Jenis Hama atau Penyakit pada Hidroponik dan Cara Mengatasinya

Masalah yang selalu dihadapi pada setiap tanaman adalah hama dan penyakit, tidak terkecuali pada tanaman hidroponik. Serangan hama atau penyakit seringnya terjadi pada saat tanaman sudah mulai tumbuh daun dan batang atau ranting. Yang sering terjadi pada setiap tanaman yang terserang hama yaitu daun dan buah berlubang lalu membusuk atau mati.

Baca juga: Penyebab, Cara Mengatasi Hama dan Penyakit pada Tanaman Hidroponik

Jenis Hama / Penyakit Tanaman serta Cara Mengatasinya

  • Hama kutu
Jenis-jenis hama dan penyakit pada tanaman

Jika tanaman terserang jenis hama kutu ini yang akan terjadi pada tanaman yaitu daun keriting serta menggulung dan batang akan lebih lemah, akhirnya tanaman cacat dan kerdil.

Cara mengatasi tanaman yang terserang jenis hama ini yaitu dengan cara membuang atau memusnahkan tanaman yang sudah terkena hama kutu. Cara mencegah terjadinya kerusakan yang dikarenakan kutu kita dapat melakukan penyemprotan pada daun dan batang tanaman dengan menggunakan obat pembasmi hama kutu. Terapkan 1 minggu sekali, lakukan perawatan dengan membersihkan tanaman liar yang tumbuh di sekitarnya.

  • Hama Ulat
Petani menunjukkan daun tembakau yang rusak akibat diserang hama ulat di Desa Konang, Galis, Pamekasan, Jatim, Senin (2/6). Pada awal musim tanam tahun ini, sebagian besar tanaman tembakau di Madura terserang hama ulat dan belalang. ANTARA FOTO/Saiful Bahri/Asf/Spt/14.

Jenis hama ulat dapat menyerang bagian daun hingga berlubang dan rusak, hama ini akan sangat merugikan jika jenis tanaman yang kita tanaman seperti sayuran.

Cara memberantas jenis hama ini dengan cara menyemprot daun dengan menggunakan obat pemberantas hama jenis ulat (banyak dijual di toko pertanian), atau bisa juga dengan membuang daun yang sudah rusak yang disebabkan oleh hama ulat. Untuk hama jenis ini dapat merusak pada malam dan siang hari, dapat dilakukan penyemprotan rutin 1 minggu sekali.

  • Hama Serangga

Hama ini menyebabkan daun menjadi bergaris dan rusak, hal ini disebabkan karena hama serangga berkembang biak atau bertelur di sekitar daun/sayuran. Namun jenis dan bentuk hama serangga ialah beraneka ragam dan perusakanya pun berbeda-beda.

Jika daun sudah terlanjur terserang oleh hama jenis ini lebih baik kita buang/hilangkan daun tersebut, untuk pencegahan daun terserang serangga dapat dilakukan penyemprotan rutin dengan menggunakan obat pemberantas hama.

  • Penyakit Jamur

Jamur akan menyebabkan tanaman menjadi layu, akar membusuk dan daun menguning serta sobek.

Cara mencegah atau memberantas penyakit jamur pada tanaman dengan cara mengganti media tanam dengan yang baru, singkirkan tanaman yang sudah terlanjur terkena jamur hingga rusak, lakukan penyemprotan secara rutin menggunakan obat semprot jamur.

  • Hama Semut

 

Semut memang nakal dan akibat dari kenakalan si semut yang menyerang tanaman hidropoik membuat tanaman menjadi tidak tumbuh normal dan sehat serta mudah layu, daun menjadi kuning lalu rontok.

Lalu bagaimana cata memberantas jenis hama ini? kita bisa bersihkan semut jika tanaman masih tertolong, namun jika tanaman sudah rusak dan layu lebih baik dicabut agar tidak menjalar ke tanaman yang masih normal, semprot dengan obat hama agar semut enggan datang ke tanaman.

Itulah beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman hidroponik, lebih baik kita kenali dahulu jenis hama sebelum memulai penanaman tanaman. Saat sudah memulainya, lakukan perawatan yang rutin agar tanaman tidak mudah terserang hama maupun penyakit.

Agar tanaman Anda tumbuh subur hingga panen silahkan pelajari cara membuat pupuk hidroponik.

Lihat di sini berbagai jenis produk obat tanaman kami.

Save

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA