?

Berikut beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan:
1. Meringankan luka yang berdarah. Kandungan pada daun binahong sangat tepat bila Anda mengalami luka gores, bengkak atau sayatan benda tajam yang dapat mengeluarkan darah, karena dalam daun binahong mempunyai kandungan yang dapat menhentikan pendarahan pada luka.
2. Melancarkan haid. Bila Anda mengalami siklus haid yang kurang teratur, cobalah untuk memanfaatkan tanaman binahong dengan cara rebus beberapa daun binahong dengan air hingga mendidih, lalu saring airnya dan di seduh.
3. Menghilangkan jerawat. Bila Anda mengalami masalah pada jerawat pada wajah Anda, mungkin daun binahong bisa jadi refrensi tambahan pengobatan tradisional untuk Anda, dengan cara : tumbuk hingga halus beberapa daun binahong, lalu oleskan pada wajah yang berjerawat, dalam pemakaian yang rutin akan menghasilkan hasil yang maksimal.
4. Obat mimisan. Daun binahong juga mampu menghentikan mimisan pada hidung, caranya : ambil beberapa daun binahong rebus hingga mendidih lalu saring dan disedug airnya.
5. Penyakit lain. Misalnya untuk diabetes, wasir, dan lainnya.

Binahong selain dikonsumsi daun segar, daun kering, juga dibuat obat herbal dalam bentuk ekstrak ataupun kapsul. Selain untuk kesehatan binahong juga banyak digunakan penggemar burung, untuk burung kenari. Ketika burung kenari ngambek tidak mau berkicau / berbunyi, binahong digunakan untuk merangsang si burung mengeluarkan suara indah lagi.

Lebih jelasnya tentang tanaman Binahong, silahkan Klik disini.

Demikian penjelasan singkat tetang manfaat daun binahong untuk kesehatan (juga penggunaan lain, misalnya untuk burung kenari), ada banyak khasiat binahong yang tidak sempat kami paparkan disini, semoga dapat dipahami dengan baik. Akhir kata, semoga bermanfaat untuk Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link