Menanam Bonsai Hokiantea yang Unik

Hokiantea merupakan bonsai dengan kategori pohon yang dapat dijadikan bonsai. Dengan memiliki buah yang dapat berganti warna menjadi putih pada saat bunga, hijau ketika buah masih muda, kuning menandakan buah setengah matang, dan akan menjadi merah ketika buah sudah matang.

Spesies tanaman ini memiliki 2 jenis yaitu yang memiliki daun lebar namun susah berbuah dan yang daunnya kecil yang berbuah lebat. Para penggemar bonsai di Indonesia menyebut tanaman ini sebagai sido gurih bagi yang tidak berbuah dan erethia untuk yang berbuah. Di Indonesia sendiri tanaman ini sering digunakan sebagai pagar tanaman pada halaman rumah. Untuk sebutan yang diberikan di Filipina adalah fukien. Karena spesies tanaman ini gampang dibudidayakan, banyak orang mengambil bakalan bonsai hokiantea untuk dijadikan bonsai. Tanaman hias ini juga tidak tergantung oleh sinar matahari. Anda bisa menanam bagian cabang atau rantingnya.

Jika Anda ingin mendapatkan bentuk akar yang indah, kami menganjurkan untuk menanam melalui bijinya. Untuk persiapan yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Menyiapkan biji hokiantea dari buah yang sudah mengering dengan ciri berwarna coklat gelap atau hitam.
  2. Menyiapkan media untuk penyemaian. Untuk medianya Anda dapat menggunakan pasir halus yang di ampurkan dengan sedikit tanah atau dengan sekam bakar yang dihancurkan.
  3. Gunakan nampan atau pollybag
  4. Menaburkan biji yang sudah kita siapkan lalu menimbunnya. Jangan lupa untuk mengatur kedalaman timbunan yaitu sekitar 2 cm.
  5. Menyiram dengan air secukupnya.
  6. Jaga kelembaban dari benih yang ditanam dengan meletakannya di suhu udara yang teduh.
  7. Diamkan selama 1 minggu sampai biji yang ditanam beruban menjadi kecambah.

Anda bisa menggunakan cara lain dengan menyemai biji di atas kapas atau sejenisnya yang telah dibasahi dengan air.

Selain dengan biji Anda juga dapat menanam dongkelan atau batang yang berada di dekat akar. Cuci bersih batangnya, setelah itu tanam di media yang berpasir. Hal ini dilakukan untuk menghindari akar membusuk setelah proses penanaman. Siram sampai media basah dan tutupi batang dengan plastik transparan. Selama ditutup jangan disiram sampai tumbuh tunas dan letakkan pada tempat yang teduh. Setelah tunas tumbuh Anda harus rajin menyiram. Jangan sampai telat menyiram, jika hal itu terjadi maka akan timbul bintik putih setelah itu tanaman akan sulit tumbuh atau bahkan mati. Ketika akar sudah kuat maka tanaman sudah tahan dengan cuaca.

Harga bonsai honkiantea bervariasi sekitar 700 ribuan sampai 1 juta.

Jika Anda ingin menjadikan bonsai honkiantea juara, Anda harus memperhatikan dan benar-benar mengurus tanaman bonsai ini. Selalu perhatikan kesehatan tanaman dengan menghilangkan hama pada tanaman. Perawatan bonsai tidak sembarangan. Karena bonsai ini gampang tumbuh maka Anda harus selalu merapikan batang serta daun yang menurut Anda tidak sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Sekian beberapa cara membudidayakan bonsai jenis hokiantea, semoga bermanfaat bagi Anda.

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA