Pembibitan Tanaman Hidroponik

cara pembibitan hidroponik

Pembibitan tanaman hidroponik sebenarnya hampir sama dengan penyemaian bibit tanaman biasa, hanya saja media yang digunakan berbeda. Hidroponik berasal dari kata hidro yang berarti air. Artinya hidroponik yakni metode penanaman yang menggunakan media air.

Manfaat penanaman dengan metode hidroponik adalah lebih mudah dalam pengendalian hama tanaman, sehingga tanaman akan lebih tahan penyakit. Selain itu, proses pertumbuhan tanaman dalam media hidrponik lebih sempurna karena pencahayaan matahari akan lebih baik memancar ke tanaman.

Manfaat lain dari metode hidroponik adalah tidak memerlukan banyak air dan juga tanpa penyiraman tanaman setiap waktu, sehingga lebih hemat waktu. Tanaman hidroponik juga lebih sehat karena mudahnya pengendalian halaman sehingga bebas dari bahan kimia pestisida dan herbisida yang beracun dan tidak bersahabat dengan lingkungan.

Cara Pembibitan Tanaman Hidroponik

Pilihlah bibit unggul tanaman yang hendak di tanam secara hidroponik. Kriteria bibit unggul tanaman adalah yang tahan penyakit, berasal dari okulasi, tanaman akan tumbuh sempurna, dan dari bibit yang baik. Bahan yang dibutuhkan untuk menanam hidroponik antara lain, rockwoll, sabut kelapa, pot hidroponik, sumbu flanel.

Untuk hasil yang sempurna, gunakanlah rockwoll atau cocopeat (sabut kelapa). Rockwoll terbuat dari bebatuan yang dipanaskan hingga mencari membentuk lava, dan kemudian dibentuk seperti serat-serat, dan kemudian dibentuk sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Seperti tampak pada gambar di bawah ini.

pembibitan tanaman hidroponik menggunakan rockwoll

Kami telah menyediakan media rockwoll dan bibit tanaman unggul. Sehingga memudahkan anda untuk menanam dan budidaya tanaman secara hidroponik. Silahkan lihat katalognya di bibitbunga.com

Baca juga Cara menanam hidroponik dengan media sederhana

Pembibitan tanaman hidroponik dimulai dari persemaian biji. Bila menggunakan media tanam rockwoll penyemaian akan lebih mudah. Lubangi rockwoll untuk meletakan biji, hanya sedalam 1 cm saja. Basahi rockwoll secukupnya jangan sampai basah kuyub. Biarkan 2-3 hari hingga tanaman tumbuh daun sampai 3 helai. Siapkan pot dan tempat menyimpan air. Tampak gambar di bawah ini, adalah paket dari pembibitan hidroponik yang juga telah kami sediakan.

 

paket pembibitan hidroponik

Banyak media yang bisa digunkana untuk pembibitan tanaman hidroponik. Anda bisa juga menggunakan botol bekas yang ada di sekitar rumah anda,

Silahkan baca juga: Cara menanam hidroponik bagi pemula

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *