Cara Menanam Cabe Hidroponik

rockwoll hidroponik

Menanam cabe hidroponik tidaklah sulit. Bahan yang dibutuhkannya pun tidak sulit, bisa menggunakan peralatan bekas yang ada di sekitar rumah Anda. Saat ini, cara menanam hidroponik sangat digemari oleh masyarakat perkotaan yang tidak memiliki lahan luas untuk menyalurkan hobi berkebun mereka. Nah, bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menanam dengan sistem hidroponik, silahkan baca artikel kami sebelumnya disini.

Cara Menanam Cabe Hidroponik dalam Botol

Kami menawarkan dua cara dalam menanam cabe hidroponik, yaitu cara yang praktis dan cara yang sedikit lebih repot. Berikut langkah-langkah yang harus anda perhatikan dan ikuti;

  1. Menyemai Bibit Cabe Hidroponik

menanam cabe hidroponikSeperti yang telah disebutkan di atas, jika anda mau menggunakan cara sederhana, Anda bisa menggunakan cabe yang sudah ada di dapur sebagai bibit cabe untuk disemai. Namun jika Anda mau menggunakan cara praktis nan modern, Anda bisa memilih cabe kualias terbaik, dengan membeli bibit cabe orange Habanero, yang merupakan salah satu cabe terpedas di dunia. Dengan tingkat kepedasannya hingga mencapai 600.000 SU. Harga yang kami tawarkan adalah 10 ribu rupiah per kemasan dengan isi 3 biji.

Dalam proses penyemaian bibit cabe, Anda bisa menggunakan pot dengan isi campuran tanah dengan pupuk kandang atau kompos ditambah arang sekam, dengan perbandingan 1:1:1, lalu aduk campuran tersebut hingga merata. Kemudian benih di letakan, atur jarak kira-kira 3-5 cm per biji agar pertumbuhannya maksimal. Kemudian taburi bibit yang ditanam tadi dengan tanah secukupnya. Selama proses pertumbuhan berlangsung, semprotkan air secukupnya secara berkala. Proses penyemaian bibit cabe membutuhkan waktu sekitar 5-7 hari.

2. Menyiapkan Media Tanam Hidroponik

rockwoll hidroponikSembari menunggu proses penyemaian berhasil, Anda bisa mempersiapkan media tanam hidroponik. Jangan salah sangka dulu, bahwa setelah proses penyemaian selesai langsung dipindahkan ke media hidroponik. Tidak begitu, anda harus bersabar lebih lama. Proses pemindahan setidaknya hingga umur cabe sekitar 25 hari setelah penyemaian. Jadi akar-akarnya kuat, sehingga mampu beradaptasi dengan media yang baru. Oleh karena itu, media tanam yang digunakan pada sistem hidroponik harus sesuai kadar kelembabannya.

Anda bisa menggunakan campuran serabut kelapa dengan arang sekam dengan perbandingan 1:1. Jika anda ingin yang lebih praktis dan modern, anda bisa menggunakan rockwoll sebagai media tanam, malah anda tidak perlu repot-repot melakukan pemindahan setelah proses penyemaian karena rockwoll bisa langsung digunakan untuk proses penyemaian bibit cabe, dan anda bisa menggunakan kain flanel sebagai sumbunya karena memiliki daya serap tinggi. Sekaligus pupuk hidroponik yang juga kami sediakan untuk memudahkan anda dalam menyalurkan hobi bercocok tanam.

3. Siapkan Tempat Menanam

hidroponik dengan potSecara detail tentang cara menanam hidroponik dengan botol sudah kami jelaskan, Anda juga punya pilihan dengan cara yang lebih praktis, yakni dengan pot hidroponik yang langsung dapat digunakan dari mulai proses penyemaian hingga panen.

Seperti yang tampak pada gambar di samping, pot hanya berukuran 2 inchi dan kami menyediakan 10 pot perpaket, kemudian di isi dengan rocwoll sebagai media tanam untuk proses peyemaian dan pertumbuhan. Sehingga tidak membutuhkan pengawasan ekstra dari anda dalam perawatan tanaman.

 

cara menanam hidroponik dengan pot

Seperti tampak pada gambar di atas, Anda dapat menggunakan tempat air dengan kotak persegi panjang dan papan yang di letakan di atasnya, yang sudah diberikan lubang untuk meletakan pot hidroponik. Dengan media tersebut, Anda hanya perlu mengontrol ketersediaan air yang ada pada bagian bawahnya, jangan sampai air habis, karena dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman cabe.

4. Perawatan Cabe Hidroponik

Menanam cabe hidroponik dengan cara modern akan memudahkan anda dalam perawatannya. Yang anda lakukan hanya mengontrol air jangan sampe kehabisan dan menyemprot daun dengan pupuk langsung pakai yang juga sudah kami sediakan. Untuk menanam hidroponik secara modern dengan semua peralatannya serta bibit cabenya, uang yang harus anda siapkan tidak lebih dari 100 ribu rupiah. Sangat terjangkau bukan? Pada setiap kemasannya, kami juga memberikan petunjuk penggunaan, sehingga memudahkan anda dalam proses pengaplikasiannya.

Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu, silahkan hubungi kami melalui no telp dan kontak yang sudah tersedia!

 

Selamat Mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *