Metode Dan Tips Menanam Tanaman di Lahan yang Sempit

Kegiatan berkebun atau menanam tanaman bisa dibilang suatu hobi yang sangat menarik serta memilki banyak manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan tersebut. Di antaranya adalah kita bisa memperindah rumah sekaligus pekarangan yang ada di sekitar rumah kita. Selain itu bercocok tanam atau berkebun merupakan kegiatan yang sangat baik untuk menghilangkan potensi stress yang hadir akibat dari pekerjaan di kantor dan hal-hal lainnya. Akan tetapi terkadang lahan yang sempit menjadi alasan bagi kita untuk tidak melakukan kegiatan berkebun atau merasa bingung bagaimana cara memanfaatkannya dengan maksimal.

Saat ini, sudah ada banyak metode yang bisa digunakan untuk memanfaatkan lahan yang dirasa kurang luas untuk ditanami tanaman hias atau tanaman lainnya. Sekarang Anda bisa memanfaatkan lahan bahkan untuk menanam sayuran ataupun juga buah-buahan di rumah. Hal ini tentunya sangat menguntungkan dan juga tidak memerlukan biaya yang terlampau besar. Bahkan sekarang ini banyak juga budidaya yang dilakukan walau lahan yang dipakai tidaklah luas dan besar.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk berkebun atau bercocok tanam untuk Anda yang memiliki lahan yang sempit atau terbatas. Tips menanam tanaman di lahan sempit ini setidaknya akan memberi Anda ide untuk memanfaatkan lahan Anda dengan maksimal.

Berkebun Dengan Metode Pot/Polybag

Metode yang satu ini merupakan metode yang paling sering digunakan terutama bagi Anda yang tidak memiliki pekarangan tanah yang luas. Metode yang satu ini memang sangat efektif karena bisa Anda tempatkan dimana saja bahkan di dalam rumah sekalipun. Pot yang digunakan biasanya adalah yang menggunakan bahan tanah liat, plastik, kayu, semen dan bahan lainnya yang telah diberi lubang di bagian bawah untuk tempat keluarnya air.

Selain pot, Anda juga bisa menggunakan Polybag untuk menanam tanaman yang ingin Anda tanam. Pemilihan tanaman yang tepat sangat penting karena tidak semua tanaman bisa ditanam didalam pot atau tumbuh dengan baik jika menggunakan polybag. Beberapa hal yang harus diperhatikan jika menanam menggunakan pot atau polybag adalah Anda harus memastikan tanaman terkena sinar matahari dengan cukup dan juga mendapat nutrisi yang cukup pula. Jika kita menanam di tanah, tanaman bisa mendapatkan nutrisi langsung dari tanah. Berbeda saat kita menanam dipot, kita harus menambahkan pupuk serta pemberian air yang cukup setiap harinya agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Klik disini untuk melihat semua produk pot dan untuk melihat semua produk polybag klik disini.

Berkebun dengan Metode Hidroponik

Metode bercocok tanam dilahan yang sempit selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem hidroponik yaitu dengan menggunakan air sebagai media tanam. Cara ini memang tergolong baru namun bisa memberikan hasil yang tidak jauh berbeda apabila kita menggunakan media tanah. Air yang dipakai sebagai media tanam diberikan berbagai unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Metode penanaman hidroponik sendiri memiliki beberapa tehnik yang bisa kita pilih, salah satunya yang cukup mudah adalah tehnik hidroponik wick yang menggunakan botol plastik bekas sebagai wadahnya.

Kami menjual beberapa media tanam hidroponik, klik disini untuk melihat aneka produknya.

Berkebun dengan Metode Kebun Vertikal

Metode lainnya untuk menanam tanaman hias di lahan yang sempit atau terbatas adalah dengan membuat kebun vertikal. Cara ini selain dapat lahan atau sudut ruangan dengan maksimal, juga akan membuat kebun kita terlihat sangat cantik dan juga unik. Kebanyakan metode ini memanfaatkan dinding atau tembok sebagai tempat untuk menaruh pot yang ditanamai tanaman baik itu tanaman hias atau tanaman lain. Sering juga menggunakan sistem rak atau menggunakan peralon bekas yang ditempelkan didinding rumah.

Berkebun dengan Memanfaatkan Kontainer

Kontainer juga bisa Anda manfaatkan sebagai wadah tanam yang bagus untuk menanam berbagai jenis tanaman atau juga sayuran. Tanah yang digunakan haruslah tanah yang baikdan telah dicampur dengan pupuk alami untuk meningkatkan nutrisi di dalam tanah. Tempatkan didaerah yang terkena sinar matahari. Metode ini biasanya digunakan juga Anda tinggal di tempat yang tidak memiliki lahan tanah seperti di perkantoran, apertemen atau tempat lainnya.

Tips Menanam Tanaman di Lahan Sempit

  • Sebaiknya memilih tanaman yang tahan lama dan cocok untuk ditanam didalam wadah tertentu seperti pot atau kontainer. Contoh tanaman yang cocok adalah dan sering ditanam didalam pot serta kontainer adalah tanaman puring, lidah mertua, dan beberapa jenis sayuran.
  • Pilh tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat serta memiliki kemampuan untuk menyaring udara dari zat-zat beracun.
  • Pilih tanaman yang memiliki ukuran kecil atau tanaman yang tidak akan tumbuh desar dan tidak lebat.

Demikian info yang bisa kami sampaikan mengenai metode mananam tanaman dilahan yang sempit dan terbatas yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi lahan serta kesukaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link