Bagaimana cara menanam bunga Wijaya Kusuma

cara menanam bunga wijaya kusuma

Cara menanam bunga Wijaya Kusuma hampir sama dengan menanam tanaman lain, hanya saja kita harus mengetahui dahulu karakteristik tanaman Wijaya Kusuma itu sendiri, sehingga kita akan mengetahui cara perawatan bunga Wijaya Kusuma agar cepat berbunga.

Perlu diketahui bahwa pada umumnya setiap tanaman membutuhkan proses fotosintesis untuk penyerbukannya dari sumber cahaya matahari secara langsung. Namun, tidak demikian dengan bunga Wijaya Kusuma yang hanya memerlukan karbondioksida dalam proses fotosintesisnya yang dilakukan pada saat malam hari. Oleh karena itu, bunga Wijaya Kusuma mendapat julukan sang Ratu Malam. Selain itu, bunga Wijaya Kusuma juga memiliki khasiat yang bermanfaat untuk pengobatan.

Silahkan Baca: Khasiat Bunga Wijaya Kusuma

cara menanam bunga wijaya kusuma

 

Cara menanam bunga Wijaya Kusuma

Sebelum menanam, tentu saja harus ada persiapannya. Berikut alat dan bahan yang perlu anda siapkan sebelum menanam bunga wijaya kusuma.

1. Bibit Wijaya Kusuma

Untuk masalah bibit, anda tidak perlu khawatir karena kami menjual bibit tanaman Wijaya Kusuma. Harga bunga Wijaya Kusuma yang kami tawarkan adalah 50 ribu rupiah saja, Anda akan mendapatkan bibit unggul dengan jaminan tumbuh optimal. Tanaman bunga Wijaya Kusuma yang kami kirimkan sudah tumbuh sekitar 15-30 cm. Silahkan hubungi kami melalui nomor dan kontak yang telah tersedia.

2. Media Tanam

Tanaman Wijaya Kusuma akan tumbuh baik jika diletakan dalam ruangan, jadi gunakanlah pot dengan diameter 15-30 cm. Media tanam yang baik adalah campuran antara tanah berpasir, arang sekam dan pupuk kandang atau kompos, dengan perbandingan 1:1:1. Campurkan secara merata dan tempatkan dalam pot, biarkan satu hari agar bahan menyatu sempurna.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca: Cara Tanam Tabulampot

3. Pemeliharaan Tanaman Wijaya Kusuma

Perawatan bunga wijaya kusuma lebih mudah dibanding dengan merawat bunga jenis lain. Berikut caranya:

  • Siram seminggu sekali saja, karena bunga Wijaya Kusuma termasuk keluarga kaktus yang sangat tahan dengan kekeringan dan panas.
  • Setelah 2 bulan masa tanam, keluarkan pot dari tempat teduh ke tempat yang mendapat sinar matahari secara langsung. Namun jangan terlalu panas yah, karena bisa membuat tanaman stress akibat adaptasi yang ekstrim
  • Ganti pot setiap 6 bulan sekali agar pertumbuhannya optimal
  • Pemupukan juga diperlukan, gunakan Pupuk Langsung Pakai bunga agar mudah dan praktis atau bisa juga dengan pupuk NPK daun, sehingga nutrisi tanaman dapat tercukupi. Anda hanya perlu menyemprotkannya saja ke daun dan bunga.
  • Lakukan pemupukan setiap 2 bulan sekali.
  • Lakukan pembersihan pot dari tanaman gulma yang dapat mengganggu tumbuh kembang bunga Wijaya kusuma secara teratur.

Demikian cara menanam bunga Wijaya Kusuma, sekaligus cara merawat bunga Wijaya Kusuma agar cepat berbunga.

Baca Juga: Cara Merawat Anggrek yang tepat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *