Cara buat Kompos Sendiri

Cara Buat Kompos ada dua cara dilihat dari proses pembuatannya. Cara pertama menggunakan udara atau disebut Aerob dan cara kedua adalah tanpa udara atau anaerob. Kedua cara tersebut menghasilkan kompos dengan kualitas yang sama baiknya, perbedaannya hanya pada bentuknya saja.

Kompos dapat dibuat dari tumbuhan dan hewan, berupa sisa-sisa hasil pembuangan hewan atau pembusukan tumbuhan yang telah diurai. Kompos dapat dikategorikan kedalam pupuk organik, dan bisa juga pupuk hayati. Agar lebih jelasnya, silahkan baca Perbedaan Pupuk Organik dan Pupuk Hayati.

Cara Buat Pupuk Kompos Sederhana

Cara buat kompos dengan metode aerob setidaknya akan memakan waktu 2 bulan. Dibutuhkan ketelatenan guna mengontrol suhu kelembaban tempat pengomposan secara berkala hingga kompos siap digunakan. Agar lebih mudah, kita bedakan pembuatan kompos menjadi alami dan kompos rumah tangga.

1. Teknik pembuatan kompos alami

Cara buat kompos ini dilakukan jika anda ingin membuat kompos dalam jumlah besar. Diperlukan bahan material organik dan tempat pengomposan untuk membuatnya. Gunakan bahan yang ada disekitar kita, hanya perlu pengolahan seksama agar kompos dapat menjadi penyedia unsur hara dan nutrisi tanaman.

Alat dan Bahan Pembuatan Kompos

  1. Cangkul, sekop. papan, martil, paku, tong, terpal atau plastik sebagai penutup
  2. Bahan material organik seperti batang daun pisang atau gedebog, arang sekam, kotoran unggas, jerami.
  3. alat dan bahan tentunya tergantung berapa banyak anda ingin membuat kompos. Sebagai permulaan, tentu tidak perlu banyak-banyak sesuaikan dengan kebutuhan saja. Untuk tahap selanjutnya mungkin bisa dijadikan usaha menguntungkan.

Prosedur Pembuatan Kompos Alami

cara buat kompos

  1. Langkah pertama tentunya anda membuat tempat untuk pengomposan. Jika anda memiliki papan kayu, buatlah kotak persegi panjang atau box untuk menempatkan bahan material organik. Jika ingin lebih mudahnya, Anda bisa langsung menggali tanah yang ada di pekarangan, dengan lebar kurang lebih 1×1,5 meter, atau tergantung keperluan anda.
  2. Cacah semua bahan kemudiMasukan semua bahan material organik seperti kotoran unggas, arang sekam, jerami, dan gedebog pisang, yang telah sudah disiapkan ke dalam bak yang telah dibuat. Isi bak dengan material tersebut hingga ketinggian lubang gali atau box yang telah dibuat
  3. Campurkan starter mikroorganisme pembusuk diatas material organik untuk mempercepat proses pembusukan. Anda bisa menggunakan produk EM4 yang banyak tersedia di toko pertanian.
  4. Siram kompos dan tutup lobang gali atau bak tempat pengomposan dengan terpal atau plastik untuk menjaga kelembabannya sekaligus melindungi dari air hujan dan cahaya matahari secara langsung.
  5. Pada hari ke empat, buka penutup untuk menurunkan suhu, dan aduk kompos menggunakan cangkul atau sekop sampai merata.
  6. Setiap tiga hari sekali bolak balikan tumpukan kompos, hingga berubah warna hitam kecoklatan dan material kompos menyusut hingga setengahnya.
  7. Jika sudah menyusut, diamkan selama 2 minggu sembari terus menutup hingga kompos matang. Waktu pematangan bisa lebih cepat dari 40 hari, tergantung jumlah material yang digunakan.
  8. Jika sudah 2 minggu, angkat kemudian masukan kedalam karung dan kompos sudah siap digunakan. Jika anda ingin menjualnya, maka ayak lah kompos terlebih dahulu agar bersih dan lebih rapi.

2. Cara buat Kompos Rumah Tangga

Teknik ini lebih mudah dilakukan, namun hanya untuk membuat kompos dalam jumlah yang sedikit. Berikut cara buat kompos dengan metode sederhana ala rumah tangga

cara buat kompos sendiri

  1. Siapkan tong sampah untuk meletakan bahan material yang akan dijadikan kompos
  2. Masukan material organik ke dalam tong. Material yang dapat digunakan antara lain limbah tahu, kotoran ayam, kotoran kambing, sisa makanan atau apapun yang berbahan organik dari limbah rumah tangga.
  3. Tambahkan serbuk gergaji ke dalam material tersebut untuk mengurangi bau yang menyengat.
  4. Tambahkan EM4 atau mikroba untuk mempercepat proses pembusukan. Bisa dibeli di toko pertanian.
  5. Tutup tong rapat-rapat dan hindarikan dari hujan dan panas matahari yang berlebihan.
  6. Diamkan selama 24 jam, kemudian buka tong lalu aduk semua bahan material yang ada dalam tong hingga terbalik merata.
  7. Kemudian diamkan selama 5 hari agar proses pematangan berjalan sempurna.
  8. Kompos rumah tangga yang sudah matang ditandai dengan hilangnya bau menyengat. Lalu angkat dan letakan kompos yang sudah jadi di tempat teduh, dan kompos rumah tangga sudah siap digunakan.

Demikian cara buat kompos sendiri dari bahan-bahan organik yang ada disekitar kita. Adapun cara membuat kompos yang lebih sederhana.

Silahkan baca Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *