20 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Ditanam di Pot Kecil

Tidak hanya sayuran dan bunga yang bisa ditanam dalam pot, tapi tanaman buah pun juga bisa diitanam dalam wadah kecil seperti dalam pot.

Saat ini telah banyak kultivar tanaman yang menghasilkan pohon yang lebih kecil dan memang diperuntukkan untuk ditanam dalam pot. Bayangkan jika Anda menanam tanaman buah dalam pot (tabulampot) di halaman rumah, maka dengan mudah tinggal memetiknya.

Jenis Tanaman Buah yang Bisa Ditanam di Pot Kecil

Jika Anda adalah seorang pecinta tanaman dan ingin mengonsumsi buah dari hasil kebun sendiri namun tidak tersedia cukup ruang di halaman rumah Anda, maka artikel ini tepat untuk disimak. Berikut kami kumpulkan daftar buah yang cocok Anda tanam:

1. Jeruk

Menanam jeruk dalam pot adalah pilihan yang sangat tepat. Hampir semua varietas tanaman jeruk bisa dengan mudah tumbuh dalam pot.

Kebutuhan tanaman jeruk di lahan dan di pot hampir sama sehingga perwatannya pun tidak jauh berbeda. Pohon jeruk akan memerlukan drainase yang baik, jadi pastikan pot yang digunakan memiliki lubang drainase. Penyiraman dan pemberian pupuk yang konsisten dan teratur juga sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman jeruk. Ada banyak jenis tanaman jeruk yang bisa Anda tanam dalam pot, jenis bibit tersebut bisa Anda peroleh disini.

2. Delima

Tinggi pohon delima bisa dikondisikan sehingga menjadikannya salah satu tanaman buah terbaik yang bisa ditanam dalam pot.

Delima adalah salah satu tanaman buah yang paling mudah ditumbuhkan dalam pot karena memiliki sistem perakaran yang pendek jika dibandingkan dengan pohon buah lainnya. Untuk cara menanamnya bisa Anda baca pada artikel sebelumnya Cara Mudah Menanam Buah Delima dalam Pot Agar Cepat Berbuah. Lihat juga aneka produk delima kami disini.

3. Jambu Biji

Jambu biji menjadi salah satu tanaman buah yang sempurna ditanam dalam pot.

Jambu biji merupakan tanaman buah tropis yang tergolong pendek. Biasanya tinggi pohonnya mencapai 5-6 m namun jika dilakukan perawatan dan pemangkasan, tingginya hanya 3 meter saja, bahkan bisa ditanam dalam pot. Jambu biji menyukai paparan sinar matahari yang cerah dan hangat. Tanaman buah tropis ini sangat mudah tumbuh dan beradaptasi dengan berbagai kondisi cuaca.

Berbagai koleksi bibit tanaman jambu bisa Anda lihat disini.

4. Semangka

Buah segar yang umumnya berdaging merah ini ternyata juga bisa ditanam dalam pot.

Siapa sangka, tanaman merambat yang satu ini bisa ditanam dalam pot. Semangka yang buahnya manis dan juicy ini tidak diragukan lagi kesegarannya terutama jika dikonsumsi di musim panas. Semangka sebaiknya ditanam dalam posisi yang cerah. Jika ingin menanamnya di teras atau beranda, semangka bisa ditempatkan pada teralis secara vertikal. Pastikan penyangga dan tempat merambatnya cukup kuat untuk menahan berat buah semangka.

Berbagai varietas semangka bisa Anda tanam di dalam pot, benih dan bijinya bisa diperoleh disini.

5. Melon

Sama halnya semangka, melon juga bisa ditanam di lahan yang sempit.

Menanam melon dalam pot. Ya! Tentu saja. Sama halnya dengan semangka, melon juga tergolong tanaman buah yang bisa ditumbuhkan dalam pot. Melon yang tumbuh merambat bisa dibiarkan menjulur ke samping pot atau disediakan sokongan sebagai tempat merambatnya. Anda bisa memilih varietas melon yang buahnya kecil untuk ditanam dalam pot yang berukuran kecil atau jika memang ingin menanam buah yang berukuran besar, pilihlah wadah yang cukup besar. Lihat aneka varietas tanaman melon yang kami jual disini.

6. Nanas

Tanaman buah nanas dalam pot.

Tanaman nanas sudah sepantasnya masuk dalam daftar tanaman buah yang bisa ditanam dalam pot kecil. Nanas tumbuh kompak dan berukuran kecil, pohonnya tidak pernah tumbuh lebih dari 3-6 meter. Selain itu, tanaman nanas memiliki akar yang dangkal jika dibandingkan dengan tanaman buah lainnya sehingga dapat ditanam dalam pot. Aneka varietas tanaman nanas dapat Anda temukan disini.

7. Pisang

Tanaman pisang dalam pot.

Menanam pisang dalam wadah sebelumnya telah populer terutama di kalangan penggemar tanaman tropis eksotis di kebun. Ada beberapa varietas tanaman pisang yang bisa tumbuh dengan baik di dalam pot. Jenis pisang yang tumbuh kerdil dapat tumbuh di mana saja dengan tinggi 2-4 meter. Tanaman ini tidak memerlukan banyak perawatan dan tumbuh dengan sangat cepat. Aneka tanaman pisang dapat Anda lihat disini.

8. Tomat

Tanaman tomat dalam pot.

Tanaman sayuran buah yang paling banyak ditanam di dalam pot adalah tomat. Tidak mengherankan jika tomat tumbuh dengan baik di dalam pot. Jika Anda ingin mengonsumsi tomat segar sepanjang tahun, maka Anda dapat menanam tomat dengan mudah dalam pot berukuran apa saja, tergantung varietas tomat yang ingin ditanam. Tomat membutuhkan penyangga / ajir sebagai penopangnya agar tangkai tidak patah dan pohon tumbuh tegak. Lihat aneka varietas tanaman tomat yang kami jual disini.

9. Cabe

Tanaman cabe dalam pot.

Cabe memang sangat mudah didapatkan di pasar, namun jika memetik sendiri buah cabe di halaman rumah, kenapa tidak? Sama halnya tomat, cabe bisa tumbuh dengan baik di dalam pot tanpa memerlukan ruang kebun yang luas. Bahkan saat ini telah banyak ditemukan varietas cabe yang tumbuh pendek dengan berbagai bentuk dan warna buah yang menarik yang kita kenal sebagai ornamental pepper. Selain ditanam sebagai tanaman hias, ornamental pepper ini bisa juga dikonsumsi lho!

Temukan berbagai jenis cabe untuk ditanam di rumah disini.

10. Stroberi

Tanaman stroberi dalam pot.

Tidak diragukan lagi stroberi / strawberry merupakan salah satu tanaman buah terbaik yang bisa tumbuh dalam pot kecil. Tanaman buah ini bisa ditanam dalam wadah apa saja dengan berbagai ukuran. Yang perlu Anda perhatikan adalah perwatannya, stroberi akan tumbuh dengan baik jika terkena sinar matahari setidaknya 6-8 jam sehari. Dengan perawatan yang benar dan tepat maka impian untuk memetik stroberi di rumah bisa terwujud. Temukan berbagai varietas tanaman buah stroberi disini.

11. Blueberry

Tanaman blueberry dalam pot.

Tanaman bluberry memang akan bertambah besar seiring usianya, namun jika dilakukan pemangkasan dan perwatan yang baik maka tanaman blueberry bisa tumbuh pendek. Pot yang diperlukan adalah pot yang berukuran 50 cm dengan kedalaman pot 45 cm. Media tanam yang cocok untuk tanaman ini adalah cocopeat dengan campuran pupuk kompos. Lihat yuk aneka tanaman bluberry yang kami jual disini.

12. Zucchini (Zukini) dan Labu-labuan

Tanaman Zucchini dalam pot.

Semua jenis labu-labuan tumbuh dengan baik dalam wadah / pot, terutama zucchini. Tanaman ini tumbuh dengan kuat dan bisa ditanam dari bijinya. Yang perlu diperhatikan adalah panenlah buahnya secara teratur untuk memberi ruang bagi pertumbuhan buah yang baru.

Temukan aneka produk zuccini disini dan aneka produk tanaman labu lainnya disini.

13. Buah Tin / Ara

Tanaman buah tin / ara dalam pot.

