Madu untuk Kesehatan Anak-anak

madu untuk kesehatan anak-anak

Madu untuk Kesehatan Anak-anak – Anak-anak sangat rentan terkena serangan segala penyakit, karena daya imunitas anak masih rendah. Dalam masa pertumbuhan anak dibutuhkan berbagai vitamin, mineral, zat besi, kalsium dan sebagainya, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Beberapa virus dan penyakit yang sering menyerang anak-anak antara lain asma, batuk, dan demam. Untuk mengobati sakit anak tersebut sangat direkomendasikan agar tidak menggunakan obat berbahan kimia yang memiliki efek samping. Madu bisa menjadi solusi terbaik untuk demam anak, batuk, dan mengobati asma.

madu untuk kesehatan anak-anak

Madu untuk Demam Anak

Madu sudah dikenal sejak jaman dahulu kala karena manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk mengobati demam pada anak-anak karena terdapat kandungan antiseptik dan vitamin C yang tinggi pada madu.

Untuk mengatasi demam pada anak, kompres lah dahulu dengan air hangat pada dahi atau leher. Kemudian, ambil satu sendok madu yang dicampur air hangat atau teh tanpa gula pada setengah gelas air. Minumkan teh madu tersebut secara teratur 3 kali sehari.

Madu untuk Kanak-kanak Asma

Selain dapat meredakan demam pada anak, madu juga sangat mujarab untuk mengobati asma pada kanak-kanak. Namun hindarkan madu untuk bayi 5 bulan atau kurang dari 2 tahun, karena terdapat risiko botulisme.

Baca Juga: Khasiat Madu untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Berdasarkan Health Digest, madu untuk mengobati asma anak-anak sebaiknya dicampur dengan air hangat atau bisa juga dengan teh favorit. Cukup setengah gelas saja dengan 2 sendok teh madu dan setengah sendok teh, minumkan pada anak yang menderita asma sesering mungkin untuk meluruhkan lendir dari saluran bronkial.

Madu untuk Kanak-kanak Batuk

Manfaat Madu untuk kesehatan anak-anak lainnya adalah mengobati batuk. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine yang sudah diuji pada 139 anak-anak, menyimpulkan bahwa kandungan Dekstrometorfan yang terdapat pada madu sangat efektif untuk mengurangi batuk pada anak dan membuat tidur anak lebih lelap.

Selain itu, penelitian yang dilakukan Pediatrics juga menyimpulkan hal yang sama. Anak-anak yang terserang virus batuk dan pilek, dapat diatasi dengan meminum 2 sendok teh madu sebelum tidur, hasilnya anak yang meminum madu 30 menit sebelum tidur intensitas batuknya berkurang hampir 60%, dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Baca juga: Tanaman Obat untuk mengatasi TBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *