6 Jenis Tanaman Obat Asma Paling Ampuh

Asma merupakan salah satu penyakit pernapasan yang terjadi sebagai akibat dari peradangan dan penyempitan pada saluran napas. Salah satu indikasi paling jelas bahwa Anda terserang asma adalah sesak napas, nyeri dada, dan bisa juga disertai dengan batuk-batuk. Bahayanya, penyakit ini tidak memandang usia, yang berarti bahwa asma mampu menyerang Anda baik yang berusia muda atau tua.

Penyebab Asma

Hingga saat ini, penyebab pasti penyakit asma masih menjadi tanda tanya. Namun, biasanya asma ini terjadi karena seseorang memiliki organ atau saluran pernapasan yang sangat sensitif, sehingga mudah mengalami peradangan. Nah, berikut merupakan faktor-faktor yang dapat memicu peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan.

  • Aktivitas fisik atau olahraga yang berlebihan.
  • Faktor psikologis seperti rasa nervous, stres, dan depresi yang berkepanjangan.
  • Mengkonsumsi obat-obatan medis pereda nyeri dan peradangan seperti aspirin dan ibuprofen.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan sulfit yang tinggi, seperti makanan siap saji, makanan olahan, seafood, selai-selaian, minuman sari buah, dan bir.
  • Paparan polusi udara yang berlebihan, seperti misalnya asap rokok, asap pabrik, asap kendaraan, dan lain-lain.
  • Memiliki alergi terhadap berbagai macam hal, seperti misalnya makanan tertentu atau hal-hal lain seperti bulu hewan, serbuk bunga, dan lain-lain.
  • Faktor cuaca yang tidak menentu, seperti misalnya perubahan dari panas menjadi hujan dalam waktu yang singkat.
  • Mengidap penyakit infeksi paru-paru.
  • Faktor keturunan, dimana jika ada orang tua yang memiliki riwayat penyakit asma, maka besar kemungkinan anaknya juga akan terserang asma.
  • Dahak yang mempersempit saluran pernapasan.

Gejala Asma

Seperti yang telah disebutkan diatas, gejala asma yang paling kentara adalah adanya rasa sulit bernapas dan juga disertai batuk-batuk dan nyeri pada dada. Namun jika Anda belum yakin, berikut merupakan gejala-gejala lain yang merupakan suatu indikasi bahwa Anda terserang asma.

  • Adanya sesak napas dan nyeri pada dada yang membuat Anda menjadi kesulitan untuk tidur.
  • Detak jantung yang meningkat bersamaan dengan sesak napas Anda.
  • Adanya sesak napas membuat Anda kesulitan untuk melakukan kebiasan sehari-hari, seperti mengunyah makanan dan berbicara secara normal.
  • Rasa sesak napas yang seakan tidak membaik dengan bantuan inhaler biasa.
  • Adanya perasaan mudah lelah walaupun tidak beraktivitas berat.

Jenis Tanaman Obat Asma

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab dan gejala asma, tentu saja Anda sudah bisa melakukan diagnosa awal untuk menilai apakah Anda terserang asma atau tidak bukan? Jika Anda merasa bahwa Anda memiliki penyakit asma berdasarkan deskripsi gejala diatas, maka segera lakukan pengobatan sedari dini sehingga asma dapat disembuhkan dan tidak menyebabkan komplikasi. Penanganan asma dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanaman-tanaman herbal seperti ulasan berikut ini.

  • Tampal Besi
    Tanaman yang memiliki nama Latin Phyllanthus reticulatus Poir ini memang memiliki sedikit racun, namun tidak membahayakan bagi tubuh. Bahkan, di Cina sana tanaman ini sudah digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan di tubuh. Tanaman ini dapat mengatasi asma karena:

    • Tampal besi mengandung senyawa flavonoid yang akan berperan sebagai agen anti-inflammasi yang akan menyembuhkan peradangan pada saluran pernapasan.
    • Tampal besi juga mengandung senyawa alkaloid yang akan berperan sebagai ekspektoran, dimana hal ini akan membantu pengeluaran dahak sehingga keluar masuk udara dalam saluran penapasan dapat menjadi lebih lancar.

    Menggunakan tampal besi sebagai obat herbal untuk mengatasi asma sangat mudah. Anda cukup menyiapkan 15 gram daun tampal besi, kemudian rebus ke dalam 3 gelas air. Ketika air tinggal tersisa 1 gelas, maka Anda dapat menyaringnya dan segera konsumsi ramuan tersebut. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsinya 2 kali sehari.

  • Putri Malu
    Tentu Anda sudah sering menjumpai tanaman liar ini bukan? Ya, putri malu merupakan tanaman yang memiliki ciri khas daun yang sangat sensitif, dimana saat disentuh, maka daunnya akan menutup dengan cepat. Tanaman satu ini ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi asma karena:

    • Putri malu mengandung tanin dan flavonoid sebagai antioksidan yang akan menyembuhkan peradangan di saluran pernapasan.
    • Putri malu mengandung alkaloid yang akan membantu pengeluaran dahak yang seringkali menghambat laju udara dalam saluran pernapasan.