Buah Tin atau Ara adalah tanaman yang cocok tumbuh di daerah yang beriklim hangat. Selain itu, buah tin juga bisa ditanam dalam pot jika Anda memiliki lahan yang terbatas. Pilihlah varietas yang tepat untuk ditanam dalam pot dan letakkan pada area yang cukup sinar matahari. Pemangkasan dan pemupukan secara rutin dan teratur juga diperlukan untuk memperoleh pertumbuhan tanaman buah tin yang sehat. Temukan aneka produk tanaman tin disini.

14. Persik

Tanaman buah persik dalam pot.

Tanaman buah persik memiliki varietas yang tumbuh kerdil / pendek. Sebagian besar dari tanaman ini memiliki pohon yang tingginya tidak melebihi 6-8 kaki. Beberapa varietas tanaman persik dwarf adalah Golden Gem, Garden Gold, dan Southern Sweet, dll. Aneka varietas tanaman buah persik dapat Anda temukan disini.

15. Kiwi

Tanaman kiwi dalam pot.

Tahukah Anda jika kiwi bisa ditanam dalam pot? Dengan menanam kiwi di rumah, Anda tidak perlu lagi membeli buah kiwi di supermarket dengan harga yang mahal. Terdapat varietas kiwi yang bisa tumbuh denga pendek, ukuran buah lebih kecil dan lebih manis. Tumbuh berkelompok yang dikenal juga dengan nama baby kiwis. Lihat aneka produk tanaman buah kiwi yang kami jual disini.

16. Mentimun

Tanaman mentimun dalam pot.

Mentimun termasuk dalam kategori tanaman sayuran buah yang bisa ditanam dalam pot. Tanaman mentimun yang tumbuh merambat bisa dimodifikasi dengan memanfaatkan pagar atau teralis sebagai tempat merambatnya. Pastikan untuk memetik buah yang siap panen secara teratur agar bisa menyokong berat buah dengan baik.

Berbagai varietas benih / bibit tanaman timun dapat Anda dapatkan disini.

17. Terong

Tanaman terong dalam pot.

Menanam terong dalam wadah sangatlah mudah. Ukuran pot yang digunakan setidaknya 12cm agar tanaman terong tumbuh dengan baik. Sama halnya mentimun, terong juga memerlukan tiang penyangga / ajir sebagai tempat menjalarnya buah. Dapatkan tanaman terong yang Anda inginkan disini.

18. Srikaya

Tanaman srikaya dalam pot.

Jika Anda mencari tanaman yang bisa ditanam dalam pot dan berbuah sepanjang tahun, maka srikaya jawabannya. Srikaya tergolong tanaman perdu yang tinggi pohonnya berkisar antara 2-7 cm, jika dilakukan pemangkasan dan perawatan maka tinggi pohon pas untuk tanaman tabulampot. Selain itu, srikaya juga bisa beradaptasi dengan baik pada berbagai kondisi tanah dan iklim.

Lihat yuk katalog tanaman srikaya kami disini.

19. Anggur

Tanaman anggur dalam pot.

Untuk menanam anggur dalam wadah, pilih wadah besar dan kokoh yang dapat mendukung sulurnya yang kuat. Pilihlah varietas anggur yang tumbuh kerdil, meskipun hampir semua varietas anggur bisa ditanam dalam pot. Temukan berbagai varietas tanaman anggur pilihan yang kami jual disini.

20. Lemon

Tanaman lemon dalam pot.

Tidak hanya jeruk, lemon pun juga bisa tumbuh dengan baik jika ditanam dalam pot. Lemon banyak dipilih karena buahnya yang atraktif, warnanya terang dan sekaligus bisa dikonsumsi menjadi jus segar.

Demikian beberapa jenis tanaman buah yang bisa tumbuh dengan baik meskipun ditanam di lahan terbatas. Yang perlu Anda perhatikan dalam menanam buah dalam pot adalah pilihlah varietas yang tepat yang bisa tumbuh subur di wilayah Anda. Lihat yuk aneka produk lemon yang kami jual disini.

Temukan produk tanaman buah pilihan kalian disini dan dapatkan juga aneka wadah tanam yang Anda butuhkan disini.

7 thoughts on “20 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Ditanam di Pot Kecil

  1. Mudjiono says:

    Berminat tanam buah dalam pot ; srikaya,buah tin dan buah kiwi itu bibit berupa biji apa batang ?
    Boleh ya beli sedikit aja,masing masing 5 pohon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA