Jenis-Jenis Tanaman Obat Keluarga yang Wajib Ada di Pekarangan Part 1

Seperti yang sudah kita ketahui bersama kalau banyak tanaman yang berasal dari alam yang mampu memberikan manfaat terhadap tubuh manusia, di antaranya adalah menyembuhkan penyakit, menjaga kesehatan dan kondisi tubuh, meningkatkan stamina dan juga manfaat lainnya. Sudah sejak jaman dahulu tanaman obat digunakan sebagai alternatif pengobatan dikarenakan khasiatnya yang cepat dan efektif serta sangat mudah untuk didapatkan termasuk jenis tanaman obat yang akan kami bahas di artikel ini. Tersedia juga di sini produk tanaman herba.

Di Indonesia sendiri yang merupakan negara tropis menghasilkan berbagai macam jenis tanaman obat yang bisa Anda temukan dimana saja. Anda juga bisa menjadikan halaman rumah Anda menjadi ‘apotik hidup’ yang akan menjaga kesehatan keluarga jikalau ada anggota keluarga yang sakit. Hampir semua bagian dari tanaman bisa dijadikan obat seperti akar, daun, buah ataupun batangnya. Contohnya adalah ginseng, lengkuas dan kunyit yang menggunakan akarnya, lalu ada juga tanaman buah naga yang memanfaatkan buahnya sebagai obat penyembuh penyakit dan banyak lagi tanaman yang masing-masing memiliki khasiatnya sendiri.

Daftar Tanaman Obat Herbal Keluarga

Berikut ini jenis-jenis tanaman obat keluarga yang sebaiknya Anda tanam dan miliki dipekarangan rumah. Tentunya dengan memiliki tanaman obat herbal berikut dapat menjaga kesehatan keluarga Anda dengan baik secara alami dan sehat.

Jahe

Jahe merah

Jahe terutama jahe merah merupakan tanaman yang sudah digunakan secara luas sebagai tanaman obat yang memiliki khasiat menyembuhkan masuk angin, batuk, sakit kepala, mabuk kendaraan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Saat ini bahkan sudah banyak ekstrak dari Jahe yang dijual pasar atau toko swalayan. Namun tentunya dengan memiliki sendiri tanaman ini anda tidak perlu repot mencari lagi dan juga menanam tanaman ini tergolong sangat mudah.

Penyajian: Anda bisa mengambil satu atau dua batang Jahe dan menumbuknya namun tidak sampai terlalu halus, kemudian jahe tersebut diseduh kedalam air panas dan didiamkan hingga mengendap.

Kencur

Selain digunakan sebagai salah satu bumbu masakan, kencur juga memiliki khasiat dan manfaat lain diantaranya dapat mengatasi beberapa jenis batuk dan asma, menghilangkan rasa capek dan lelah, memperlancar haid dan juga sebagai anti radang di lambung.

Penyajian: Cara untuk menyajikan kencur hampir sama dengan Jahe yaitu ditumbuk (tidak halus) dan kemudian dimasukan ke dalam air panas hingga kencur mengendap kebawah. Anda juga bisa menyaring kencur yang mengendap dengan saringan.

Daun Dewa

Sebagian dari Anda mungkin ada yang sudah mengenal daun dewa, atau malah baru pertama kali ini mendengarnya. Sesuai dengan namanya, tanaman yang memiliki nama Latin Gynura divaricata ini mengandung banyak zat yang dapat menyembuhkan banyak penyakit dan  juga dapat menjaga kesehatan keluarga. Zat-zat yang terkandung dalam daun dewa antara lain flavonoid, minyak atsiri dan saponin. Zat tersebut memiliki khasiat yang bisa menghilangkan racun pada tubuh, memperlancar aliran darah, obat demam, obat diabetes, meredakan nyeri dan memar serta bisa mengobati tekanan darah tinggi.

Penyajian: Untuk mengobati tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan, rebus 6 hingga 7 lembar daun dewa didalam wadah berisi 3 gelas air hingga mendidih. Sebaiknya minum pada waktu pagi hari dan juga sore hari setelah makan.

Seledri

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang merepotkan, terlebih lagi rasa sakit yang ditimbulkan sangat mengganggu kenyamanan kita. Namun ternyata daun seledri yang biasanya digunakan sebagai bahan penyedap rasa ini bisa digunakan sebagai obat dengan khasiat yang baik. Tanaman seledri dapat mengatasi dan mengurangi penyakit asam urat dan juga bermanfaat sebagai obat cuci ginjal. Jenis tanaman obat ini tergolong murah dan mudah didapat, dan penanaman serta perawatan yang dilakukan juga sangat mudah untuk dilakukan.

Penyajian: Untuk asam urat, 2 tangkai seledri yang masih berdaun direbus didalam wadah dengan 1,5 gelas air putih hingga mendidih. Kemudian air tersebut diminum setelah sarapan pada waktu pagi hari. Anda juga bisa membuat daun seledri menjadi jus agar lebih mudah dan nikmat saat diminum.

Baca juga: 5 Jenis tanaman hias terbaik sebagai pembersih udara

Lidah Buaya

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan jenis tanaman obat keluarga yang lebih dikenal sebagai tanaman untuk kecantikan. Tanaman ini dikenal karena memiliki manfaat yang sangat banyak terutama di bidang kecantikan antara lain bisa menghilangkan jerawat, memperkuat dan menyuburkan rambut, menghilangkan ketombe dan juga menghilangkan flek hitam pada wajah.

Namun ternyata lidah buaya (Aloe Vera) juga memiliki khasiat sebagai tanaman obat. Khasiat dan manfaat yang ada pada tanaman lidah buaya di bidang kesehatan antara lain dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, memperlancar peredaran darah, mempercepat proses penyembuhan setelah operasi, dan juga sebagai anti radang.

Tersedia juga produk lain dari tanaman herba, silahkan Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link