    Bagian tanaman putri malu yang sering dimanfaatkan untuk asma adalah bagian akarnya. Nah, caranya mudah, dimana Anda cukup merebus 30 gram akar putri malu ke dalam 400 cc air, kemudian setelah airnya tinggal 200 cc, Anda dapat menyaringnya dan mengkonsumsinya langsung sebanyak 2 kali dalam sehari.

  • Kemangi
    Anda pasti sudah familiar dengan tanaman satu ini karena daun kemangi seringkali digunakan sebagai lalapan yang akan melezatkan lauk Anda. Ternyata, daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk asma, karena:

    • Daun kemangi memiliki sifat ekspektoran alami, sehingga akan menyingkirkan dahak-dahak yang menyumbat jalannya udara dalam saluran pernapasan Anda.
    • Daun kemangi memiliki sifat anti-inflammasi yang diperlukan tubuh untuk mengatasi segala penyakit pernapasan seperti asma, bronkitis, batuk, atau flu.

    Cara memanfaatkan daun kemangi untuk mengatasi asma sangatlah mudah. Anda cukup menyiapkan 3 hingga 4 helai daun kemangi, kemudian campurkan dengan air untuk dijadikan jus. Untuk membuat rasanya menjadi nikmat, maka Anda dapat menambahkan madu. Konsumsi jus kemangi 2 kali sehari.

  • Ginkgo Biloba
    Tanaman yang berasal dari Cina ini memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau muda yang tumbuh dari ujung batangnya yang kecil. Tanaman ini memang sudah sangat terkenal akan manfaatnya untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk asma, karena:

    • Ginkgo biloba memiliki senyawa ginkgolide yang merupakan antioksidan dan anti-inflammasi dan akan mengurangi peradangan di saluran pernapasan dan dapat melegakan saluran pernapasan.
    • Ekstrak ginkgo biloba memiliki kemampuan untuk mencegah produksi platelet activating factor (PAF), suatu senyawa yang memicu timbulnya gejala-gejala asma seperti sesak napas dan rasa nyeri.

    Menggunakan ginkgo biloba untuk mengatasi asma sangatlah mudah. Anda cukup menyiapkan beberapa 4-5 helai daun ginkgo biloba, kemudian rebus ke dalam 3 gelas air. Saat air sudah tersisisa 1 gelas, Anda dapat menyaringnya dan mengkonsumsinya secara langsung. Alternatif lain, Anda dapat mengkonsumsi suplemen alami ginkgo biloba yang sudah banyak tersedia di pasaran.

  • Legundi
    Legundi merupakan tanaman kecil yang biasanya dapat digunakan sebagai tanaman hias di lingkungan rumah Anda. Hal tersebut dikarenakan tanaman legundi memiliki bunga yang berwarna biru keunguan, sehingga sangat indah untuk dipandang. Bagian daun dari tanaman legundi akan sangat cocok untuk mengatasi asma. Berikut ulasannya.

    • Daun legundi memiliki kandungan flavonoid dan terpenoid yang akan sangat luar biasan untuk mengatasi peradangan di saluran pernapasan dan melegakan saluran pernapasan.
    • Legundi memiliki kandungan minyak atsiri yang akan bekerja sebagai aromaterapi untuk membantu membuka saluran pernapasan dan mengurangi gejala asma.

    Untuk menggunakan daun legundi sebagai obat herbal asma, caranya sangat mudah. Siapkan 9 helai daun legundi, kemudian rebus ke dalam 3 gelas air. Setelah air hanya tersisa 1 gelas saja, maka Anda dapat menyaringnya dan mengkonsumsinya secara langsung.

  • Kemukus
    Tanaman kemukus mungkin masih sangat asing di telinga Anda, namun tanaman ini sangat mudah kita jumpai dimanapun, sehingga tentunya Anda pasti sudah pernah melihatnya. Ciri khusus tanaman ini adalah buah dan bijinya yang berbentuk seperti lada hitam dan berbentuk bulat kecil berawarna hitam, namun memiliki tangkai. Buah dan biji kemukus sangat ampuh untuk mengatasi asma, karena:

    • Biji kemukus memiliki senyawa minyak atsiri, dimana akan bermanfaat sebagai aromaterapi yang akan membuka saluran pernapasan.
    • Biji kemukus mengandung senyawa alkaloid yang berperan sebagai ekspektoran dan menyingkirkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan. Juga, alkaloid ini akan berperan sebagai anti-inflammasi yang akan mengurangi peradangan saluran pernapasan.

    Menggunakan biji kemukus untuk mengatasi asma sangatlah mudah. Anda cukup menyiapkan 15 gram biji kemukus, kemudian rebus ke dalam 2 gelas air. Saat air hanya tersisa 1 gelas, Anda dapat menyaring ramuan dan segera konsumsi ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Ternyata, ada berbagai macam tanaman herbal yang sangat mudah kita jumpai di kehidupan sehari-hari untuk mengatasi gejala asma. Keuntungan menggunakan tanaman obat asma diatas adalah aman untuk dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