Daftar Sayuran Berserat Tinggi

Tahukah Anda? Makanan atau sayuran yang berserat tinggi bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, maka dari itu Anda perlu mengetahui daftar sayuran berserat tinggi yang baik untuk dikonsumsi sehari-sehari, terlebih jika Anda hobi berkebun, Anda bisa menyalurkan hobi plus mendapatkan manfaat dari sayuran berserat tinggi yang ditanam.

Daftar Sayuran Berserat Tinggi

Berikut ini daftar sayuran berserat tinggi yang baik untuk kesehatan pencernaan:

1. Daun Selada

 

Daun selada mengandung serat sebanyak 0,6 gram per 100 gram bahan. Daun selada juga mengandung provitamin A (karotenoid), kalium, dan kalsium. Sayuran ini bisa digunakan untuk memperbaiki organ dalam, mencegah panas dalam, melancarkan metabolisme, membantu menjaga kesehatan rambut, mencegah kulit menjadi kering, dan mengobati insomia (sulit tidur).

Lihat di sini benih daun selada yang kami jual.

2. Mentimun Kecil

Serat dalam mentimun kecil, sekitar 0,5 gram per 100 gram bahan. Vitamin dan mineral yang ada dalam mentimun kecil di antaranya vitamin C, kalium, fosfor, kalsium, dan magnesium. Mentimun kecil biasa dimanfaatkan untuk menghilangkkan panas dalam, melancarkan sistem pencernaan, menghaluskan kulit, serat menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Seledri

 

Seledri bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan, menurunkan tekanan darah, menetralkan asam tubuh, menstabilkan gula darah, sebagai anti kangker, dan menurunkan kadar kolesterol darah. Seledri mengandung vitamin dan mineral, di antaranya provitamin A, vitamin C, dan kalium. Seledri mengandung serat dengan kadar 1,5 gram per 100 gram bahan.

4. Pare

 

Pare mengandung serat sebanyak 0,8 gram per 100 gram bahan. Pare juga mengandung karatin, asam amino, vitamin C, dan kalsium. Pare bisa dimanfaatkan untuk menyejukkan tubuh pada saat cuaca panas, mengatasi penyakit setroke, diabetes mellitus, penyakit lever, mengobati sariawan, memperlancar ASI, menurunkan kadar kolesterol darah, dan mencegah sembelit.

5. Akar Ubi Jalar

 

Serat yang ada dalam akar ubi jalar sekitar 0,8 gram per 100 gram bahan. Akar ubi jalar juga mengandung vitamin E dan protein. Akar ubi jalar bisa dimanfaatkan untuk membantu pertumbuhan dan memperlambat penuaan.

6. Kubis/Kol

 

Kubis termasuk jenis bahan makanan yang mengandung serat tinggi dengan kadar sekitar 0,9 gram per 100 gram bahan. Zat gizi lain yang terdapat pada kubis di antaranya provitamin A, vitamin C, vitamin E,vitamin B1, vitamin B2, kalium, kalsium, yoodium, dan fosfor. Kubis berkhasiat untuk mencegah penyakit kulit, mengobati penyakit pencernaan kronis, menghambat pertumbuhan tumor, membantu menghilangkan alkohol dalam darah, menurunkan kolesterol darah, sebagai stimulan esterogen, serta mencegah kanker usus dan lambung.

7. Paprika

 

Kandungan serat dalam paprika sangat tinggi,sekitar 1,3 gram per 100 gram bahan. Selain serat, paprika juga mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan silikon. Berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah, memperbaiki kehalusan kulit, menurunkan kadar kolesterol darah, memperkuat sintem anti bodi, dan mengatasi infeksi seluruh pencernaan.

8. Labu Kuning

 

Labu kuning merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung tinggi dengan kadar 2,4 gram per 100 gram bahan. Zat gizi lain yang terdapat dalam labu kuning di antaranya vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, dan betakaroten. Labu kuning bermanfaat untuk menguatkan daya tahan labu, memperlambat proses penuaan, mencegah kangker usus, menjaga kesehatan mata, mengobati gangguan pada ginjal, mengatasi asam urat, mengobati oedema (pembekakan, seperti adanya penumpukan cairan di bagian kaki atau perut akibat busung lapar), serat mencegah kangker.

9. Wortel

 

Kandungan serat dalam wortel tergolong tinggi, yaitu 4 gram per 100 gram bahan. Wortel juga mengandung vitamin A, B, dan C, betakaroten, serta mineral kalium, magnesium dan fosfor. Wortel bermanfaat untuk mengurangi risiko kangker, enurunkan kolesterol darah, menjaga kesehatan mata, memperlancar saluran pencernaan, mencegah konstipasi, dan menjaga kesehatan hati.

10. Bayam

 

Bayam termasuk sayuran berserat tinggi dengan kadar 2,8 gram per 100 gram bahan. Bayam juga mengandung provitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, dan magnesium. Bayam bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia, menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengurangi resiko serangan kanker, mencegah terjadinya diabetes militus, menurunkan berat badan, menurunkan berat badan, dan menurunkan kolesterol darah.

11. Buncis

 

Buncis mengandung serat sebanyak 1,2 gram per 100 gram bahan. Selain itu, buncis mengandung provitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, kalium, dan fosfor. sayuran inibisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah, menstabikan gula darah, mencegah kangker usus besar dan payudara, serta mengobati tukak lambung.

12. Sawi Hijau

 

Kandungan serat dalam sawi hijau sekitar 1,8 gram per 100 gram bahan. Selain serat, sawi juga mengandung vitamin A, Vitamin B, vitamin C, kalium, fosfor dan zat besi. Sawi hijau berkhasiat untuk mencegah kangker, membantu kesehatan sistem pencernaan, serta mencegah dan mengobati penyakit pelagra.

Demikian tadi daftar sayuran berserat tinggi yang sangat cocok dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda, mari hidup sehat.

Lihat di sini daftar bibit benih sayuran kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA