9 Jenis Tanaman Herba yang Bisa Ditanam Dalam Pot dan Cara Menanamnya

Menanam herba di dalam pot tidak hanya memenuhi kebutuhan dapur Anda di rumah, tapi juga tampilan dan aromanya yang menyegarkan mampu memberikan efek menenangkan.

Jika Anda tinggal di lingkungan perkotaan atau di apartemen bertingkat dengan ruang yang terbatas, maka menanam herba dalam pot adalah pilihan yang tepat. Hampir semua jenis tanaman herba bisa ditanam dalam pot dan mudah dalam hal perawatannya. Pasti sangat menyenangkan bila Anda hendak memasak sup dan tidak perlu lagi membeli bahannya di pasar, cukup petik saja di kebun sendiri.

Jenis Tanaman Herba yang Bisa Ditanam dalam Pot

Nah, berikut beberapa pilihan tanaman herba yang bisa Anda tanam dalam pot:

1. Kemangi/Lemon Basil

Tanaman herba kemangi dalam pot.

Tanaman herba yang banyak dijumpai sebagai bahan lalapan ini ternyata bisa dengan mudah Anda tanam di dalam pot lho. Kemangi atau lemon basil (Ocimum × africanum) memiliki daun yang beraroma khas berpadu dengan aroma limau. Kemangi biasanya dikonsumsi bersama dengan irisan timun, kacang panjang, rebusan kol, dan sambal untuk menemani hidangan ikan goreng atau ayam. Kemangi dapat diperoleh dengan cara klik disini.

2. Seledri

Tanaman seledri yang ditanam dalam pot.

Tanaman kedua yang wajib ada di daftar tanaman herba Anda adalah seledri. Daun seledri banyak digunakan sebagai lalap atau ditaburi di atas makanan berkuah seperti  bakso, bubur ayam, soto dan berbagai hidangan sup lainnya.

Seledri tergolong tumbuhan terna pendek sehingga sangat cocok ditanam dalam pot. Perawatannya pun sangat mudah. Anda bisa memperbanyak tanaman ini dari biji atau melalui anakan.

3. Ketumbar

Tanaman ketumbar dalam pot.

Jenis tanaman herba yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Di luar negeri, ketumbar akrab dijuluki coriander atau cilantro. Buahnya yang berukuran kecil biasanya dikeringkan dan dijual di pasaran. Biji dan daunnya biasa dijadikan bumbu untuk memperkaya citarasa masakan. Anda dapat memperoleh tanaman ketumbar dengan cara [Klik disini].

4. Mint

Tanaman mint dalam pot.

Mint banyak dijumpai sebagai bahan dalam pembuatan pasta gigi, obat batuk, dan juga permen. Meskipun asalnya bukan dari Indonesia, tanaman mint bisa tumbuh dengan baik jika dilakukan dengan perawatan yang benar. Menanam mint dalam pot bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui stek batang dan dari biji. Anda bisa memperoleh bibit dan benih mint di sini.

5. Thyme

Tanaman herba thyme dalam pot.

Thyme bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menanam herba dalam pot. Selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, menanam thyme juga bisa menciptakan nuansa ala Eropa di pekarangan rumah Anda.

6. Sage

Tanaman herba sage dalam pot.

Daun sage memiliki aroma khas yang biasanya ditambahkan pada masakan dan dijadikan bahan obat-obatan. Sage adalah salah satu tanaman dapur yang cocok untuk daerah perkotaan. Sage menyukai kondisi tanah yang tidak terlalu berair dengan pencahayaan sinar matahari dari penuh hingga teduh.

Tanaman ini bisa diperbanyak melalui stek daun dan bijinya. Sebelum memperbanyaknya dari stek Anda harus memiliki tanaman indukan terlebih dahulu yang bisa Anda peroleh di sini.

7. Rosemary

 

Tanaman herba rosemary dalam pot.

Rosemary termasuk tanaman herba yang banyak dijumpai dalam masakan khas Eropa. Rasanya sedikit pedas dan bentuk daunnya menarik, meruncing menyerupai jarum. Menanam rosemary dalam pot sangatlah mudah dan sederhana. Tanamlah rosemary dalam pot yang berdiameter minimal 30 cm untuk memberikan ruang yang cukup bagi akar untuk tumbuh.

Anda bisa memperoleh benih rosemary yang di import langsung dari UK di sini.

8. Kucai

Tanaman bawang kucai dalam pot.

Kucai (chives) bisa menjadi pelengkap tanaman herba Anda di rumah. Kucai atau bawang kucai banyak digunakan sebagai rempah penyedap terutama dalam masakan Tionghoa. Sayuran daun berbunga cantik ini bisa tumbuh dengan baik dalam pot. Daunnya berbentuk pipih dan memiliki aroma khas mirip bawang putih.

9. Oregano

Tanaman herba oregano dalam pot.

Sama dengan kebanyakan jenis herba lainnya, oregano juga sangat mudah untuk ditanam. Oregano atau wild marjoram bisa tumbuh baik di tempat yang terang maupun indoor, potnya bisa Anda letakkan di samping jendela dapur.

Anda bisa memperoleh bibitnya di sini.

Cara Menanam Tanaman Herba dalam Pot

Berikut cara menanam tanaman herba secara umum:

  1. Tentukan tanaman herba yang hendak ditanam. Anda bisa memulai menanam herba dari bijinya atau dengan stek. Untuk menanam dengan cara stek Anda harus memiliki tanaman indukan terlebih dahulu, bisa dari tanaman tetangga atau membeli bibitnya. Baik biji maupun bibitnya bisa Anda dapatkan di toko penjualan benih.
  2. Gunakan pot yang berbeda agar Anda bisa memberi perawatan khusus dan sesuai untuk masing-masing tanaman herba. Jika Anda ingin menanamnya di tempat yang sama, pastikan menanam jenis herba yang memiliki tipe syarat tumbuh yang sama. Pastikan pot memiliki lubang drainase yang baik.
  3. Siapkan media tanam berupa tanah, kompos, dan sekam bakar dengan perbandingan 2:1:1. Tanamlah benih tersebut pada media tanam yang telah disiapkan.
  4. Berikan perawatan yang tepat. Tempatkan pot pada area yang terkena sinar matahari pagi atau di jendela dapur.
  5. Tips penting dalam menanam herba adalah jangan menyiramnya terlalu sering, siramlah hanya ketika media tanamnya benar-benar kering.
[Klik disini] untuk mengetahui beberapa jenis tanaman herba yang dapat ditanam dalam pot. Itulah beberapa tanaman herba yang paling banyak ditanam dalam pot. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berkebun 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA