Cara Menanam Bonsai Murbei

Bonsai dari jenis tanaman murbei ini sangat mudah untuk ditanam, paling mudah tumbuh tetapi sulit untuk mendapat hasil maksimal. Bisa dikatakan bonsai jenis ini susah-susah gampang. Ini terjadi karena daun pada murbei biasanya akan habis karena digerogoti oleh ulat sutera. Wajar saja karena memang daun murbei merupakan makanan dari ulat sutera. Jika Anda membuat bonsai ini maka jangan kaget karena ketika daun tumbuh tiba-tiba akan banyak sekali ulat sutra yang memakan habis daunnya.

Harga bonsai murbei yang ditawarkan sekitar Rp75.000 โ€“ Rp200.000 untuk bibitnya saja. Jika sudah menjadi bonsai dewasa maka harga yang ditawarkan sekitar 1 juta.ย 

Pohon ini berasal dari Cina dan dapat tumbuh baik di daerah dengan ketinggian lebih dari 100 mdpl. Tanaman ini memerlukan banyak sinar matahari. Banyak sebutan untuk tanaman murbei seperti kitau, sangye, maymon, dau tam, morus leaf, morus fruit, mulberry, murbain, dan masih banyak lagi.

Ciri dari pohon ini memiliki tinggi sekitar 9 m, memiliki cabang dan daun yang banyak, jika cabangnya muda maka memiliki rambut halus, daun tunggal dan letak yang berseling, memiliki tangkai dengan panjang 4 cm. Helai daunnya berbentuk bulat telur serta bergerigi pada sampingnya dan daunya berwarna hijau.

Sebenarnya ada 100 jenis murbei yang ada tapi yang terkenal hanaya 6 saja. Di sini kami akan memberikan cara membuat bonsai murbei. Yang harus Anda siapkan adalah lokasi penanaman yang harus memenuhi persyaratan serta iklim yang cocok untuk tanaman murbei. Tanaman ini dapat tumbuh di segala jenis tanah, namun tetap harus diperhatikan keadaan tanah supaya bonsai ini dapat tumbuh subur. Hindari tanah sebagai media bonsai tergenang oleh air karena akan berdampak buruk pada tanaman. Selanjutnya adalah persemaian atau pengadaan bibit ini biasanya menggunakan cara stek karena dianggap lebih berhasil dan mudah untuk dilakukan. Stek yang dibilang dapat dijadikan bibit harus memiliki panjang 20-25 cm, memiliki diameter 1-2 cm dan ruas sekitar 3-4 ruas atau buku. Stek diambil ketika tanaman sudah berumur lebih dari 1 tahun. Kesehatan batang atau tanaman juga harus diperhatikan. Harus dipotong kira-kira 45 derajat. Selanjutnya persemaian murbei dengan menggunakan polybag.

Untuk ukuran yang digunakan adalah panjang 25-30 cm dan lebarnya 15 cm. Isi polybag dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang serta kapur secukupnya. Tanam setiap 1 polybag berisi 1 stek. Anda dapat memindahkan ke lapangan jika stek berusia 3 bulan. Jaga agar tanaman tetap lembab dengan melakukan penyiraman setiap hari.

Selanjutnya proses penanaman bonsai dengan menggunakan sistem lubang. Jarak penanaman biasanya 1 x 0,5 m, 1 x 0,4 m dan 0,5 x 0,5 m. Dengan lubang berukuran 40 x 40 x 40 cm atau 50 x 50 x 50 cm. Jangan sampai lupa untuk memberikan pupuk kandang atau kompos di dasar lubang 2-3 kg per lubang. Bila perlu Anda tambahkan 7 gr kapur per lubang. Saat penanaman jangan sampai lupa untuk merobek plastik polybag lalu ditutup dengan tanah dan sedikit ditekan.

Itulah cara menanam bonsai murbei yang baik dan benar.

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA