Cara Membuat Jamu Tradisional

cara membuat jamu kunir asem

Cara membuat Jamu Tradisional – Jamu sangat baik untuk kesehatan, tetapi orang-orang khususnya di daerah perkotaan malah justru mulai meninggalkannya, dan lebih memilih obat-obatan kimia yang notabene memiliki efek samping tertentu.

Rasanya yang pahit memang membuatnya tidak disukai, tetapi khasiatnya luar biasa apabila jamu tradisional dikonsumsi secara teratur. Coba saja anda meminum sirup, jika berlebihan maka bibir akan jontor terkena sariawan. Tidak demikian dengan meminum jamu, niscaya kesehatan akan selalu terjaga. Tidak panjang lebar lagi, mari kita bahas cara membuat jamu tradisional dan manfaatnya.

Cara membuat Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam merupakan warisan tradisional dari tanah jawa dengan bahan dasar asam dan kunyit, yang bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Jika anda ingin menjaga badan tetap langsing, maka jamu kunyit asam adalah solusinya. Selain itu, dengan meminum Jamu kunyit asam secara teratur maka siklus menstruasi anda akan tetap terjaga.

Bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat jamu kunyit asam antara lain:

  • 1/2 Kg Kunyit
  • 1/4 Gula Jawa atau Gula Aren
  • 1/2 Kg asam Jawa
  • 2 Liter Air
  • Garam 1 sendok teh

cara membuat jamu kunir asem

Cara Membuatnya:

  1. Bersihkanlah kunyit dari kulitnya, dengan mengerok menggunakan pisau dapur, lalu cuci bersih.
  2. Gunakanlah parut ataupun blender untuk menghaluskan kunyit. Setelah halus, kemudian ampas kunyit disaring dan diperas. Ambil sarinya saja.
  3. Rebus 2 liter air, masukan bahan gula jawa dan asam jawa, aduk-aduk rata hingga hampir mendidih dan asam sudah larut, kemudian masukan sari kunyit yang diperas tadi dan tambahkan 1 sendok teh garam.
  4. Setelah mendidih, kemudian angkat.
  5. Dinginkan dahulu atau bisa dicampur es batu dan Jamu kunyit asem siap diminum.

Jamu kunyit asam atau dalam bahasa Jawa disebut “Jamu Kunir Asem”, memiliki banyak kandungan alami seperti vitamin C, protein, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, dan zat kurkumin, sehingga sangat baik jika dikonsumsi secara teratur untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh anda.

Baca Juga: Tanaman Obat Pembersih Ginjal

Cara membuat Jamu Kencur

Bagi anda yang tidak suka rasa pahit, Jamu Kencur atau Jamu Beras Kencur adalah solusinya, karena rasanya nikmat dan juga tidak pahit, tetapi manfaatnya sangat baik untuk kesehatan. Bisa dibuat untuk mengisi waktu luang anda agar bermanfaat. Bahan yang diperlukan untuk membuat jamu kunir asem antara lain:

  • 1 gelas kecil beras ptih
  • 6 Kencur agak besar
  • 2 Jahe besar
  • 2 Asam Jawa
  • 2 Kunyit atau kunir
  • 200 gram gula merah atau gula jawa
  • 2 liter Air
  • 1 sendok teh Garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 buah jeruk nipis

Cara buat Jamu Beras Kencur:

  1. Bersihkan beras dengan cara merendamnya hingga 3 jam.
  2. Rebuslah air sebanyak 2 liter dengan api yang sedang saja, kemudian masukan semua bahan yang telah sudah disiapkan diatas, yakni asam jawa, kencur, kunyit, gula jawa, dan jahe. Aduk-aduk hingga merata, dan tambahkan garam.
  3. Setelah mendidih, angkat dan tiriskan lalu disaring hingga terpisah dari ampasnya.
  4. Kemudian beras yang sudah direndam dicampur dengan ampas, lalu tumbuk hingga halus.
  5. Setelah halus, campurkan sari air yang sudah disaring tadi dengan tumbukan beras dan ampas.an ampas yang sudah halus disiram dengan menggunakan air rendaman yang sebelumnya sudah direbus.
  6. Tambahkan jeruk nipis agar rasanya nikmat dan lebih segar.
  7. Siapkan gelas untuk menikmati Jamu beras kencur yang sudah anda buat.

Jamu beras kencur sangat bermanfaat untuk mengobati batuk, masuk angin, nyeri otot, sariawan, dan bagi anak-anak untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu, beras kencur juga bermanfaat untuk menebalkan dinding lambung, sehingga tidak mudah terkena asam lambung dan terkena masuk angin, sehingga vitalitas selalu prima dan terjaga.

Baca Juga: Tanaman Obat untuk diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *