Jenis-Jenis Tanaman Obat Keluarga yang Wajib Ada di Pekarangan Part 2

Di artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai jenis-jenis tanaman obat keluarga yang sebaiknya Anda miliki di pekarangan bagian pertama. Sekarang kami akan melanjutkan dan menunjukkan jenis tanaman obat yang lain yang bisa Anda miliki di halaman rumah dengan perawatan yang terbilang mudah dan murah.

Lihat Daftar Tanaman Obat Keluarga yang Wajib Ada di Pekarangan Part 1

Kunyit (Curcuma)

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman dapur yang sering digunakan sebagai bahan masakan atau bumbu dapur. Selain itu, akar tanaman kunyit mempunyai khasiat yang cukup banyak dan bisa mengatasi banyak penyakit yang bisa menjangkiti manusia. Manfaat-manfaat yang dimiliki oleh kunyit antara lain yaitu; anti oksidan, anti mikroba, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengatasi maag, mengatasi rasa mual dan juga bisa menghilangkan gatal pada tubuh.

Penyajian: Siapkan kunyit kemudian diparut dan diambil sarinya yang berupa air. Bisa juga disajikan seperti Jahe atau Lengkuas yaitu dengan menumbuk kunyit kemudian dicampur dengan air dan aduk. Tunggu hingga kunyit mengendap kebawah atau bisa juga disaring dengan saringan.

Temulawak

Tanaman obat yang satu ini juga sudah sangat dikenal dimasyarakat dikarenakan khasiat dan manfaat yang dimilikinya. Temulawak memiliki zat yang bernama kurkumin yang dapat digunakan sebagai obat radang dan bisa juga sebagai obat hepatitis B dan keracunan di empedu. Temulawak juga bisa menambah nafsu makan si kecil terutama buat anak yang sulit untuk disuruh makan.

Sirih

Jenis tanaman obat keluarga selanjutnya adalah sirih yang memiliki sebutan nama latin Piper betle merupakan tanaman obat yang berasal dari Indonesia. Sirih sejak jaman dahulu sudah digunakan untuk berbagai keperluan, di antaranya sebagai bumbu masakan dan bisa juga digunakan untuk membersihkan dan perawatan gigi. Di bidang kesehatan sendiri daun sirih juga memiliki manfaat yang sangat banyak, antara lain untuk:

  • Membersihkan mata dari kotoran dengan cara merebus daun sirih didalam wadah berisi air, kemudian usap mata dengan air tersebut.
  • Mengatasi bau badan dan bau mulut, selain itu juga sebagai obat herbal untuk keputihan
  • Obat luka bakar, yaitu dengan cara memanaskan daun sirih hingga layu kemudian tempelkan pada luka yang terbakar.
  • Daun sirih juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan pada hidung atau disebut juga dengan mimisan
  • Obat gatal-gatal pada tubuh, dengan cara menumbuk sirih dan balurkan kebagian tubuh/kulit yang gatal
  • Bisa mengatasi masalah haid pada wanita

Jambu Biji

Tanaman buah yang satu ini selain meneghasilkan buah yang enak untuk dimakan, juga bermanfaat untuk kesehatan dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Tidak hanya buahnya namun juga daun dari tanaman jambu biji juga memiliki beberapa khasiat bagi tubuh. Daun jambu biji memiliki manfaat yaitu untuk menyembuhkan diare dan astringensia. Caranya dengan memakan beberapa daun jambu biji atau bisa dibuat dalam bentuk jus.

Selain itu buah jambu biji bisa meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Sangat baik untuk dimakan saat terkena penyakit DBD atau penyakit yang mengurangi kadar trombosit.

Daun Kemangi

Jenis tanaman obat keluarga dan mudah didapat yang terakhir adalah tanaman kemangi atau daun kemangi. Daun kemangi sering disajikan sebagai makanan penutup ditempat makan yang berfungsi untuk menghilangkan bau mulut. Namun selain sebagai penghilang bau mulut, daun kemangi juga bisa menetralisir racun yang mungkin ada pada makanan yang dibakar.

Selain itu daun kemangi bisa memperkuat sistem tubuh, menambah stamina terutama bagi pria, antiseptik yang alami, mencegah bau badan, menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki fungsi hati.

Demikianlah informasi mengenai jenis tanaman obat yang sebaiknya ada di rumah Anda. Untuk melihat daftar tanaman obat dan bagaimana untuk mendapatkannya bisa melihat di tautan di bawah ini.

Beberapa tanaman herba yang dapat ditanam pada pekarangan rumah, coba saja Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA