Simbol dan Makna Bunga Teratai

Bunga menggambarkan keindahan dan juga memiliki arti yang berbeda pada setiap budaya, waktu, dan tempat. Bunga teratai bermahkota cantik ini pun tentu saja memiliki arti dan nilai estetika tersendiri. Warna bunganya yang semarak seperti merah, pink, ungu, kuning, atau putih akan terlihat indah oleh terpaan angin sepoi-sepoi.

Tidak hanya populer karena daya tariknya, teratai juga dianggap sebagai simbol keagamaan di banyak belahan dunia.

Teratai sendiri tergolong dalam keluarga Nhymphaeacaea yang terdiri dari sedikitnya 79 spesies. Teratai atau di luar negeri dikenal sebagai water lily adalah jenis tanaman air yang banyak tumbuh di daerah tropis beriklim sedang. Biasanya ditemukan di kolam, danau, dan tepi sungai. Tanaman ini tumbuh dari rimpang di bawah air dengan tubular yang panjang. Bunganya tunggal dan mekar dalam berbagai warna menarik, bunga tersebut biasanya mengapung di atas permukaan air dan ada juga yang terangkat oleh batang yang kaku.

Makna Bunga Teratai

Bunga teratai merupakan bunga nasional negara Bangladesh.

Teratai melambangkan cinta dan kehidupan. Makota bunganya banyak digunakan di beberapa ritual upacara keagamaan. Bunga dengan mahkota yang menakjubkan memang kebanyakan digunakan sebagai hiasan untuk upacara dan perayaan keagamaan. Hal yang sama juga berlaku untuk bunga teratai.

Nama ilmiah dari bunga teratai adalah Nymphaea , berasal dari bahasa Yunani “nimfa”, menurut mitologi Yunani dan Romawi kuno artinya mendiami mata air, sumur, dan saluran air.

Bunga teratai juga sering dipilih untuk menghiasi karangan bunga pengantin kontemporer karena dianggap mewakili kesucian dan kemurnian jiwa.

Konotasi lainnya bunga teratai:

  • Dewa: Nefertem, Ra
  • Elemen: Air
  • Planet: Neptunus
  • Bulan: Juli
  • Zodiak: Cancer

Simbol Bunga Teratai di Mesir Kuno

Teratai biru melambangkan “matahari” dan “kelahiran kembali” di jaman Mesir kuno.

Di Mesir kuno, bunga teratai melambangkan kesatuan masyarakat. Bunga teratai melambangkan “Mesir atas” bersama dengan bunga papyrus yang melambangkan “Mesir bawah”. Orang Mesir kuno juga sangat mempertimbangkan keberadaan teratai biru yang merepresentasikan “matahari” dan “kelahiran kembali”.

Simbol Bunga Teratai Bagi Umat Buddha

Dalam agama Buddha, bunga teratai melambangkan pencerahan, cinta, dan kemurnian.

Di Benua Asia, bunga teratai memiliki simbol yang sangat berbeda. Karena menghasilkan bunga dan buah secara bersamaan maka ia dianggap mewakili universalitas. Dalam konteks keagamaan, hal tersebut dianggap suci oleh umat Buddha dan Hindu. Bunga teratai dengan warna yang berbeda memiliki konotasi yang berbeda pula menurut umat Buddha. Misalnya, teratai merah berkonotasi cinta dan passion. Teratai ungu melambangkan kekuatan mistis, teratai putih melambangkan kemurnian hati, sementara teratai biru dikaitkan dengan pengetahuan.

Simbo Bunga Teratai Bagi Umat Hindu

Dalam agama Hindu, bunga teratai melambangkan kebangkitan dan kemurnian.

Dalam konsep agama Hindu, bunga teratai dilambangkan sebagai kebangkitan karena pada malam hari (saat gelap) bunga teratai akan menguncup dan akan mekar kembali setelah terkena sinar matahari pertama. Selain itu, bunga teratai juga dilambangkan kemurnian karena meskipun tumbuh di lumpur, ia tetap mekar dengan cantik tanpa noda.

Itulah simbol dan makna bunga teratai. Semoga informasi ini bermanfaat.

[Klik disini] untuk melihat beberapa jenis dan harga dari bunga Teratai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA