Tanaman Dapur Hidup yang Cepat Panen

tanaman dapur hidup

Tanaman dapur hidup merupakan tanaman bumbu dapur yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap masakan, dengan memanfaatkan lahan sempit kita dapat membuat dapur hidup, selain membuat lingkungan asri sekaligus dapat mengurangi biaya pengeluaran membeli bumbu dapur.

Tanaman dapur hidup bisa ditanam menggunakan pot atau di pekarangan rumah. Namun, menggunakan pot akan lebih praktis dan mudah dipindah-pindah untuk menghias dapur anda misalnya. Pot pun bisa menggunakan bahan daur ulang seperti kaleng cat bekas ataupun ember.

tanaman dapur hidup

Contoh Tanaman Dapur Hidup

Ada banyak sekali jenis bumbu dapur yang bisa ditanam sendiri dirumah, namun ada beberapa yang biasa ditanam karena perawatannya mudah dan cepat tumbuhnya. Berikut kumpulan jenis tanaman dapur hidup:

1. Lengkuas

Lengkuas disebut juga Laos oleh sebagian masyarakat Indonesia. Rasanya yang agak pedas banyak digunakan sebagai penyedap rasa masakan, selain itu juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Lengkuas dapat ditanaman di dalam pot atau polybag dengan masa masa panen yang lumayan singkat. Dalam waktu 3 bulan saja, anda sudah dapat memanennya.

Silahkan Baca: Cara Menanam Lengkuas

2. Kencur

Tanaman dapur ini sangat mudah sekali tumbuh asalahkan tanahnya gembur. Biasanya kencur di tanam langsung ditanah, anda bisa memanfaatkan pekarangan belakang rumah anda. Daun kencur biasa digunakan sebagai pelengkap masakan, namun kencurnya sendiri malah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang dapat mengobati flu, demam, dan menghilangkan rasa lelah.

Silahkan Baca: Cara menanam Kencur

3. Tanaman Jahe

Jahe biasa digunakan untuk pelengkap bumbu dapur dan membuat kolak yang bisa menghangatkan tubuh. Selain itu jahe juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, pereda otot kejang, menurunkan demam, anti kanker dan juga mengatasi insomnia.

Kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Jahe. Silahkan lihat katalognya disini.

4. Daun Bawang

Tidak sedap rasanya jika sup atau telor dadar tidak diberi daun bawang. Daun bawang sangat baik ditanam dengan suhu lingkungan yang sejuk, yakni iklim tropis pada dataran dengan ketinggian antara 250-1500 diatas permukaan laut. Daun bawang bisa ditanam di dalam pot atau di pekarangan dengan dibuatkan bedengan. Tidak memiliki batang asli, masa panennya sekitar 6 bulan.

5. Bawang Merah

Ini adalah bumbu wajib dapur yang paling banyak digunakan sebagai bahan dasar memasak. Anda bisa menanamnya didalam pot, masa panennya pun cukup singkat yakni sekitar 3 bulan saja. Penanaman dan perawatannya pun cukup mudah.

Silahkan Baca: Cara Menanam Bawang Merah

6. Bawang Putih

Ada bawang merah biasanya juga ada bawang putih. Ini juga merupakan bumbu wajib pada setiap masakan.  Bawang putih juga dapat ditanam di pot ataupun polybag. Masa panennta juga sangat cepat antara 90-100 hari setelah tanam.

Silahkankan Baca: Cara Menanam Bawang Putih

7. Cabai

Kalau tidak pedas tidak enak. Hampir semua masakan menggunakan cabai khususnya penyuka kepedasan. Akan sangat menguntungkan jika anda menanam cabe dirumah mengingat harga cabe yang saat ini melambung tinggi. Menanamnya pun tidak sulit, anda juga bisa membudidayakannya jika memiliki lahan yang cukup luas.

Silahkan Baca: Cara praktis budidaya cabe rawit

Demikian kumpulan jenis tanaman dapur hidup yang bisa anda tanam dengan masa panen yang cukup singkat. Manfaatkan lah waktu luang dan lahan kosong anda untuk memulai menanam tanaman yang bermanfaat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *